Roboguru

Perkembangan ilmu biologi molekular di bidang peternakan melalui teknik fertilisasi In viro bermanfaat untuk ...

Pertanyaan

Perkembangan ilmu biologi molekular di bidang peternakan melalui teknik fertilisasi In viro bermanfaat untuk ...

  1. pemenuhan pangan berupa protein

  2. mencegah penularan penyakit

  3. pembuatan biogas

  4. menghasilkan antibiotik

  5. membuat hewan tahan penyakit

Pembahasan Soal:

Fertilisasi in vitro adalah fertilisasi yang terjadi di luar tubuh hewan betina. Biasanya terjadi dalam suatu wadah atau tabung yang berisi media fertilisasi. Embrio hasil fertilisasi secara in vitro akan ditanamkan ke dalam rahim hewan betina. Sehingga jika kita mengaplikasikan teknik ini pada dunia peternakan, maka kita dapat memilih gamet dengan kualitas yang baik dari induk betina dan jantan untuk dilakukan fertilisasi in vitro sehingga akan dihasilkan keturunan dengan sifat unggul sehingga tentu jika dihasilkan keturunan dengan sifat yang unggul secara cepat dan seragam, maka pemenuhan kebutuhan akan protein hewani di masyarakat akan tercukupi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pasangan suami istri yang tidak dapat menghasilkan keturunan karena sesuatu hal dapat ditanggulangi dengan memanfaatkan ….

Pembahasan Soal:

Fertilisasi in vitro adalah fertilisasi yang terjadi di luar tubuh yakni terjadi di dalam suatu media berupa tabung. Metode ini juga disebut sebagai metode bayi tabung. Fertilisasi in vitro merupakan solusi bagi pasangan suami istri yang belum atau sulit memperoleh keturunan.

0

Roboguru

Bayi tabung adalah ...

Pembahasan Soal:

Bayi tabung merupakan suatu prosedur yang dilakukan untuk membantu proses kehamilan. Prinsip teknologi bayi tabung ialah melakukan fertilisasi di luar tubuh (in vitro). Sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma di luar tubuh induk kemudian dimasukkan ke dalam rahim agar berkembang menjadi bayi.undefined 

0

Roboguru

Apakah hasil bayi tabung memiliki kualitas yang sama dengan bayi normal?

Pembahasan Soal:

Bayi tabung merupakan penggunaan teknologi in vitro fertilization yaitu proses fertilisasi (pembuahan sperma pada ovum) yang dilakukan di luar tubuh. Perbedaan antara bayi normal dan bayi tabung hanya tempat fertilisasinya. Sehingga, hasil dari bayi tabung memiliki kualitas yang sama dengan bayi normal.undefined 

Jadi, bayi tabung memiliki kualitas yang sama dengan bayi normal.undefined 

0

Roboguru

Bagaimana solusi agar wanita yang mengalami gangguan penyumbatan saluran reproduksi dapat hamil?

Pembahasan Soal:

Wanita yang mengalami gangguan penyumbatan saluran reproduksi dapat melakukan solusi program bayi tabung (fertilisasi in vitro) agar terjadi kehamilan. Bayi tabung adalah proses fertilisasi sel-sel gamet (sperma dan ovum) di luar tubuh. Ini dilakukan ketika terjadi penyumbatan di bagian tuba falopi sehingga sperma dan ovum tidak bertemu untuk fertilisasi. Sperma dan ovum diambil dan dipertemukan pada kondisi tertentu di laboratorium untuk terjadinya fertilisasi. Setelah itu, hasil pembuahan (zigot) diimplantasikan ke rahim ibu.

Dengan demikian, solusi agar wanita yang mengalami gangguan penyumbatan saluran reproduksi dapat hamil adalah melakukan program bayi tabung. space 

0

Roboguru

Jelaskan teknik-teknik bioteknologi!

Pembahasan Soal:

Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan organisme untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berdasarkan teknik dan prinsip yang digunakan bioteknologi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Salah satu karakteristik bioteknologi konvensional adalah memanfaatkan organisme secara langsung melalui teknik fermentasi. Fermentasi merupakan penguraian senyawa organik kompleks menjadi senyawa sederhana dengan bantuan mikroorganisme dalam kondisi anaerob. Berbeda dengan bioteknologi konvensional, bioteknologi modern memiliki beberapa teknik yaitu :

  1. Rekayasa genetika, yaitu teknik memanipulasi atau mengubah DNA organisme dengan cara menyisipkan gen baru ke dalam DNA penerima. Contoh produk hasil rekayasa genetika adalah tanaman transgenik.
  2. Polymerase Chain Reaction (PCR), yaitu teknik biologi molekuler untuk memperbanyak salinan suatu rantai DNA yang spesifik. 
  3. Elektroforesis, yaitu teknik yang mengukur laju perpindahan atau pergerakan partikel-partikel bermuatan dalam suatu medan listrik. Prinsip kerja dari elektroforesis berdasarkan pergerakan partikel-partikel bermuatan negatif (anion), dalam hal tersebut DNA, yang bergerak menuju kutub positif (anoda), sedangkan partikel-partikel bermuatan positif (kation) akan bergerak menuju kutub negatif (anoda).
  4. Hibridoma, yaitu teknik pembuatan sel yang dihasilkan dari fusi limfosit B dengan sel kanker. Contoh produk hasil hibridoma adalah antibodi monoklonal
  5. Fertilisasi in vitro, yaitu fertilisasi yang terjadi di luar tubuh. Contoh penerapan teknik fertilisasi in vitro adalah dalam pembuatan bayi tabung.
  6. Kultur jaringan, yaitu metode isolasi bagian tanaman (sel, jaringan, atau organ) dalam kondisi aseptis untuk menghasilkan individu baru yang indentik dengan induk.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved