Roboguru

Perlawanan Singaparna dipimpin oleh?

Pertanyaan

Perlawanan Singaparna dipimpin oleh?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Dengan adanya kependudukan militer Jepang di Indonesia ternyata telah menimbulkan perlawanan dari rakyat Indonesia. Perlawanan kepada militer Jepang telah terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Adanya perlawanan rakyat terhadap pihak Jepang disebabkan pemerintahan Jepang telah belaku sewenang- wenang. Adapun salah satu perlawanan rakyat Indonesia kepada pihak Jepang yaitu berasal dari Jawa Barat. Perlawanan rakyat Jawa Barat khususnya rakyat Singaparna telah dipimpin oleh K. H. Zainal Mustafa. K. H. Zainal Mustafa merupakan seorang pemimpin pesantren Sukamnah di Singaparna, Tasikmalaya (Jawa Barat).

Dengan demikian, perlawanan oleh rakyat Singaparna dipimpin oleh K.H. Zainal Mustofa. Bentuk perlawanan ini disebabkan karena rakyat Singaparna diharuskan melakukan kegiatan saikerei.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perlawanan rakyat Singaparna terhadap Jepang tidak dapat dilepaskan dari tokoh bernama Najminudin. Peran Najminudin dalam perlawanan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Tepatnya pada 25 Februari 1944, Para santri di Singaparna yang dipimpin oleh K.H. Zainal Mustafa melakukan perlawanan kepada militer Jepang yang saat itu menduduki wilayah Indonesia. Pertempuran tersebut pun dikenal dengan pertempuran singaparna. Alih-alih menyerang melalui kekuatan militer, Jepang lebih memilih cara propoganda guna mengambil hati pribumi. Salah satu caranya adalah membebaskan semua tahanan politik Hindia Belanda, yang salah satunya adalah ulama sekaligus pemimpin pondak pesantren, K.H. Zainal Mustafa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini.   Berdasarkan gambar diatas, reaksi terhadap pendudukan militer Jepang yang dilakukan oleh seorang tokoh bernama Kiai Zaenal Mustafa yang merupakan seorang tokoh al...

Pembahasan Soal:

Perlawanan Singaparna merupakan salah satu perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajahan Jepang. Perlawanan ini terjadi di sebuah pesantren di Sukamanah, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 1944. Perlawanan dipimpin KH Zainal Mustafa. Latar belakang perlawanan Singaparna adalah penolakan ajaran seikerei, yakni penghormatan kepada kaisar Jepang dengan membungkuk ke arah timur pada pagi hari, yang tak sesuai ajaran agama Islam. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perlawanan di Singaparna dipimpin oleh...

Pembahasan Soal:

Keberhasilan Jepang menguasai beberapa wilayah Indonesia, merupakan akibat dari propaganda-propaganda yang dilakukan oleh Jepang terhadap bangsa Indonesia, tujuannya adalah menarik simpati sehingga rakyat tidak melakukan perlawanan. Banyak masyarakat yang menderita saat wilayahnya dikuasai oleh Jepang. Hal ini dikarenakan, mereka dipaksa untuk membuat parit, jalan, lapangan terbang, dan juga dipaksa oleh Jepang untuk menjadi Romusha. Romusha adalah sebutan untuk orang-orang yang dipekerjakan sebagai buruh secara paksa oleh Jepang ketika menduduki Indonesia.

Bangsa Indonesia kemudian mencoba untuk membuat berbagai siasat untuk melakukan perlawanan terhadap Jepang. Bentuk perlawanan rakyat Indonesia yang berbeda dilakukan oleh bangsa Indonesia, akan tetapi tujuan dan cita-cita perjuangan mereka tetaplah sama, mencapai kemerdekaan Indonesia. Strategi yang dilakukan untuk melawan Jepang dilakukan melalui organisasi-organisasi yang dibentuk oleh Jepang, melalui gerakan-gerakan bawah tanah, dan melalui perjuangan secara fisik. Perjuangan secara fisik dilakukan di beberapa daerah seperti, Aceh, Indramayu, Blitar dan Singaparna.

Singaparna, Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah yang berhasil di duduki oleh Jepang. Pada masa itu, rakyat Singaparna dipaksa untuk mengikuti upacara seikerei. Upacara seikerei merupakan upacara penghormatan kepada kaisar Jepang dengan cara membungkuk kearah matahari terbit. Dengan cara seperti ini, masyarakat Singaparna merasa sangat dipermalukan dan dilecehkan. Selain itu, mereka juga merasa menderita karena diperlakukan secara sewenang-wenang dan kasar oleh Jepang. Akibatnya, pada bulan Februari 1944, rakyat Singaparna melakukan perlawanan terhadap Jepang. Pasukan perlawanan dipimpin oleh KH.Zainal Mustofa. Akan tetapi Jepang berhasil menangkap KH.Zainal Mustofa pada tanggal 25 Februari 1944, dan pada tanggal 25 Oktober 1944, KH.Zainal harus menghentikan perjuangannya setelah beliau dihukum mati.space

Dengan demikian, perlawanan di Singaparna dipimpin oleh KH.Zainal Mustofa.

0

Roboguru

Perlawanan rakyat Singaparna terhadap Jepang tidak dapat dilepaskan dari tokoh bernama Najminudin. Peran Najminudin dalam perlawanan tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Dalam usahanya untuk menolak pengaruh budaya seikerei Jepang di Singaparna, K.H. Zainal Mustafa mencanangkan perlawanan terhadap pemerintah pendudukan Jepang. Karena perlawanan itu dipusatkan pada pesantren Sukamanah, maka pasukan tempur yang dibentuk dikenal dengan nama "Pasukan Tempur Sukamanah" yang terdiri dari para santri pesantren. Kiai Zainal menunjuk Najminudin sebagai pimpinan pasukan tersebut.


Dengan demikian, peran Najminudin dalam perlawanan di Singaparna adalah menjadi pemimpin dari "Pasukan Tempur Sukamanah".undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar tokoh berikut! Perlawanan yang dipimpin tokoh pada gambar di atas disebabkan oleh...

Pembahasan Soal:

Gambar dalam soal merupakan gambar seorang tokoh bangsa bernama K.H. Zainal Mustafa. Beliau memimpin perlawanan rakyat di Singaparna. Rakyat Singaparna dikenal sangat religius dan memiliki jiwa patriotik serta anti terhadap dominasi asing. Banyak kebijakan Jepang yang tidak sesuai dengan ajaran Islam, salah satunya adalah kewajiban Seikeirei. Menurut K.H. Zainal Mustafa, kewajiban seikeirei sangat menyinggung umat Islam. Gerakan seikeirei dianggap mirip dengan gerakan rukuk dalam sholat, selain itu gerakan ini juga dianggap menyekutukan Tuhan karena menghadap ke arah Timur Laut.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved