Roboguru

Prinsip pada bioteknologi industri adalah ....

Pertanyaan

Prinsip pada bioteknologi industri adalah ....

  1. menggunakan teknik fermentasi

  2. memproduksi barang dan jasa untuk kebutuhan komersial

  3. menggunakan bioteknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen

  4. memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme

Pembahasan Soal:

Prinsip bioteknologi industri yaitu menghasilkan barang atau jasa dalam skala industri yaitu dalam jumlah besar dengan memanfaatkan organisme atau bagian-bagiannya. Prinsip tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup berupa bakteri, fungi, virus, hewan, tumbuhan, enzim, dan lainnya untuk menghasilkan barang dan jasa. Bioteknologi kini sudah berkembang mencangkup bidang ilmu lain seperti biokimia, komputer, biologi molekuler, mikrobiologi, genetika, kimia, farmasi, dan lainnya. Kemajuan bioteknologi juga diikuti dengan perkembangan teknologinya. Aplikasi bioteknologi memiliki manfaat untuk memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau merekayasa gen asli organisme tersebut.

Terdapat dua jenis bioteknologi, yaitu:

  • Bioteknologi konvensional, merupakan bioteknologi yang memanfaatkan makhluk hidup secara langsung. Mikroorganisme yang digunakan berperan dalam  proses biokimia, dan proses genetika alami untuk memproduksi alkohol, asam asetat, gula, atau bahan makanan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan bioteknologi konvensional.
  • Bioteknologi modern, merupakan bioteknologi yang mengacu pada prinsip ilmuah yang akan menghasilkan produk secara efektif dan efisien. Bioteknologi modern mencangkup berbagai bidang kajian, seperti rekeyasa genetika, penciptaan sumber energi, pembuatan vaksin dan antibiotik,  kultur jaringan, DNA rekombinan, klonning, bayi tabung, dan lainnya. 

Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang industri:

  1. Pada industri MSG, dengan memanfaatkan Asam Glutamat yang merupakan asam amino yang berberan sebagai bahan utama monosodium glutamat (MSG).
  2. Berperan dalam produksi Lisin, yang merupakan jenis asam amino yang tidak dapat disintesis oleh hewan, jenis asam amino tersebut diproduksi dengan bantuan bakteri Carynobacterium glutamat.
  3. Pada industri yang memproduksi makanan dan minuman yang mengandung asam sitrat. Asam Sitrat merupakan perasa getir atau pahit pada cita rasa makanan dan merupakan unsur pokok dalam berbagai jenis jeruk. Dan diproduksi oleh Aspergillus niger
  4. Berperan dalam produksi beberapa Enzim.

Jadi, dengan demikian jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Maret 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved