Roboguru

Pertolongan pertama yang harus diberikan saat tangan terkena bahan kimia berbahaya adalah ....

Pertanyaan

Pertolongan pertama yang harus diberikan saat tangan terkena bahan kimia berbahaya adalah ....space 

  1. tangan diberi pasta gigispace 

  2. meniup sampai keringspace 

  3. tangan dialiri air terus-menerusspace 

  4. tangan diberi alkohol konsentrasi tinggispace 

  5. tangan dilap dengan kertas tisuspace 

Pembahasan Soal:

Ketika anggota badan terkena bahan kimia berbahaya, pertolongan pertama yang harus diberikan adalah dengan mengalirkan air terus-menerus pada bagian tersebut. Hal ini bertujuan untuk menetralkan zat yang mengenai tersebut. Jika meninggalkan luka bakar, seperti kemerahan dan perih, berikan salep atau obat luka bakar untuk mengobatinya.

Jadi, pertolongan pertama saat terkena bahan kimia berbahaya adalah dengan mengalirkan air secara terus-menerus.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cara memperlakukan alat di lab jika alat terbuat dari bahan gelas, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Alat laboratorium yang terbuat dari kaca rentan untuk terjatuh dan pecah. Untuk mengurangi risiko tersebut, penggunaannya harus:

  • menggunakan alat dengan hati-hati
  • menempatkan alat di tempat yang aman
  • membawa alat dengan kedua tangan
  • menggunakan peralatan sesuai dengan prosedur

Jadi, yang bukan merupakan hal yang harus dilakukan ketika menggunakan alat lab dari kaca adalah menempatkan alat di sembarang tempat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Pertolongan pertama yang harus diberikan, jika kamu melihat temanmu sedang mengalami kecelakaan saat bekerja di laboratorium adalah ....

Pembahasan Soal:

Laboratorium merupakan tempat kerja yang berpotensi timbul kecelakaan. Meski kecelakaan kecil dan ringan, tetaplah merupakan kecelakaan yang bisa jadi menimbulkan efek yang lebih besar. Sumber bahaya yang berpotensi menimbulkan kecelakaan bisa dari bahan kimia, bahan biologis, radiasi, aliran listrik, dan lainnya. Semua itu bisa membuat efek yang tidak diinginkan seperti keracunan, iritasi, ledakan hingga kebakaran. Ketika terjadi kecelakaan kerja di laboratorium, maka perlu adanya penanganan awal sebagai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di Laboratorium kimia.

Jadi jawabannya adalah A.

0

Roboguru

Jika Anda secara tidak sengaja menumpahkan suatu larutan asam pekat di meja praktik, maka cara membersihkannya adalah ...

Pembahasan Soal:

Keselamatan kerja di laboratorium merupakan usaha atau tindakan pencegahan agar kegiatan percobaan di laboratorium terhindar dari kecelakaan sekecil apapun. Untuk itu, diperlukan peraturan dan pengetahuan akan bahaya dalam melakukan percobaan di laboratorium. Saat melakukan suatu percobaan di laboratorium diperlukan pengetahuan akan bahaya akibat penggunaan zat kimia.

Larutan asam pekat seperti asam sulfat (H2SO4) dan asam klorida (HCl) termasuk dalam senyawa yang bersifat korosifKorosif merupakan sifat zat yang dapat mengikis dan merusak jaringan tubuh dari makhluk hidup ataupun benda-benda yang berkontak langsung dengan zat tersebut. Jika kita tidak sengaja menumpahkan suatu larutan asam pekat di meja praktik, maka cara membersihkannya harus dengan sangat hati-hati dan tidak boleh langsung diseka atau dilap dengan kain. Penanganan tumpahan larutan asam pekat yang tepat adalah dengan cara menetralkan larutan asam tersebut terlebih dahulu, kemudian dibilas dengan air dan dilap dengan kain bersih.

Zat yang dapat membantu menetralkan larutan asam pekat adalah senyawa-senyawa basa, tetapi penggunaan soda api (NaOH) untuk menetralkan tumpahan asam pekat juga dapat membahayakan bagi praktikan. Soda api merupakan basa kuat yang bersifat kaustik, yaitu dapat mengiritasi dan merusak jaringan tubuh. Selain itu, reaksi antara soda api dengan larutan asam pekat akan menghasilkan kalor atau panas yang tinggi sehingga dapat membahayakan. Alternatif untuk menetralkan tumpahan asam pekat adalah dengan natrium bikarbonat (NaHCO3) yang merupakan senyawa basa yang tidak sekuat soda api, tetapi sifat basanya tetap dapat menetralkan larutan asam dan lebih aman untuk praktikan. Saat melakukan pembersihan tumpahan larutan bahan kimia apapun, praktikan wajib menggunakan alat pelindung diri, seperti jas laboratorium, sarung tangan, kacamata pelindung, serta sepatu yang tertutup.

Dengan demikian, maka jika Anda secara tidak sengaja menumpahkan suatu larutan asam pekat di meja praktik, maka cara membersihkannya adalah dengan cara menetralkannya dengan serbuk natrium bikarbonat, kemudian mencucinya dengan air.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Sebelum menggunakan bahan kimia dalam botol, cek terlebih dahulu ....

Pembahasan Soal:

Tata tertib bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kelancaran kegiatan di dalam laboratorium. Pada botol, periksa label kirnia dua kali untuk memastikan bahan kimia yang benar. Beberapa rumus dan nama kimia hanya berbeda huruf atau angka. Perhatikan klasifikasi bahaya yang ditampilkan pada label.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D. 

0

Roboguru

Berikut ini cara memperlakukan bahan berbahaya, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Bahan kimia memiliki karakteristik yang berbeda sehingga perlu dilakukan perlakuan berberda sesuai dengan Material Safety Data Sheet (MSDS) dari bahan tersebut. Maka, cara memperlakukan bahan berbahaya, yaitu:

  1. pisahkan penempatan bahan kimia berbahaya dengan yang tidak
  2. beri label yang jelas pada kemasan
  3. simpan bahan kimia beracun di tempat khusus
  4. pahami sifat kimia sebelum menggunakannya

Jadi, yang bukan cara menangani bahan kimia berbahaya adalah dengan menyimpan semua alat dan bahan kimia di satu tempat yang sama.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved