Roboguru

Potensi energi air dari perairan laut Indonesia sangat besar. Jelaskan!

Pertanyaan

Potensi energi air dari perairan laut Indonesia sangat besar. Jelaskan!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Energi air laut dapat berasal dari pasang surut dan dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik dan energi terbarukan. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah perairan laut lebih luas dibandingkan dengan daratan. Kondisi geografis tersebut menguntungkan karena potensi energi air laut di Indonesia sangat besar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

P. Avivah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 22 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan sumber energi baru terbarukan di Indonesia sebagai dampak dari letak geologisnya !

Pembahasan Soal:

Energi terbarukan merupakan sumber energi yang berasal dari sumber daya alam dan tidak akan habis karena terbentuk dari proses alam yang berkelanjutan. Contoh dari energi terbarukan adalah seperti sinar matahari, ombak, angin, dan air. Secara geologis, Indonesia kaya akan energi terbarukan, diantaranya adalah geotermal. Panas bumi atau geotermal adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, serta batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem panas bumi.

0

Roboguru

Potensi energi panas bumi terdapat di lokasi yang berdekatan dengan gunungapi. Mengapa demikian ?

Pembahasan Soal:

Energi panas bumi adalah energi panas dari uap air atau sistem hidrothermal .Sumber utama energi panas burni berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi oleh karena itu lokasi ideal untuk pemanfaatan energi panas bumi dekat lokasi gunung berapi.

0

Roboguru

Berikut ini yang termasuk kelompok sumber energi terbarukan adalah...

Pembahasan Soal:

Dari pilihan jawaban di atas, yang paling benar adalah jawaban panas bumi, biofuel dan sinar matahari. Panas bumi panas bumi merupakan sumber energi tidak terbatas yang tidak akan habis dan sifatnya lebih ramah lingkungan. Energi panas bumi tersebut diperbarui hingga dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga untuk menggantikan penggunaan energi fosil. Biofuel secara umum adalah bahan bakar dari biomassa (materi yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang dapat mengurangi emisi gas dan meningkatkan ketahanan energi. Sinar matahari dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang menggunakan sel surya (Photovoltaic, PV) untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Sumber energi terbarukan yang cocok dimanfaatkan untuk menyalakan lampu lalu lintas (traffic light) dan lampu penerangan jalan (LPJ) di Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Energi terbarukan adalah jenis energi yang diperoleh dari sumber daya alam bumi yang tidak terbatas atau tidak ada habisnya, seperti angin dan sinar matahari. Energi terbarukan yang cocok dimanfaatkan untuk menyalakan lampu lalu lintas (traffic light) dan lampu penerangan jalan (LPJ) di Indonesia adalah energi sinar surya dilihat dari intensitas sinar matahari di Indonesia yang tinggi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Sumber energi baru terbarukan yang sangat sesuai dikembangkan di wilayah Nusa Tenggara yang curah hujannya sangat rendah adalah tenaga....

Pembahasan Soal:

Energi terbarukan merupakan sumber energi yang berasal dari sumber daya alam dan tidak akan habis karena terbentuk dari proses alam yang berkelanjutan. Contoh dari energi terbarukan adalah seperti sinar matahari, ombak, angin, dan air. Sumber energi baru terbarukan yang sangat sesuai dikembangkan di wilayah Nusa Tenggara yang curah hujannya sangat rendah serta matahari yang bersinar sepanjang tahun adalah tenaga surya. Saat ini sudah banyak dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di NTT, diantaranya adalah PLTS Raijua dan PLTS Nule.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved