Roboguru

Prinsip akuntansi adalah suatu istilah untuk menggambarkan akuntansi secara keseluruhan baik metode, prosedur serta ketentuan yang mengandung teori atau pun secara praktis. Sebutkan 2 dari 5 prinsip akuntansi yang Anda ketahui!

Pertanyaan

Prinsip akuntansi adalah suatu istilah untuk menggambarkan akuntansi secara keseluruhan baik metode, prosedur serta ketentuan yang mengandung teori atau pun secara praktis. Sebutkan 2 dari 5 prinsip akuntansi yang Anda ketahui! undefined 

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa prinsip dalam pencatatan akuntansi, yaitu:

  1. Prinsip Biaya Historis (Historical Cost Principle), aktiva dan jasa yang diperoleh harus dicatat menurut harga aktualnya atau harga yang benar-benar dibayarkan pada saat terjadinya transaksi.
  2. Prinsip Objektivitas (Objectivies Principle), didasarkan atas data tersedia yang paling dapat diandalkan sehingga catatan dan laporan tersebut akan menjadi akurat dan berguna.
  3. Prinsip Mempertemukan (Matching Principle), mempertemukan biaya  dengan pendapatan yang timbul karena biaya tersebut.
  4. Prinsip Konsistensi (Consistency Principle), membandingkan laporan keuangan pada saat sekarang dengan tahun-tahun  sebelumnya.
  5. Prinsip Lengkap (Full Disclousure), laporan keuangan disajikan sebagai kumpulan dari kejadian ekonomi yang memengaruhi perusahaan untuk suatu periode dan berisi cukup informasi sehingga membuat orang, baik umum atau investor paham dan tidak salah tafsir terhadap laporan keuangan tersebut. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved