Roboguru

Perhatikan wacana berikut!       Produk yang dihasilkan pengrajin tas lokal dari Gresik sulit bersaing. Hal ini disebabkan oleh tingginya ongkos produksi yang harus dikeluarkan. Produk kerajinan tas yang dipasarkan sulit bersaing dengan produk serupa hasil produksi industri luar negeri. Perajin di Gresik mengeluarkan Rp.80.000,00 per hari untuk membayar pekerja lepas harian. Untuk mendatangkan tas impor, dengan separuhnya sudah mencukupi biaya hidup bagi buruh lepas yang dipekerjakan. Dengan tingginya upah pekerja secara otomatis berpengaruh terhadap harga jual produk kerajinan daerah. (Sumber: https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2020/01/08/173902/produk-impor-lebih-murah-pengrajin-tas-di-gresik-menjerit, diakses 30 maret 2020)   Sikap kritis yang dapat dilakukan masyarakat dalam merespons permasalahan akibat globalisasi tersebut lalah ....

Pertanyaan

Perhatikan wacana berikut!
 

    Produk yang dihasilkan pengrajin tas lokal dari Gresik sulit bersaing. Hal ini disebabkan oleh tingginya ongkos produksi yang harus dikeluarkan. Produk kerajinan tas yang dipasarkan sulit bersaing dengan produk serupa hasil produksi industri luar negeri. Perajin di Gresik mengeluarkan Rp.80.000,00 per hari untuk membayar pekerja lepas harian. Untuk mendatangkan tas impor, dengan separuhnya sudah mencukupi biaya hidup bagi buruh lepas yang dipekerjakan. Dengan tingginya upah pekerja secara otomatis berpengaruh terhadap harga jual produk kerajinan daerah.

(Sumber: https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2020/01/08/173902/produk-impor-lebih-murah-pengrajin-tas-di-gresik-menjerit, diakses 30 maret 2020)
 

Sikap kritis yang dapat dilakukan masyarakat dalam merespons permasalahan akibat globalisasi tersebut lalah .... space

  1. mengutamakan membeli tas lokal daripada tas imporundefined 

  2. mengendalikan impor barang dengan menetapkan pajakundefined 

  3. meningkatkan kualitas produksi agar dapat bersaing dengan tasundefinedimporundefined 

  4. memasarkan produk tas dari Gresik melalui media sosial secara berkalaundefined  

  5. membuat kebijakan yang jelas agar tidak merugikan perajin tas di Gresikundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Permasalahan yang timbul akibat globalisasi adalah sulitnya produk lokal dalam bersaing dengan produk-produk asing. Hal tersebut bisa diminimalisir dengan sikap kritis masyarakat agar mengutamakan membeli tas lokal daripada impor. Dengan melakukan itu, masyarakat membantu produk lokal untuk lebih berkembang meningkatkan produknya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.mengutamakan membeli tas lokal daripada tas imporundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan fenomena sosial berikut! Kebutuhan antarnegara dapat terpenuhi.  Kebudayaan lokal mulai ditinggalkan. Dominasi ekonomi oleh negara-negara adikuasa. Pemerataan teknologi dan ilmu penge...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah dampak negatif globlisasi.

Dampak negatif globalisasi, antara lain:

  • Kebudayaan lokal mulai ditinggalkan.
  • Meningkatnya persaingan politik yang tidak mengedepankan kepentingan rakyat.
  • Meningkatnya eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan.
  • Dominasi ekonomi oleh negara-negara adikuasa.
  • Ketimpangan antarnegara meningkat.
  • Ketergantungan pada negara-negara maju.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud ketimpangan sosial sebagai dampak dari globalisasi ....

Pembahasan Soal:

Budi Winarno mendefinisikan ketimpangan sosial sebagai kegagalan pembangunan di era globalisasi untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis warga. Di era tanpa batas (globalisasi seperti saat ini), ketimpangan sosial menjadi dampak yang sulit dihindari di suatu masyarakat.

Secara spesifik, fenomena ini dapat memengaruhi perkembangan di tiga bidang, seperti: 

  1. Bidang Ekonomi
    Adanya globalisasi menyebabkan perekonomian hanya tumbuh di beberapa wilayah, dengan sumber daya yang dikuasai oleh golongan tertentu. Salah satu contohnya, perubahan teknologi mengakibatkan hanya orang-orang yang memiliki pengetahuan atau keterampilan tertentu yang dapat terlibat dalam proses produksi. 
     
  2. Bidang Politik
    Adanya dominasi ekonomi negara maju terhadap negara lainnya berdampak pada dominasi di bidang politik. Misalnya Amerika Serikat yang didulang menjadi negara superpower memberikan pengaruh pada negara-negara lain dari segi kebijakan.

  3. Bidang Budaya
    Globalisasi menimbulkan dampak westernisasi yang berakibat terkikisnya budaya lokal, contohnya pada permasalahan bahasa.undefined 

0

Roboguru

Globalisasi bisa menyebabkan kemiskinan semakin parah di suatu negara apabila penduduk di negara tersebut tidak mampu bersaing. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya-upaya untuk meningkatkan sumber daya m...

Pembahasan Soal:

Permasalahan global yang kini dihadapi oleh sabagian besar masyarakat dunia adalah kemiskinan. Apalagi dalam kasus di atas, kemiskinan yang terjadi karena tidak mampunya penduduk di suatu negara untuk bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk mengurangi kemiskinan dengan mengadakan pelatihan kerja dan kusus keterampilan. Dengan Langkah tersebut, diharapkan penduduk yang memiliki pendidikan rendah dan kualitas sumber daya manusia yang rendah juga dapat diasah keterampilannya. Sehingga tenaganya dapat terserap di dunia industri atau bisa saja menjadi wiraswasta.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Globalisasi dapat menyebabkan industri kecil yang lemah tidak mampu bersaing dengan industri besar. Dampak tersebut terjadi dalam bidang ....

Pembahasan Soal:

Permasalahan akibat globalisasi adalah terjadinya ketimpangan sosial di bidang ekonomi. Salah satu contohnya adalah industri kecil yang lemah tidak mampu bersaing dengan industri besar. 

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat di soal di atas adalah di bidang ekonomiundefined 

0

Roboguru

Tuliskan dua permasalahan sosial akibat globalisasi yang terjadi di lingkungan sekitar Anda!

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah permasalahan-permasalahan akibat globalisasi. 

Kehidupan masyarakat semakin lama semakin berubah, yang mana perubahan masyarakat di tandai dengan adanya globalisasi sebagai gejala perubahan sosial masyarakat. Yang mana globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Yang artinya globalisai membawa banyak kemajuan dalam kehidupan masyarakat mengakibatkan masyarakat semakin maju dan juga terbuka dengan pertukaran nilai dan norma yang ada. Kemajuan globalisasi juga di tandai dengan banyaknya pembangunan-pembangunan infrastruktur yang kemudian mempengaruhi lingkungan masyarakat. Globalisasi selain membawa dampak positif yang berupa kemajuan masyarakat tetapi juga membawa dampak negatif sebagai muunculnya permasalahan globalisasi yang ada dalam kehidupan masyarakat. 

Adapun permasalahan sosial akibat globalisasi yang mudah ditemui di lingkungan sekitar, sebagai berikut:

  1. Konsumerisme 
    Konsumerisme merupakan sebuah budaya konsumtif. Budaya konsumtif merupakan prilaku individu yang mengedepankan keinginan dibandingkan kebutuhan. Hal ini berarti membeli sesuatu yang tidak begitu penting untuk kebutuhan hidup namun tetap dibeli sebagai pemuas keinginan. Budaya konsumtif tidak terlepas dari kapitalisme yang diusung oleh Negara Barat.
     
  2. Kerusakan Lingkungan
    Pertumbuhan perusahaan multinasional di berbagai belahan dunia kini semakin pesat. Semakin besar suatu perusahaan, maka semakin besar pula sumber daya yang dibutuhkan. Akibat eksploitasi besar-besaran sumber daya alam oleh perusahaan maka terjadi kerusakan lingkungan. Hal tersebut dikarenakan eksploitasi yang besar tidak diikuti oleh pengolahan limbah yang benar sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti pencemaran udara, tanah dan juga air.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved