Roboguru

Perubahan sosial pada dasarnya merupakan proses perubahan pada nilai-nilai, pola perilaku, dan juga hubungan sosial. Deskripsi tersebut menunjukkan pada ruang lingkup perubahan sosial bersumber pada ...

Pertanyaan

Perubahan sosial pada dasarnya merupakan proses perubahan pada nilai-nilai, pola perilaku, dan juga hubungan sosial. Deskripsi tersebut menunjukkan pada ruang lingkup perubahan sosial bersumber pada ...space space
 

  1. pola perubahanspace space

  2. arti perubahanspace space

  3. sebab perubahanspace space

  4. tujuan perubahanspace space

  5. unsur yang berubahspace space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Deskripsi pada soal menunjukkan pada ruang lingkup perubahan sosial bersumber pada unsur yang berubah. Seperti yang kita ketahui bahwa perubahan sosial merupakan hal yang tidak dapat dihindari dari kehidupan bermasyarakat. Karena manusia merupakan makhluk sosial dan bersifat dinamis. Maka perubahan selalu ada termsuk unsur-unsur di dalamnya.space space


Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan perubahan sosial yang terjadi awal masuk sekolah!

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu warga yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di selang kelompok-kelompok dalam warga.

Contoh nya adalah Pembangunan gedung baru dan perbaikan fasilitas teknologi seperti perangkat komputer dan aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran. Kemudian perubahan-perubahan kebijakan dan peraturan sekolah.space space undefined

0

Roboguru

Jelaskan dan berikan contoh perubahan sosial dilihat dari perencanaannya. Perubahan yang direncanakan dan perubahan yang tidak direncanakan!

Pembahasan Soal:

Perubahan merupakan hal yang pasti terjadi dalam kehidupan sosial. Adapun perubahan yang direncanakan adalah perubahan yang sudah memiliki tujuan dan rencana, perubahan ini biasanya dilakukan oleh pihak-pihak yang hendak melakukan perubahan. Misalnya pembangunan pada masyarakat berupa pemberdayaan masyarakat.  

Sedangkan perubahan yang tidak direncanakan adalah perubahan sosial yang tidak dikehendaki dan diluar perkiraan masyarakat. Misalnya bencana banjir bandang NTT, tanah longsor dan lain sebagainya.

0

Roboguru

Pernyataan yang tepat mengenai konsep perubahan sosial ditunjukkan oleh pilihan...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial mengacu pada perubahan signifikan dari waktu ke waktu dalam pola perilaku dan nilai budaya serta norma. Kata "perubahan" menunjukkan perbedaan dalam segala hal yang diamati selama beberapa periode waktu. Karena itu, perubahan sosial berarti perbedaan yang dapat diamati dalam fenomena sosial apa pun selama periode waktu tertentu. Perubahan sosial juga berarti variasi dari setiap aspek proses sosial, pola sosial, interaksi sosial, atau organisasi sosial.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Perubahan sosial dikatakan bersifat positif jika masyarakat. . . .

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial adalah Segala perubahan yang terjadi dalam lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya.

Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat tidak terlepas dari pengaruh positif dan negatif, sehingga perlu adanya pedoman, dan petunjuk yang mengarahkan manusia dalam mengikuti perubahan sosial di masyarakat. Artinya perubahan sosial dapat bersifat positif apabila masyarakat tahu bagaimana menghadapi perubahan tersebut. menjadikan kehidupan masyarakat lebih baik sehingga turut mengangkat harkat dan martabat manusia di dalamnya. Misalnya dengan fungsi agama, memegang teguh nilai dan norma dalam masyarakat, kebudayaan, serta bagaimana menempatkan atau menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut.undefined  

Sebaliknya, perubahan sosial dikatakan negatif apabila perubahan tersebut menyebabkan lembaga - lembaga sosial yang ada tidak dapat berfungsi optimal karena adanya konflik atau perbedaan kepentingan.

 

0

Roboguru

Apa yang di maksud dengan perubahan sosial?

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial menurut beberapa ahli sebagai berikut:

  1. Selo Soemardjan. Perubahan sosial merupakan perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosial termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok dalam masyarakat.
  2. D. J.L Gillin dan J.P Gillin. Perubahan sosial merupakan variasi dari cara-cara atau mode hidup yang telah diterima, bisa karena perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk atau ideologi, dalam kebudayaan materil, maupun disebabkan oleh difusi atau penemuan-penemuan baru dalam kelompok.
  3. E. Kingsley Davis. Perubahan Budaya adalah perubahan yang mencakup segenap cara berpikir dan bertingkah laku, yang timbul karena adanya interaksi yang bersifat komunikatif.

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi di lembaga-lembaga kemasyarakatan mencakup cara berfikir bertingkah laku yang mempengaruhi sistem nilai dan norma di masyarakat. undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved