Roboguru

Problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. Penyebab anak kurang nafsu makan dan cara mengatasinya dapat dijelaskan secara psikologis. Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan perilaku enggan makan pula. Oleh karena itu, kegiatan makan bagi seorang anak harus dibuat dalam suasan yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan saat makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman. Ide pokok paragraf di atas adalah ...

Pertanyaan

Problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. Penyebab anak kurang nafsu makan dan cara mengatasinya dapat dijelaskan secara psikologis. Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan perilaku enggan makan pula. Oleh karena itu, kegiatan makan bagi seorang anak harus dibuat dalam suasan yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan saat makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman.

Ide pokok paragraf di atas adalah ...

  1. problema kurang nafsu makan pada anak

  2. perilaku anak kurang nafsu makan

  3. cara mengatasi kurang nafsu makan

  4. suasana makan yang menyenangkan

  5. jangan ada paksaan agar anak mau makan

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah hal dasar yang dibahas dalam sebuah paragraf. Paragraf tersebut membahas mengenai problema kurang nafsu makan yang sering terjadi pada anak. Teks di atas mempunyai ide pokok, yakni problema kurang nafsu makan pada anak. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya dimuat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, atau juga biasa disebut pikiran pokok. Pada kalimat utama terdapat kandungan dari keseluruhan isi paragraf. Dengan demikian, kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, bahkan bisa di awal dan di akhir paragraf. Dari paragraf tersebut dapat kita tandai bahwa kalimat utamanya berada di awal paragraf yakni "Whatsapp resmi mengonfirmasi bahwa aplikasi mereka akan menampilkan iklan." yang selanjutnya diikuti dengan beberapa kalimat penjelas lainnya yang masih terkait dengan hal yang dibicarakan pada kalimat utama tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined  

0

Roboguru

Apakah inti paragraf tersebut?

Pembahasan Soal:

Inti teks merupakan informasi inti yang disampaikan pada paragraf. Inti teks dapat ditemukan melalui ide pokok paragraf. Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Ide pokok suatu paragraf dapat ditemukan dalam kalimat utama.

Inti teks pada paragraf di atas adalah resesi ekonomi meningkatkan pengangguran dan kemiskinan. Hal itu sesuai dengan ide pokok paragraf yang dapat kita lihat dari kalimat utama paragraf yaitu kalimat berikut.

Resesi ekonomi dapat meningkatkan pengangguran dan kemiskinan.

Dengan demikian, inti teks pada paragraf di atas adalah resesi ekonomi meningkatkan pengangguran dan kemiskinan.space 

0

Roboguru

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ide pokok atau yang disebut juga gagasan utama adalah ide yang disampaikan oleh penulis menjadi suatu pokok pembahasan dalam sebuah paragraf. Sebagai pokok pembahasan, ide pokok biasanya akan didukung dengan gagasan penjelas.

Istilah lain ide pokok bisa berupa pikiran utama, pokok pikiran, maupun gagasan utama. Penting untuk diingat, jumlah ide pokok yang diizinkan dalam satu paragraf hanyalah satu. Ide pokok ini bisa berada di awal, akhir, atau bahkan awal dan akhir kalimat.

Ciri-ciri Ide pokok:

  • Mengandung pokok persoalan atau inti persoalan.
  • Dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama.
  • Ide pokok dituangkan dalam satu kalimat utama.
  • Kalimat utama bisa diidentifikasi dengan mudah melalui jenis paragraf bacaan.

Ada 5 langkah mudah yang bisa kamu ikuti untuk mencari ide pokok dalam suatu paragraf. Langkah-langkah tersebut, di antaranya:

  1. Baca Seluruh Paragraf dengan Cermat
  2. Menentukan Jenis Paragraf dan Kalimat Utama. Jenis paragraf terdiri dari : paragraf deduktif, memiliki kalimat utama di awal kalimat. Paragraf Induktif, Jenis paragraf induktif memiliki kalimat utama di akhir paragraf.  Yang terakhir paragraf campuran, Jenis paragraf ini memiliki kalimat utama yang berada di awal dan akhir paragraf. Bahasa yang digunakan di awal dan akhir kalimat tidak selalu sama, namun jika dicermati memiliki makna yang sama.
  3. Mengubah Kalimat Utama Menjadi Kalimat Kompleks.
  4. Tandai Informasi Penting pada Kalimat Utama.
  5. Baca Kembali Bacaan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka ide pokok teks terdapat pada awal paragraf, yaitu Dalam kegiatan arung jeram, keselamatan setiap peserta adalah prioritas utama. Hal ini dibuktikan pada kalimat kedua merupakan penjelasan untuk kalimat pertama, yaitu Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan arung jeram ini. Kata "banyak faktor" pada kalimat kedua mengacu pada kata "keselamatan" pada kalimat pertama.

Dengan demikian, ide pokok paragraf tersebut adalah Dalam kegiatan arung jeram, keselamatan setiap peserta adalah prioritas utama.space ​​​​​​​

0

Roboguru

(1) Informasi merupakan hakikat utama atau materi pokok sebagai isi pesan dalam berkomunikasi. (2) Berdasarkan kuantitas dan kualitasnya, informasi dapat dikategorikan sebagai informasi biasa dan info...

Pembahasan Soal:

Kalimat penjelas adalah kalimat yang bertugas untuk menjelaskan kalimat utama dalam sebuah paragraf. Kalimat (5) dinilai tidak padu karena kalimat (5) justru menjelaskan kembali definisi informasi. Padahal definisi informasi sudah dijelaskan melalui kalimat (1). Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ide pokok/gagasan utama adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Langkah menemukan ide pokok dalam paragraf adalah sebagai berikut:

  1. Bacalah seluruh paragraf dengan cermat
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir
  3. Baca kalimat demi kalimat hingga menemukan ide pokok, biasanya pada awal, akhir, atau awal dan akhir kalimat
  4. Tandai ide pokok tiap paragraf
  5. Tandai info penting tiap paragraf

Oleh karena itu, ide pokok paragraf tersebut adalah penemuan calon vaksin malaria.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved