Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perusahaan mebel "Rezeki" memproduksi lemari, kursi dan meja. Dalam proses produksinya, lebih diunggulkan mengenai keterampilan SDM dibanding penggunaan teknologi. Sementara hasil produk yang dijual harganya cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke atas. Dari ilustrasi tersebut, permasalahan pokok ekonomi adalah ....

Perusahaan mebel "Rezeki" memproduksi lemari, kursi dan meja. Dalam proses produksinya, lebih diunggulkan mengenai keterampilan SDM dibanding penggunaan teknologi. Sementara hasil produk yang dijual harganya cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke atas.

Dari ilustrasi tersebut, permasalahan pokok ekonomi adalah ....

  1. barang apa yang diproduksi

  2. untuk siapa barang diproduksi

  3. dimana barang diproduksi

  4. bagaimana barang diproduksi

  5. berapa barang diproduksi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Soal tersebut berkaitan dengan masalah ekonomi modern. Adapun masalah-masalah tersebut sebagai berikut: Barang dan Jasa Apa yang Diproduksi dan Seberapa Banyak ( what? ) : Masalah pokok pertama yang penting dalam ekonomiadalah bagaimana produsen dapat menentukan barang dan jasa apa yang diproduksi. Bagaimana Cara Memproduksi Barang Tersebut ( how? ) : Setelah barang dan jasa sudah ditentukan jenis dan jumlahnya, maka masalah selanjutnya adalah teknik produksinya. Dengan sumberdaya yang ada, produsen harus bisa menentukan teknik produksi yang paling efisienuntuk mereka. Untuk Siapa Barang Tersebut Diproduksi? ( for whom? ) :Masalah ini menyangkut soal siapa yang memerlukan barang/jasa, dan, siapa saja yang akan ikut menikmati hasilnya. Pada dasarnya, keuntungan dari barang dan jasa yang diproduksi bukan hanya untuk konsumen saja . Melainkan ada pihak-pihak lain yang menerima keuntungan .Dalam soal tersebut telah ditentukan bahwa Perusahaan mebel “Rezeki” tersebut adalah perusahaan yang bergerak di bidang mebel , yang mengutamakan tenaga sumber daya manusia dibandingkan dengan teknologi sehingga barang yang diproduksi terjangkau oleh masyarakat menengah ke atas. Artinya, perusahaan mebel sudah memecahkan masalah ekonomi modern yaitu untuk siapa barang tersebut diproduksi ( for whom)?.

Soal tersebut berkaitan dengan masalah ekonomi modern. Adapun masalah-masalah tersebut sebagai berikut:

  • Barang dan Jasa Apa yang Diproduksi dan Seberapa Banyak (what?) : Masalah pokok pertama yang penting dalam ekonomi adalah bagaimana produsen dapat menentukan barang dan jasa apa yang diproduksi. 
  • Bagaimana Cara Memproduksi Barang Tersebut (how?) : Setelah barang dan jasa sudah ditentukan jenis dan jumlahnya, maka masalah selanjutnya adalah teknik produksinya. Dengan sumberdaya yang ada, produsen harus bisa menentukan teknik produksi yang paling efisien untuk mereka.
  • Untuk Siapa Barang Tersebut Diproduksi? (for whom?) :Masalah ini menyangkut soal siapa yang memerlukan barang/jasa, dan, siapa saja yang akan ikut menikmati hasilnya. Pada dasarnya, keuntungan dari barang dan jasa yang diproduksi bukan hanya untuk konsumen saja. Melainkan ada pihak-pihak lain yang menerima keuntungan

.Dalam soal tersebut telah ditentukan bahwa Perusahaan mebel “Rezeki” tersebut adalah perusahaan yang bergerak di bidang mebel, yang mengutamakan tenaga sumber daya manusia dibandingkan dengan teknologi sehingga barang yang diproduksi terjangkau oleh masyarakat menengah ke atas. Artinya, perusahaan mebel sudah memecahkan masalah ekonomi modern yaitu untuk siapa barang tersebut diproduksi (for whom)?.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kegiatan yang dilakukan ilustrasi di atas berdasarkan masalah pokok ekonomi modern adalah...

27

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia