Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pola permukiman di sepanjang sungai dan jalan raya cenderung memanjang mengikuti sungai dan jalan raya, sedang permukiman di dataran rendah cenderung mengelompok. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah....

Pola permukiman di sepanjang sungai dan jalan raya cenderung memanjang mengikuti sungai dan jalan raya, sedang permukiman di dataran rendah cenderung mengelompok.

Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah....

  1. konsep lokasi

  2. konsep morfologi

  3. konsep aglomerasi

  4. konsep pola

  5. konsep interaksi

Iklan

D. Junior

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada nomor 1 jawaban yang tepat adalah k onsep pola karena dalam ilustrasi soal, sangat terlihat bagaimana suatu pola pemukiman penduduk yang mengikuti jalan.

pada nomor 1 jawaban yang tepat adalah konsep pola karena dalam ilustrasi soal, sangat terlihat bagaimana suatu pola pemukiman penduduk yang mengikuti jalan.

Iklan

Pembahasan

Ada 10 konsep geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut : Konsep lokasi , adalah konsep yang membahas mengenai suatu lokasi yang ada di permukaan bumi. Contoh : Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 terjadi di Nangroe Aceh Darusallam. Konsep morfologi , adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contoh : Bogor adalah daerah dataran tinggi. Konsep aglomerasi , adalah konsep yang membahas mengenai pengelompokan suatu kawasan yang ada di permukaan bumi. Contohnya : Kawasan Industri Pulogadung memiliki beberapa industri yang bergerak di bidang konveksi. Konsep pola , adalah konsep yang membahas mengenai suatu pola keruangan suatu wilayah. Contoh : Jakarta dengaan segala fasilitasnya, pola persebaran penduduknya menjadi memusat disuatu tempat. Konsep interaksi , adalah konsep yang membahas mengenai suatu interaksi yang dilakukan dua wilayah. Contoh : Sayuran yang ada di Jakarta, merupakan hasil kirimin dari berbagai daerah. Oleh karena itu pada nomor 1 jawaban yang tepat adalah k onsep pola karena dalam ilustrasi soal, sangat terlihat bagaimana suatu pola pemukiman penduduk yang mengikuti jalan.

Ada 10 konsep geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut :

  1. Konsep lokasi, adalah konsep yang membahas mengenai suatu lokasi yang ada di permukaan bumi. Contoh : Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 terjadi di Nangroe Aceh Darusallam.
  2. Konsep morfologi, adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contoh : Bogor adalah daerah dataran tinggi.
  3. Konsep aglomerasi, adalah konsep yang membahas mengenai pengelompokan suatu kawasan yang ada di permukaan bumi. Contohnya : Kawasan Industri Pulogadung memiliki beberapa industri yang bergerak di bidang konveksi.
  4. Konsep pola, adalah konsep yang membahas mengenai suatu pola keruangan suatu wilayah. Contoh : Jakarta dengaan segala fasilitasnya, pola persebaran penduduknya menjadi memusat disuatu tempat.
  5. Konsep interaksi, adalah konsep yang membahas mengenai suatu interaksi yang dilakukan dua wilayah. Contoh : Sayuran yang ada di Jakarta, merupakan hasil kirimin dari berbagai daerah.

Oleh karena itu pada nomor 1 jawaban yang tepat adalah konsep pola karena dalam ilustrasi soal, sangat terlihat bagaimana suatu pola pemukiman penduduk yang mengikuti jalan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

35

Sheira Chika aviscasari

Ini yang aku cari! Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gempa bumi dengan 7,9 skala richter terjadi di Sumatera Barat pada 30 september 2009. Hal ini menggunakan konsep geografi....

69

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia