Roboguru

Produk buah tomat yang tahan lama dan tidak cepat matang. Hasil demikian termasuk produk ....

Pertanyaan

Produk buah tomat yang tahan lama dan tidak cepat matang. Hasil demikian termasuk produk ....space space 

  1. bioteknologi modernspace space 

  2. bioteknologi konvensionalspace space 

  3. menggunakan mikrobaspace space 

  4. menggunakan jamur sebagai alat bantuspace space 

  5. fermentasispace space 

Pembahasan Soal:

Produk buah tomat yang tahan lama dan tidak cepat matan, hasil demikian termasuk produk bioteknologi modern. Tomat tahan busuk dikenal sebagai Tomat Flavr Savr merupakan contoh tumbuhan transgenik yang dibuat dengan menyisipklan gen antibeku dari ikan Flounder le tanaman tomat sehingga menghasilkan buah tomat yang memiliki kelebihan tidak cepat busuk

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana Anda menyikapi dampak negatif bioteknologi?

Pembahasan Soal:

Bioteknologi sebagai ilmu biologi terapan, telah banyak membantu mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan manusia seperti  pangan, pertanian, kesehatan, dan industri. Akan tetapi, penggunaan bioteknologi oleh manusia ternyata menimbulkan dampak negatif yang tidak diharapkan. Salah satu dampak negatif bioteknologi yaitu adanya kedelai transgenik yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Pada tahun 1990-an, rekayasa genetika menghasilkan kedelai transgenik yang mengandung gen kacang Brasil. Akan tetapi, beberapa orang yang mengonsumsi kedelai tersebut menunjukkan alergi atau reaksi yang buruk. Seperti yang telah diketahui bahwa tidak semua orang menerima dengan positif hasil dari rekayasa genetika. Berkaitan dengan adanya dampak negatif yang ditimbulkan oleh tanaman transgenik terdapat beberapa solusi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia diantaranya meningkatkan peralatan pertanian yang canggih dan mencukupi,  mengembangkan teknik pertanian hidroponik, dan menggunakan metode alami untuk menghasilkan tanaman. Selain itu, untuk menyikapi dampak negatif bioteknologi maka diperlukan adanya pedoman khusus (bioetika) dalam pemanfaatan bioteknologi sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan.  

0

Roboguru

Sebutkan tiga alasan mengapa perlu dikembangkan bioteknologi hewan dan tumbuhan transgenik?

Pembahasan Soal:

Tumbuhan atau hewan transgenik adalah organisme hasil bioteknologi dimana sifat atau gennya telah dimodifikasi untuk menghasilkan karakter yang diinginkan. Adapun alasan mengapa tumbuhan atau hewan transgenik ini diperlukan adalah untuk:

  1. Menghasilkan individu baru yang lebih tahan terhadap penyakit, cuaca ekstrim, dan hama sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian atau peternakan.
  2. Agar dapat menghasilkan individu yang memiliki nilai gizi tambahan, misalnya produk berupa padi golden rice yang mengandung kandungan gizi begin mathsize 14px style beta end style-karoten dan provitamin.
  3. Menghasilkan bibit yang memiliki kualitas unggul seperti yang diharapkan dalam waktu singkat.

Dengan demikian, tiga alasan mengapa perlu dikembangkan bioteknologi hewan dan tumbuhan transgenik adalah menghasilkan individu baru yang tahan terhadap penyakit, cuaca ekstrim, dan hama; menghasilkan individu yang memiliki nilai gizi tambahan; menghasilkan bibit kualitas unggul dalam waktu singkat.

0

Roboguru

Bioteknologi tidak selalu aman bagi lingkungan. Tanaman hasil rekayasa genetika (transgenik) dikhawatirkan menimbulkan ancaman terhadap lingkungan berupa ....

Pembahasan Soal:

Tanaman transgenik merupakan tanaman yang dihasilkan dari adanya penyisipan gen asing sehingga memiliki sifat yang sesuai keinginan. Teknologi tanaman transgenik memiliki dampak positif dan dampak negatif sebagai berikut.

Dampak positif :

  • Mengurangi pencemaran lingkungan karena tumbuhan tahan terhadap serangan serangga sehingga tidak menggunakan pestisida.

Dampak negatif :

  • Menimbulkan kerusakan pada ekosistem
  • Menimbulkan pencemaran gen apabila menyerbuki tanaman sejenis
  • Hilangnya plasma nutfah

Dari informasi tersebut, dapat kita ketahui bahwa tanaman hasil transgenik dikhawatirkan menimbulkan ancaman terhadap lingkungan yaitu terjadi pencemaran gen apabila menyerbuki tanaman sejenis.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah E.undefined 

0

Roboguru

Kultivasi jagung hasil rekayasa genetika tengah diperdebatkan di Uni Eropa. Muncul kekhawatiran terkait ancaman terhadap kesehatan dan lingkungan. Apakah kekhawatiran ini beralasan atau tidak?

Pembahasan Soal:

Beralasan jika ditinjau dari segi kesehatan dan keseimbangan ekosistem. Dalam kasus ini kita anggap jagung hasil rekayasa genetika tersebut merupakan tanaman transgenik. Dari segi kesehatan, tanaman transgenik disinyalir dapat menyebabkan keracunan bagi manusia. Tanaman transgenik tahan hama yang disisipi gen Bt ternyata tidak hanya bersifat racun terhadap serangga tetapi juga pada manusia. Penggunaan gen Bt pada tanaman jagung dapat menyebabkan alergi pada manusia. Selain itu tanaman hasil rekayasa genetika juga diduga bersifat karsinogenik atau berpotensi menyebabkan kanker, serta minim gizi karena kandungannya telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menghilangkan beberapa kandungan alami produk hasil olahannya. 

Dampak negatif tanaman rekayasa genetika bagi lingkungan yaitu berdasarkan hasil uji laboratorium pada tanaman transgenik yang mempunyai gen resisten pestisida, yakni jagung Bt, serbuk sari jagung Bt yang ditaburkan pada daun milkweed menyebabkan kematian larva spesies kupu-kupu monarch (Danaus plexippus). Kematian organisme non target ini dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan ekosistem akibat musnahnya keanekaragaman hayati kupu-kupu tersebut. 

0

Roboguru

Seorang peneliti melakukan transfer gen yang berasal dari bakteri Rhizobium pada tanaman jagung. Proses transfer gen tersebut dilakukan melalui teknik rekayasa genetika. Berdasarkan penelitian tersebu...

Pembahasan Soal:

Bioteknologi dalam bidang pertanian dapat menghasilkan tumbuhan yang memiliki sifat unggul yang diperoleh melalui rekayasa genetika, yaitu dengan memasukkan gen yang memiliki sifat yang dikehendaki pada tumbuhan tersebut. Tumbuhan seperti ini disebut tumbuhan transgenik.

Salah satu contoh tumbuhan transgenik adalah tumbuhan yang mendapatkan transfer gen dari bakteri Rhizobium. Dengan dilakukannya rekayasa genetika dengan bakteri ini akan menghasilkan tumbuhan yang dapat melakukan pemupukan sendiri, karena bakteri Rhizobium dapat mengikat nitrogen dari udara bebas, sehingga tanah menjadi subur dan hasil pertanian meningkat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved