Roboguru

Perhatikan wacana berikut! Partisipasi lndonesia dalam upaya penyelesaian konflik yang diumikan pada wacana tersebut dilakukan dengan cara ....

Pertanyaan

Perhatikan wacana berikut!

Partisipasi lndonesia dalam upaya penyelesaian konflik yang diumikan pada wacana tersebut dilakukan dengan cara ....

  1. Melobi negara-negara Barat agar menarik diri dari konflik Terusan Suez.

  2. Membawa masalah konflik Terusan Suez ke forum sidang Dewan Keamanan PBB.undefined

  3. Mengirim pasukan perdamaian ke wilayah Terusan Suez di bawah kendali PBB.

  4. Mempertemukan Mesir dan negara-negara yang terlibat konflik Terusan Suez dalam perundingan.

  5. Mendukung langkah Mesir untuk mengusir negara-negara Barat yang berkepentingan di Terusan Suez.

Pembahasan Soal:

Pengiriman Misi Garuda dibawah naungan PBB pertama kali dilakukan oleh pemerintah Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pada 8 Januari 1957 pemerintah Indonesia mengirim Misi Garuda I di bawah pimpinan Letnan Kolonel Inf. Hartoyo dan Letnan Kolonel Suadi Suromihardjo. Misi Garuda I diberangkatkan menuju Beirut, Lebanon, sebelum dikirim ke daerah konflik wilayah Terusan Suez di Mesir. Setelah turut berperan dalam menjaga perdamaian di kawasan Mesir, Misi Garuda I mengakhiri masa tugasnya pada 29 September 1957.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalarn rangka ikut mewujudkan perdamaian dunia, maka Indonesia mernainkan sejumlah peran dalam peraturan intemasional. Peran yang cukup menonjol dalam upaya memelihara perdamaian dan keamanan internas...

Pembahasan Soal:

Komitmen Indonesia untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdarnaian abadi, dan keadilan sosial senantiasa diwujudkan melalui partisipasi dan kontribusi aktif Indonesia dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB/MPP PBB (United Nations Peacekeeping Operations). Salah satu kontribusi aktif Indonesia dalam misi tersebut dilakukan dengan mengirimkan Misi Garuda ke daerah-daerah konflik. Misi Garuda merupakan pasukan yang dikirim oeh pemerintah Indonesia untuk membantu negara-negara yang sedang mengalami konflik.

0

Roboguru

Perhatikan wacana berikut! Peran Indonesia dalam upaya meredakan konflik pada wacana tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 29 Oktober 1888 dilangsungkan Konferensi Istambul (Turki) yang secara bersama-sama menetapkan status Terusan Suez. Hal ini mengingat kedudukan, fungsi, dan peranan Terusan Suez bagi dunia internasional. Konferensi dihadiri oleh Inggris, Jerman, Austria, Hongaria, Spanyol, Prancis, Italia, Belanda, Rusia, Turki, dan Mesir. Konferensi menetapkan Terusan Suez berstatus internasional. Tanggal 26 Juli 1956 Gamal Abdul Nasser menasionalisasi Terusan Suez karena terinspirasi dari Konferensi Asia Afrika. Dengan demikian, Terusan Suez yang semula berstatus internasional sepenuhnya dianggap milik bangsa Mesir. Tindakan Gamal Abdul Nasser ini tentu saja dianggap sebagai pelanggaran serius yang segera mendapat reaksi dari Inggris dan Prancis. Kedua negara Eropa yang mempunyai kepentingan dengan Terusan Suez berencana secara besama-sama akan menyerang Mesir. Amerika Serikat sebagai negara adidaya dan juga merupakan sekutu Inggris dan Prancis mencoba menghindarkan penyerangan tersebut. Perang terbuka akibat tindakan Gamal Abdul Nasser dalam menasionalisasi Terusan Suez menimbulkan krisis internasional yang disebut Krisis Suez. Krisis Suez mendapat reaksi internasional dari negara-negara yang anti terhadap imperialisme dan kolonialisme. PBB segera menggelar sidang umum untuk membahas Krisis Suez. Bangsa Indonesia yang sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 harus ikut berperan dalam menciptakan perdamaian dunia ikut tergerak membantu mengatasi Krisis Suez. Pada tanggal 8 November 1956 sebagai wujud partisipasi aktif bangsa Indonesia menyatakan kesediaannya dalam menyelesaikan Krisis Suez dengan bersedia menempatkan pasukan TNI sebagai penjaga perdamaian di wilayah Mesir dalam Komando UNEF. Pasukan TNI yang dikirim sebagai penjaga perdamaian di Mesir disebut Pasukan Garuda. Pasukan ini dipimpin oleh Letkol Hartoyo yang kemudian digantikan oleh Letkol Saudi. Pasukan Misriga I berangkat ke Timur Tengah pada bulan Januari 1957. Pengiriman pasukan penjaga perdamaian oleh bangsa Indonesia dalam mengatasi Krisis Suez juga untuk menunjukkan solidaritas sebagai sesama negara yang baru merdeka. Selain itu, juga melaksanakan hasil keputusan yang telah diambil dalam Konferensi Asia Afrika.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Kontingen Garuda I dikirim ke Mesir dengan tujuan ....

Pembahasan Soal:

Kontingen Garuda I atau KONGA I kembali dikirim ke Mesir, pada 8 Januari 1957. Ketika itu, Mesir sedang mengalami Krisis Suez. Secara singkat, Krisis Suez merupakan masalah yang terjadi setelah Presiden Gamal Abdel Nasser menasionalisasi Terusan Suez. Hal ini menjadi masalah karena Inggris, yang sebelumnya memiliki saham paling besar di Terusan Suez tidak terima atas nasionalisasi tersebut. Akibatnya Inggris bersama dengan Prancis dan Israel menyerang Terusan Suez dan terjadilah Krisis Suez. Pengiriman KONGA I sebagai pasukan penjaga perdamaian bertujuan untuk ikut mendamaikan ketegangan tersebut.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan wacana berikut!  Partisipasi lndonesia dalam upaya penyelesaian konflik yang diumikan pada wacana tersebut dilakukan dengan cara . . .

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Peran aktif Indonesia dalam penyelesaian masalah Palestina-Israel pada 5 November 1956 diwujudkan dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Pada bulan Oktober 1956, pasukan dari Inggris, Prancis, dan Israel melakukan penyerangan terhadap negara Mesir sehingga  mengganggu stabilitas keamanan daerah Timur Tengah. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh masalah nasionalisasi Terusan Suez yang dilakukan oleh Presiden Mesir, yakni Gamal Abdul Nasser. Situasi tersebut membuat Dewan Keamanan PBB turun tangan dan mendesak pihak-pihak terkait untuk berunding. Dalam sidang umum PBB, menteri luar negeri Kanada, Lester B. Pearson, mengusulkan agar dibentuk suatu pasukan PBB untuk memelihara perdamaian di Timur Tengah. Usul ini disetujui sidang pada 5 November 1956. PBB selanjutnya membentuk United Nations Emergency Force atau UNEF. Indonesia kemudian berpartisipasi dengan mengirimkan pasukan yang terdiri dari 550 orang dan diberi nama Pasukan Garuda. Pasukan ini diberangkatkan ke Timur Tengah pada bulan Januari 1957.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved