Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari satu negara ke negara lain bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup. Prinsip Geografi untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ….

Perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari satu negara ke negara lain bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup. Prinsip Geografi untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ….

  1. prinsip interaksi

  2. prinsip persebaran

  3. prinsip korologi

  4. prinsip interrelasi

  5. prinsip interdepedensi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ada empat prinsip dalam ilmu geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki karakteristiknya masing-masing, yaitu: Prinsip Distribusi adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena di permukaan bumi. Contohnya adalah biomahutan hujan tropis di Indonesia cenderung berada pada wilayah bagian barat. Prinsip Deskripsi adalah prinsip yang hanya menjelaskan suatu fenomena tertentu. Penjelasan tersebut dapat berupa pemaparan data dalam tabel, diagram, grafik, dan lain sebagainya. Contohnya adalahhutan hujan tropis merupakanjenis hutan heterogenyang banyak ditumbuhi tanaman yang memiliki daun lebat, Keadaan tanah pada wilayah hutan hujan tropis sangat lembab karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah. Prinsip Interelasi adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab akibat pada berbagai fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Contohnya adalah luasnya padang rumput di Nusa Tenggara Barat menyebabkan banyak masyarakat memilih menggeluti usaha peternakan hewan besar. Prinsip Korologi adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip di atas, dan penjelasan ilustrasinya sangat panjang. Jawaban yang paling tepat dengan fenomena pada soal adalah prinsip interelasi. Hal ini dikarenakan oleh perpindahan yang dilakukan oleh orang-orang tersebut baik dari desa ke kota atau dari suatu negara ke negara lain bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup, yang merupakan salah satu hasil dari hubungan sebab-akibat. Jawaban yang tepat adalah D.

Ada empat prinsip dalam ilmu geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki karakteristiknya masing-masing, yaitu:

  1. Prinsip Distribusi adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena di permukaan bumi. Contohnya adalah bioma hutan hujan tropis di Indonesia cenderung berada pada wilayah bagian barat.
  2. Prinsip Deskripsi adalah prinsip yang hanya menjelaskan suatu fenomena tertentu. Penjelasan tersebut dapat berupa pemaparan data dalam tabel, diagram, grafik, dan lain sebagainya. Contohnya adalah hutan hujan tropis merupakan jenis hutan heterogen yang banyak ditumbuhi tanaman yang memiliki daun lebat, Keadaan tanah pada wilayah hutan hujan tropis sangat lembab karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah.
  3. Prinsip Interelasi adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab akibat pada berbagai fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Contohnya adalah luasnya padang rumput di Nusa Tenggara Barat menyebabkan banyak masyarakat memilih menggeluti usaha peternakan hewan besar.
  4. Prinsip Korologi adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip di atas, dan penjelasan ilustrasinya sangat panjang.

Jawaban yang paling tepat dengan fenomena pada soal adalah prinsip interelasi. Hal ini dikarenakan oleh perpindahan yang dilakukan oleh orang-orang tersebut baik dari desa ke kota atau dari suatu negara ke negara lain bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup, yang merupakan salah satu hasil dari hubungan sebab-akibat. Jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sepanjang pantai selatan Jawa berada pada zona tumbukan lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Kondisi tersebut menyebabkan wilayah di sekitar pantai selatan Jawa rawan tsunami. Prinsip geografi yang dig...

399

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia