Roboguru

Persebaran flora dan fauna di muka bumi tidak merata. Hal ini menandakan bahwa ….

Pertanyaan

Persebaran flora dan fauna di muka bumi tidak merata. Hal ini menandakan bahwa ….space 

  1. Beberapa jenis fauna telah punah akibat bencana alam dan seleksi alamspace 

  2. Terdapat hubungan yang sangat erat antara flora dan faunaspace 

  3. Tidak semua flora dan fauna dapat hidup dan berkembang pada wilayah tertentuspace 

  4. Topografi/ketinggian tempat merupakan rintangan bagi flora dan fauna untuk menyebarspace 

  5. Jenis tanah merupakan faktor utama bagi flora dan fauna untuk hidup dan berkembangspace 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Persebaran flora dan fauna yang tidak merata disetiap wilayah disebabkan karena tidak semua flora dan fauna dapat hidup dan berkembang pada wilayah tertentu. Dalam mempertahakan kehidupannya flora dan fauna melakukan banyak adaptasi dengan lingkungan tempat tinggal. Contoh untuk flora yang hidup di wilayah beriklim dingin cara adapatasinya dengan bulu yang tebal. Ketika adaptasi tidak berhasil dan tidak mampu berkembang biak dengan baik maka kehidupannya juga tidak berhasil dan menyebabkan persebaran tidak merata. Selain itu, persebaran flora dan fauna yang tidak merata juga disebabkan karena faktor iklim, geologi, geografis, edafik dll. 

Jadi, jawaban yang benar adalah C

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor yang tidak mempengaruhi persebaran flora dan fauna adalah …

Pembahasan Soal:

Faktor-Faktor Terkait Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Faktor Klimatis atau Iklim
    Iklim merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam proses persebaran flora dan fauna. Unsur-unsur iklim yang berpengaruh adalah suhu, kelembaban udara, angin, curah hujan, dan sinar matahari. 
  • Faktor Edafik atau Tanah
    Unsur-unsur kimiawi yang terkandung di dalam tanah untuk membantu tumbuh kembang flora. Flora ini dapat menjadi sumber makanan bagi fauna juga. Unsur-unsur kimiawi tersebut akan membantu kesuburan tanah tersebut jika memiliki dosis yang baik. Selain unsur kimiawi, sirkulasi dalam tanah juga harus terjaga baik agar tanaman tersebut dapat melakukan respirasi yang baik.
  • Faktor Topografi
    Topografi adalah keadaan fisik dari muka bumi itu sendiri. Salah satu unsur yang paling berpengaruh adalah lokasi, yaitu tinggi rendahnya tempat. 
  • Faktor Biotik atau Biologis
    Faktor biotik dalam konteks ini adalah mahkluk hidup itu sendiri untuk beradaptasi, yaitu hewan, tumbuhan, manusia, dan organisme lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Perhatikan faktor-faktor berikut ini! Pegunungan Curah hujan Angin Lautan Gurun Faktor fisiografik yang memengaruhi persebaran flora dan fauna ditunjukkan oleh nomor ....

Pembahasan Soal:

Faktor fisiografi yang berkaitan dengan persebaran makhluk hidup adalah ketinggian tempat dan bentuk wilayah. Semakin tinggi letak suatu tempat maka suhunya akan semakin rendah. Adanya penurunan suhu ini sangat berpengaruh terhadap sebaran jenis tumbuhan dan hewan. Hal ini disebabkan organ is me memiliki keterbatasan daya adaptasi terhadap suhu lingkungan di sekitarnya. Oleh sebab itu, jenis tumbuhan yang hidup di wilayah pantai akan berbeda dengan jenis tumbuhan yang hidup pada wilayah dataran tinggi atau pegunungan.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah B. 

0

Roboguru

Perbedaan flora dan fauna antara kawasan pegunungan dan kawasan dataran rendah disebabkan faktor....

Pembahasan Soal:

Perbedaan flora dan fauna antara kawasan pegunungan dan kawasan dataran rendah disebabkan faktor topografi. Faktor topografi atau ketinggian wilayah termasuk ke dalam faktor fisik atau fisiografis. Faktor fisiografi berhubungan dengan ketinggian tempat dan bentuk wilayah. Penurunan suhu dalam suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna. Sebab setiap organisme memiliki keterbatasan adapatasi terhadap suhu lingkungan di sekitarnya. Akibat hal tersebut, dapat dilihat bahwa jenis tumbuhan yang hidup di pantai akan berbeda dengan tumbuhan yang hidup di dataran tinggi.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.
 

0

Roboguru

Faktor fisiografi yang berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna di Bumi adalah ....

Pembahasan Soal:

Beberapa faktor yang memengaruhi persebaran flora dan fauna di muka bumi antara lain faktor klimatik, edafik, fisiografi, dan biotik.

  • Faktor klimatik : suhu, kelembaban udara, angin, curah hujan
  • Faktor edafik : Faktor kedua yang memengaruhi persebaran bentuk-bentuk kehidupan di muka bumi terutama tumbuhan adalah kondisi tanah atau faktor edafik. Tanah merupakan media tumbuh dan berkembangnya tanaman. Kondisi tanah yang secara langsung berpengaruh terhadap tanaman adalah kesuburan. Adapun yang menjadi parameter kesuburan tanah antara lain kandungan humus atau bahan organik, unsur hara, tekstur dan struktur tanah, serta ketersediaan air dalam pori-pori tanah. Tanah-tanah yang subur, seperti jenis tanah vulkanis dan andosol merupakan media optimal bagi pertumbuhan tanaman
  • Faktor fisiografi yang berkaitan dengan persebaran makhluk hidup adalah ketinggian tempat dan bentuk wilayah. Anda tentu masih ingat gejala gradien thermometrik, di mana suhu udara akan mengalami penurunan sekitar 0,50 C–0,60 C setiap wilayah naik 100 meter dari permukaan laut. Adanya penurunan suhu ini sangat berpengaruh terhadap pola persebaran jenis tumbuhan dan hewan, sebab organisme memiliki keterbatasan daya adaptasi terhadap suhu lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang hidup di wilayah pantai akan berbeda dengan yang hidup pada wilayah dataran tinggi atau pegunungan.
  • Faktor Biotik. Manusia adalah komponen biotik yang berperan sentral terhadap keberadaan flora dan fauna di suatu wilayah, baik yang sifatnya menjaga kelestarian maupun mengubah tatanan kehidupan flora dan fauna. Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, manusia berusaha mengolah dan memanfaatkan lingkungan hidup di sekitarnya semaksimal mungkin, walaupun terkadang dapat merusak kelestarian alam. 

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang sesuai dari faktor fisiografi adalah relirf, ketinggian tempat, dan letak.

0

Roboguru

Terbawanya biji-bijian dari hulu sungai menuju hilir sungai lalu mengendap dipinggiran sungai dan akhirnya tumbuh menjadi individu tanaman merupakan contoh persebaran flora dan fauna melalui media ......

Pembahasan Soal:

Selain daripada makhluk hidup, ternyata terdapat media lain yang dapat menyebarkan flora dan fauna. Media tersebut dapat berupa air, angin, dan es. Uraian pada soal menjelaskan tentang tumbuhnya tanaman di pinggiran sungai bagian hilir akibat terbawanya biji-bijian dari bagian hulu. Uraian tersebut merupakan contoh proses penyebaran flora dengan media air yang berfungsi sebagai perantara/pengangkut. undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved