Roboguru

Pihak yang membutuhkan informasi akuntansi untuk menentukan keputusan dalam membeli, menahan, dan menjual investasi saham yang dimiliki adalah ….

Pertanyaan

Pihak yang membutuhkan informasi akuntansi untuk menentukan keputusan dalam membeli, menahan, dan menjual investasi saham yang dimiliki adalah …. space space 

  1. Masyarakat space space 

  2. Karyawan space space 

  3. Pemerintah space space 

  4. Investor space space 

  5. Manajemen space space 

Pembahasan Soal:

Investor adalah penguna informasi akuntansi dari luar perusahaan. Dana perusahaan juga diperoleh dari investor berupa pembelian saham. Setiap tahun sekali investor akan memperoleh deviden dari pembelian saham perusahaan. Sebagai pemilik saham, maka investor juga disebut pemilik perusahaan yang memiliki keputusan untuk membeli, menahan, dan menjual saham ke masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Rahayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan pengertian dari dokumen internal dan eksternal.

Pembahasan Soal:

Pengertian dokumen internal adalah dokumen yang dibuat kemudian dirilis dan diedarkan di dalam suatu instansi atau lembaga operasional. Contohnya adalah pencatatan inventaris suatu instansi, pemasukan bersih instansi, memo dan sebagainya. Dokumen eksternal adalah dokumen yang dibuat oleh instansi namun digunakan untuk kepentingan diluar instansi seperti berhubungan dengan orang atau instansi lain. Contohnya adalah surat kerjasama, faktur, kuitansi dan lain - lain. space space

Roboguru

Suatu perusahaan memiliki nilai current ratio sebesar 2,5. Pihak eksternal perusahaan yang memiliki hubungan dengan nilai current ratio adalah ....

Pembahasan Soal:

Current ratio adalah suatu indikator yang menunjukkan perbandingan aset lancar dan utang yang dimiliki suatu perusahaan. Jika nilai current ratio lebih dari 1, maka perusahaan mampu membayar utang jangka pendeknya. Adapun pihak eksternal yang memperhatikan nilai current ratio suatu perusahaan adalah kreditur (pemberi pinjaman). Hal tersebut memengaruhi keputusan kreditur dalam memberikan pinjaman pada suatu perusahaan. Jadi, jawaban yang benar adalah poin C. undefined 

Roboguru

Informasi apa sajakah yang dapat kamu sajikan bagi para pengguna tersebut?

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan informasi akuntansi yang dapat disajikan kita akan melakukan analisis terkait akun-akun apa saja yang terkait dengan transaksi dalam soal sehingga kita bisa mengetahui informasi apa saja yang dapat dihasilkan. Analisisnya adalah sebagai berikut:

  1. Pada 1 September 2017 Pak Angga mendirikan Perusahaan "MANDIRI ABADI" yang bergerak dalam bidang jasa angkutan. Alat angkutan yang digunakan diperoleh dengan menyewa kepada perusahaan yang lain, demikian pula kantor dan garasi. Transaksi-transaksi berikut ini terjadi selama bulan September 2017. Untuk memulai usaha Pak Angga menyetor uang tunai sebesar Rp12.000.000,00. (Akun yang terlibat: Kas dan modal)
  2. Perusahaan menarik pinjaman dari Bank sebesar Rp10.000.000,00. (Akun yang terlibat: Kas dan utang bank)
  3. Perusahaan membeli bahan-bahan habis pakai (alat tulis, bensi, solar dan oli) dari "YORIMORI" secara kredit senilai Rp3.000.000,00. (Akun yang terlibat: Perlengkapan dan utang usaha)
  4. Selama bulan September 2017, perusahaan mengeluarkan sejumlah uang tunai dengan rincian sebagai berikut.
    • Membayar biaya sewa alat angkut Rp6.000.000,00 (Akun yang terlibat: Beban sewa peralatan dan kas)
    • Membayar biaya sewa kantor dan garasi Rp2.200.000,00 (Akun yang terlibat: Beban sewa gedung dan kas)
    • Membayar biaya gaji karyawan Rp6.000.000,00 (Akun yang terlibat: Beban gaji dan kas)
    • Membayar biaya macam-macam Rp1.800.000,00 (Akun yang terlibat: Beban lain-lain dan kas)
    • Mengangsur kredit bank Rp2.000.000,00 (Akun yang terlibat: Utang Bank dan kas)
    • Membayar biaya bunga bank Rp120.000,00 (Akun yang terlibat: Beban bunga dan kas)
    • Membayar hutang kepada YORIMORI atas pembelian BHP (lihat transaksi Nomor 3) Rp1.000.000,00 (Akun yang terlibat: Kas dan Utang usaha)
  5. Perusahaan memperoleh uang tunai dari penjualan jasa angkutan selama bulan September 2017 sebesar Rp18.000.000,00 (Akun yang terlibat: Kas dan pendapatan usaha)
  6. Pak Angga mengambil uang tunai sebanyak Rp600.000,00 untuk membayar SPP anaknya yang belajar di FE GUNADARMA. (Akun yang terlibat: Prive dan kas)
  7. Pada akhir bulan September 2017, bahan habis pakai dihitung dan ternyata masih tersisa Rp1.800.000,00. (​​​​​​​Akun yang terlibat: Beban perlengkapan dan perlengkapan)

​​​​​​​Berdasarkan akun-akun tersebut dapat disusun informasi akuntansi. Informasi  yang dapat  disajikan bagi para pengguna adalah sebagai berikut:

  1. neraca;
  2. laporan laba rugi;
  3. laporan perubahan posisi keuangan;
  4. laporan arus kas; dan
  5. catatan atasa laporan keuangan. spacespace space
Roboguru

Informasi keuangan perusahaan dapat digunakan oleh pihak-pihak di luar perusahaan, khususnya pihak perbankan adalah untuk ....

Pembahasan Soal:

Bank merupakan pihak yang dapat meminjamkan dana pada perusahaan. Namun sebelum meminjamkan dana, bank akan menganalisis kemampuan atau syarat kredit 5C. salah satu diantara 5C adalah capacity yakni kemampuan nasabah dalam mengembalikan pinjaman. Hal ini dilakukan agar kredit yang diberikan tidak macet saat dikembalikan.

Roboguru

Jelaskanlah pemakai informasi akuntansi secara intern dan ekstern!

Pembahasan Soal:

Pemakai informasi akuntansi terbagi menjadi:

  1. Pihak internal menggunakan Informasi Akuntansi untuk mengukur keberhasilan perusahaan dan menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya. Contohnya Manajer 
  2. Pihak eksternal yaitu Pihak luar perusahaan yang Menggunakan informasi akuntansi untuk suatu kepentingan, dalam hal ini contohnya investor, karyawan, kreditor, pemerintah dan masyarakat. 
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved