Roboguru

Prediksikan keelektronegatifan kelompok unsur-unsur berikut berdasarkan jari-jari atomnya. b. 0, S, Se, dan Te

Pertanyaan

Prediksikan keelektronegatifan kelompok unsur-unsur berikut berdasarkan jari-jari atomnya.

b. 0, S, Se, dan Te 

Pembahasan Soal:

Keelektronegatifan adalah kemampuan suatu atom untuk membentuk ion negatif (menangkap elektron) dalam keadaan fase gas. 

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom sampai kulit elektron terluar.

  1. Dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom semakin besar.
  2. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, jari-jari atom semakin kecil.

Hubungan keelektronegatifan dengan jari-jari atom berbanding terbalik, semakin besar jari-jari atom maka keelektronegatifannya semakin kecil dan juga sebaliknya. 

Untuk memprediksi keelektronegatifan unsur-unsur tersebut maka kita harus tahu letak unsur tersebut dalam tabel periodik agar bisa mengetahui jari-jari atomnya. Unsur  0, S, Se, dan Te terletak pada golongan yang sama yaitu VIA. Urutan dari atas ke bawah;  0, S, Se, dan Te, sehingga jari-jari atom O<S<Se<Te. 

Karena jari-jari atom berbanding terbalik dengan keelektroneagtifan, maka nilai keelektronegatifan O>S>Se>Te. 

Jadi, nilai keelektronegatifan unsur tersebut adalah O>S>Se>Te. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Subaryanto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Diketahui empat macam unsur: . Pernyataan yang benar tentang unsur-unsur tersbeut adalah ... unsur B memiliki jari-jari atom terbesar potensial ionisasi unsur D adalah yang terbesar unsur A lebih...

Pembahasan Soal:

Sistem periodik modern disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat. Sifat periodik adalah sifat-sifat unsur yang berubah secara beraturan seiring pertambahan nomor atomnya. Terdapat beberapa sifat kimia unsur dan kecenderungannya dalam sistem periodik unsur, antara lain:

  1. Jari-jari atom
    Jari-jari atom berkurang dari kiri ke kanan dan bertambah dari atas ke bawah.
     
  2. Energi ionisasi
    Energi ionisasi bertambah dari kiri ke kanan dan berkurang dari atas ke bawah. 
     
  3. Afinitas elektron
    Afinitas elektron cenderung bertambah dari kiri ke kanan dan cenderung berkurang dari atas ke bawah.
     
  4. Keelektronegatifan
    Keelektronegatifan bertambah dari kiri ke kanan dan berkurang dari atas ke bawah. Kecuali unsur gas mulia (VIIIA) tidak memiliki keelektronegatifan.

Untuk meramalkan sifat kimia suatu unsur, kita tentukan dahulu periode dan golongan dari unsur tersebut.

  • italic A presubscript 8 colon space 1 italic s squared space space 2 italic s squared space space 2 italic p to the power of 4 
    Periode: 2
    Golongan VIA
     
  • B presubscript 16 colon space 1 italic s squared space space 2 italic s squared space space 2 italic p to the power of 6 space space 3 italic s squared space space 3 italic p to the power of 4 
    Periode: 3
    Golongan: VIA
     
  • C presubscript 17 colon space 1 italic s squared space space 2 italic s squared space space 2 italic p to the power of 6 space space 3 italic s squared space space 3 italic p to the power of 5 
    Periode: 3
    Golongan: VIIA
     
  • italic D presubscript 18 colon space 1 italic s squared space space 2 italic s squared space space 2 italic p to the power of 6 space space 3 italic s squared space space 3 italic p to the power of 6 
    Periode: 3
    Golongan: VIIIA

Berdasarkan letak unsur dalam tabel periodik, dapat disimpulkan:

  1. Jari-jari atom terbesar dimiliki unsur yang letaknya di paling kanan bawah, yaitu unsur B.
  2. Energi ionisasi atau potensial ionisasi terbesar dimiliki unsur yang letaknya paling kiri atas, yaitu unsur D.
  3. Keelektronegatifan terbesar dimiliki oleh unsur golongan VIIA dengan urutan keelektronegatifan B > A > C.
  4. Elektronegatifitas terbesar dimiliki oleh unsur D yaitu unsur halogen.


Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space space

0

Roboguru

Diketahui empat macam unsur . Pernyataan yang benar tentang unsur-unsur tersebut adalah ... unsur B memiliki jari-jari atom terbesar. potensial ionisasi unsur D adalah yang terbesar. unsur A lebi...

Pembahasan Soal:

Untuk menjawab soal ini, kita tentukan terlebih dahulu posisi unsur-unsur tersebut dalam tabel periodik unsur.

  • A presubscript 8 equals 1 s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 4 
    Karena konfigurasi elektron tersebut diakhiri subkulit s dan p, maka unsur tersebut merupakan unsur golongan utama (A), dengan nomor golongan 6 (sesuai elektron valensi), dan kulit terbesarnya 2, maka:
    golongan: VIA
    periode: 2
     
  • B presubscript 16 equals open square brackets Ne close square brackets space 3 italic s squared space 3 italic p to the power of 4  
    Karena konfigurasi elektron tersebut diakhiri subkulit s dan p, maka unsur tersebut merupakan unsur golongan utama (A), dengan nomor golongan 6, dan kulit terbesarnya 3, maka:
    golongan: VIA
    periode: 3
     
  • C presubscript 17 equals open square brackets Ne close square brackets space 3 italic s squared space 3 italic p to the power of 5  
    Karena konfigurasi elektron tersebut diakhiri subkulit s dan p, maka unsur tersebut merupakan unsur golongan utama (A), dengan nomor golongan 7, dan kulit terbesarnya 3, maka:
    golongan: VIIA
    periode: 3
     
  • D presubscript 18 equals open square brackets Ne close square brackets space 3 italic s squared space 3 italic p to the power of 6  
    Karena konfigurasi elektron tersebut diakhiri subkulit s dan p, maka unsur tersebut merupakan unsur golongan utama (A), dengan nomor golongan 8, dan kulit terbesarnya 3, maka:
    golongan: VIIIA
    periode: 3

Jari-jari atom bertambah seiring bertambahnya jumlah kulit dan berkurang seiring bertambahnya elektron valensi. Dengan demikian unsur yang memiliki jari-jari paling besar adalah B. Pernyataan 1 benar.

Pola kecenderungan potensial ionisasi atau energi ionisasi: dalam satu periode dari kiri ke kanan adalah semakin besar, dan dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil. Dengan demikian, potensial ionisasi unsur D adalah yang terbesar (yang posisinya paling kanan dan paling atas dalam tabel periodik). Pernyataan 2 benar.

Pola kecenderungan keelektronegatifan atau elektronegatifan sama dengan potensial ionisasi. Unsur yang posisinya paling kanan dan paling atas dalam tabel periodik memiliki nilai keelektronegatifan yang tinggi (kecuali unsur golongan VIIIA). Karena posisi A lebih atas daripada B, unsur A lebih elektronegatif dibandingkan B. Pernyataan 3 benar.

Walaupun unsur dengan posisi paling kanan dan paling atas dalam tabel periodik unsur lebih elektronegatif, hal ini tidak berlaku untuk unsur golongan VIIIA (unsur D). Elektronegatifitas merupakan kecenderungan atom untuk menarik pasangan elektron saat berikatan, sementara unsur golongan VIIIA adalah unsur yang stabil dan cenderung tidak berikatan, sehingga tidak memiliki nilai keelektronegatifan. Pernyataan 4 salah.

Dengan demikian jawaban yang benar adalah 1, 2, dan 3.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Jelaskan pengertian istilah jari-jari atom, afinitas elektron, keelektronegatifan, dan energi ionisasi.

Pembahasan Soal:

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom sampai kulit terluar. Pada unsur segolongan, jari-jari atom meningkat dari atas ke bawah karena penambahan kulit. Sedangkan pada unsur seperiode, jari-jari atom semakin berkurang dari kiri ke kanan.

Afinitas elektron adalah energi yang menyertai proses penambahan 1 elektron pada satu atom netral dalam wujud gas, sehingga terbentuk ion bermuatan –1. Unsur yang memiliki afinitas elektron bertanda negatif, berarti mempunyai kecenderungan lebih besar dalam menyerap elektron daripada unsur yang afinitas elektronnya bertanda positif. Makin negatif nilai afinitas elektron, maka makin besar kecenderungan unsur tersebut dalam menyerap elektron (kecenderungan membentuk ion negatif). 

Keelektronegatifan adalah kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap atau menarik elektron dari atom lain. Misalnya, fluorin memiliki kecenderungan menarik elektron lebih kuat daripada hidrogen. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keelektronegatifan fluorin lebih besar daripada hidrogen. 

Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron terluar suatu atom dalam keadaan gas. Besarnya energi ionisasi dinyatakan dalam kJ mol-1. Nilai energi ionisasi kecil menunjukkan bahwa atom mudah melepaskan elektron dan jika energi ionisasi besar maka atom sukar melepaskan elektron.

Maka pengertian jari-jari atom, afinitas elektron, keelektronegatifan, dan energi ionisasi sebagai berikut.

  1. Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom sampai kulit terluar.
  2. Afinitas elektron adalah energi yang menyertai proses penambahan 1 elektron pada satu atom netral dalam wujud gas, sehingga terbentuk ion bermuatan –1.
  3. Keelektronegatifan adalah kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap atau menarik elektron dari atom lain.
  4. Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron terluar suatu atom dalam keadaan gas. 

0

Roboguru

Diketahui konfigurasi elektron unsur berikut.  X:1s22s22p63s1Y:1s22s22p63s2  Perbedaan sifat periodik yang tepat dari kedua unsur tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Sifat keperiodikan unsur adalah sifat-sifat yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom unsur.

  • Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom sampai kulit elektron terluar.
  1. Dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom semakin besar.
  2. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, jari-jari atom semakin kecil.

Penjelasan:

  • Dalam satu golongan dari atas ke bawah, kulit atom bertambah (ingat jumlah kulit = nomor periode), sehingga jari-jari atom juga bertambah besar.
  • Dari kiri ke kanan, jumlah kulit tetap tetapi muatan inti (nomor atom) dan jumlah elektron pada kulit bertambah. Hal tersebut mengakibatkan gaya tarik-menarik antara inti dengan kulit elektron semakin besar sehingga jari-jari atom makin kecil.

Untuk menentukan sifat keperiodikan unsurnya pertama kita menentukan letak unsur tersebut dalam tabel periodik unsur. 

Unsur X, memiliki kulit valensi 3s1, sehingga dia berada dalam periode 3 dan golongan IA . Sedangkan unsur Y memiliki kulit valensi 3s2, sehingga unsur tersebut berada dalam periode 3 dan golongan IIA. Atau dengan kata lain unsur X berada di sebelah kiri dari unsur Y. Sesuai dengan sifat keperiodikan unsur maka unsru X memiliki jari-jari atom yang lebih besar dari unsur Y. 

Jadi, jawaban yang tepat yaitu E

0

Roboguru

Bagaimana hubungan antara sifat jari-jari atom dengan energi ionisasi dan keelektronegatifan unsur dalam satu golongan dan satu periode?

Pembahasan Soal:

Sifat keperiodikan unsur adalah sifat-sifat yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom unsur.

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom sampai kulit elektron terluar.

  1. Dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom semakin besar.
  2. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, jari-jari atom semakin kecil.

Penjelasan:

  • Dalam satu golongan dari atas ke bawah, kulit atom bertambah (ingat jumlah kulit = nomor periode), sehingga jari-jari atom juga bertambah besar.
  • Dari kiri ke kanan, jumlah kulit tetap tetapi muatan inti (nomor atom) dan jumlah elektron pada kulit bertambah. Hal tersebut mengakibatkan gaya tarik-menarik antara inti dengan kulit elektron semakin besar sehingga jari-jari atom makin kecil.

Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepas 1 elektron pada bagian terluar suatu atom dalam fase gas. Sedangkan keelektronegatifan adalah kemampuan suatu atom untuk menangkap 1 elektron. 

  • Hubungan energi ionisasi dengan jari-jari atom adalah berbanding terbalik, artinya semakin besar jari-jari suatu atom maka energi ionisasinya semakin kecil dan juga sebaliknya. Sehingga dalam satu golongan energi ionisasi dari atas kebawah semakin kecil hal ini disebabkan jari-jari atom dari satu golongan semakin ke bawah semakin besar. 
  • Dalam satu periode energi ionisasi dari kiri ke kanan semakin besar, karena jari-jari atom dari kiri ke kanan semakin kecil. 
  • Hubungan keelektronegatifan dengan jari-jari atom berbanding lurus, semakin besar jari-jari atomnya maka kemampuan atom untuk menangkap elektron akan semakin kecil hal ini disebabkan jarak inti atom (proton) dengan kulit terluarnya jauh. Sehingga dalam satu golongan keelektronegatifan suatu atom dari atas ke bawah semakin kecil hal ini disebabkan jari-jari atom dari satu golongan semakin ke bawah semakin besar. 
  • Dalam satu periode jari-jari atom dari kiri ke kanan semakin kecil, sehingga keelektronegatifan dari kiri ke kanan dalam periode yang sama akan semakin besar. 

Jadi, jari-jari atom dalam satu golongan ke bawah semakin besar dan dalam satu periode dari kiri ke kanan jari-jari semakin kecil, sedangkan jari-jari atom berbanding terbalik dengan energi ionisasi dan juga keelektronegatifan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved