Roboguru

Peribahasa apakah yang tepat untuk menggambarkan ilustrasi tersebut?

Pertanyaan

Peribahasa apakah yang tepat untuk menggambarkan ilustrasi tersebut?undefined 

Pembahasan Soal:

Peribahasa adalah ungkapan yang terdiri dari satu kalimat ringkas, padat, dan memiliki makna tertentu. Makna yang diungkapkan bisa sebuah nasihat, prinsip hidup, aturan, sindiran, dan lain-lain.

Peribahasa yang tepat untuk menggambarkan ilustrasi tersebut adalah:

Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui

Peribahasa tersebut bermakna, satu pekerjaan mendapatkan beberapa keuntungan atau hasil, karena gangnam style tidak hanya dimanfaatkan sebagai kesenian, namun juga dimanfaat sebagai olahraga. Berdasarkan kutipan berikut:

Anak-anak di Indonesia selain memanfaatkan tarian ini sebagai kesenian, juga memanfaatkannya untuk olahraga yang membuat badan sehat.

Dengan demikian, peribahasa yang tepat untuk menggambarkan ilustrasi tersebut adalah:

Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mobil ambulans meraung-raung mengantarkan jenazah korban kebakaran. Kalimat dibawah ini yang bermajas sama dengan kalimat tersebut adalah…..

Pembahasan Soal:

Salah satu ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa adalah menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret. Kata meraung-raung menggunakan majas personifikasi, yaitu gaya bahasa yang menyatakan benda mati sebagai sesuatu yang seolah-olah hidup. Kalimat yang menggunakan majas personifikasi adalah Tanaman padi merintih kesakitan pada musim kemarau panjang ini.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parang Tritis. Tepatnya Pantai Parang Tritis berada di Kecamatan Kretek Bantul DIY. Pemandangan Parang Tritis sangat memesona adalah majas ......

Pembahasan Soal:

Teks deskripsi adalah paragraf yang berisi penggambaran suatu obyek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci.

Pada teks di atas,menggunakan majas hiperbola. Majas hiperbola bermaksud memberi penekanan pada suatu pernyataan atau situasi untuk memperhebat, meningkatkan kesan dan pengaruhnya. Majas jenis ini digunakan untuk melebih-lebihkan suatu hal. Pemandangan Pantai Parang Tritis sangat memesona maksudnya adalah sangat indah, sampai penulis dibuat kagum.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Pepatah yang mengatakan ... memang ada benarnya. Agar terjadi komunikasi yang lancar antara pemakalah dengan peserta seminar, saya perkenalkan bahwa pembicara seminar ini adalah Bapak Subrata dan Ibu ...

Pembahasan Soal:

Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud, keadaan seseorang, atau hal yang mengungkapkan kelakuan, perbuatan atau hal mengenai diri seseorang.  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah tak kenal maka tak sayang. Peribahasa ini bermakna jika kita belum mengenal seseorang secara dekat, sifat dan perangainya pun tidak dapat diketahui. Dengan demikian, komunikasi akan sulit berjalan lancar. Sebagaimana dalam kata pengantar sambutan atau acara lainnya, peribahasa ini sering digunakan. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah (C).

0

Roboguru

Alya seorang yang ... . Ia sering membantu ibunya berdagang kelontong di ... tak jauh dari rumahnya. Ia membantu berjualan sambil belajar atau mengerjakan tugas-tugas sekolah. Pagi sebeum berangkat ke...

Pembahasan Soal:

Ungakapan merupakan gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. Idiom atau disebut juga dengan ungkapan adalah gabungan kata yang membentuk arti baru yang mana tidak berhubungan dengan kata pembentuk dasarnya. Contoh ungkapan antara lain: kaki tangan, tulang punggung, dan berat hati.

Ungkapan yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang tersebut adalah (A) ringan tangan, kaki lima, muka masam. Berikut penjelasannya secara lebih terperinci.

- Alya seorang yang ringan tangan (ringan tangan bermakna ‘senang membantu).

- Ia sering membantu ibunya berdagang kelontong di kaki lima (kaki lima bermakna ‘pedagang yang ada di jalan’).

- Ia tak pernah menampakkan muka masam (muka masam artinya ‘cemberut’). 

0

Roboguru

Perhatikan kalimat berikut! Rumah itu megah seperti istana. Kalimat di atas mengandung majas ….

Pembahasan Soal:

Majas simile merupakan majas yang membandingkan dua hal dengan menggunakan kata penghubung penanda perbandingan, misalnya seperti, bagaikan, layaknya, dan bak. Kalimat di atas memuat kata seperti yang menjadi penanda perbandingan. Dengan demikian, kalimat di atas mengandung majas simile. Jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved