Roboguru

Proklamasi Indonesian pada tanggal 17 Agustus 1945...

Proklamasi Indonesian pada tanggal 17 Agustus 1945 bukan akhir dari perjuangan bangsa. Setelah proklamasi, justru bangsa Indonesia mendapatkan rintangan terkait keutuhan negara dana bangsa. Peranan tokoh Kasman Singodimedjo dalam menjaga keutuhan negara dan bangsa adalah... 

  1. menjadi penengah anatara golongan muda dan golongan tua terkait waktu pelaksanaan proklamasi.

  2. menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua terkait pembentukkan Badan Keamanan Rakyat yang banyak menuai protes.

  3. menjadi penengah antar anggota PPKI terkait permasalahan tujuh kata dalam piagam Jakarta.

  4. menjadi penengah antara kelompok Soekarno yang pro diplomasi dengan kelompok Jenderal Soedirman yang pro perjuangan senjata.

  5. menjadi penengah terkait permasalahan hasil dari perjanjian Renville yang dianggap terlalu merugikan Republik.

Jawaban:

Sosok Kasman Singodimedjo tidak boleh dilupakan begitu saja oleh bangsa Indonesia. Melalui jasanya bangsa Indonesia bisa bersatu dengan menjadi mediator Soekarno-Hatta dengan Ki Bagus Hadikusumo, seorang anggota PPKI dalam permasalahan dasar pancasila. Setelah proklamasi, pada malam harinya Kasman Singodimedjo bersilaturahmi dan meyakinkan Ki Bagus tentang pentingnya kompromi dan keberatan kelompok timur Indonesia mengenai tujuh kata dalam Piagam Jakarta. Setelah diskusi mendalam, akhirnya Ki Bagus bersedia mencoret tujuh kata dalam piagam Jakarta dengan syarat agar tujuh kata dalam Piagam Jakarta diganti dengan rumusan sila Pancasila dan menginginkan persoalan agama harus ditempatkan sebagai sila pertama dalam pancasila. Berdasarkan perjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved