Roboguru

Perhatikan uraian berikut ini! Keadaan psikologis individu Kedudukan individu dalam masyarakat Tingkat pendapatan yang dimiliki seseorang Pengaruh media massa Faktor umur manusia yang selalu mengalami perubahan Berdasarkan uraian diatas, yang menunjukkan munculnya tindakan kriminalitas yang berasal dari dalam individu yaitu nomor ….

Pertanyaan

Perhatikan uraian berikut ini!

  1. Keadaan psikologis individu
  2. Kedudukan individu dalam masyarakat
  3. Tingkat pendapatan yang dimiliki seseorang
  4. Pengaruh media massa
  5. Faktor umur manusia yang selalu mengalami perubahan

Berdasarkan uraian diatas, yang menunjukkan munculnya tindakan kriminalitas yang berasal dari dalam individu yaitu nomor …. 

  1. 3), 4), dan 5) 

  2. 1), 2), dan 5) 

  3. 2), 3), dan 4) 

  4. 1), 3), dan 5) 

  5. 2), 4), dan 5) 

Pembahasan Soal:

Soal menyampaikan beberapa pernyataan, dari pernyataan tersebut poin nya adalah faktor internal yang meyebabkan munculnya tindakan kriminalitas.

Faktor yang menyebabkan terjadinya tindakan kriminalitias terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal dengan penjelasan sebagai berikut:

Faktor internal seutuhnya faktor tersebut muncul dari individu itu sendiri tanpa adanya pengaruh dari luar, seperti

  • Faktor umur manusia yang selalu mengalami perubahan
  • Kedudukan individu dalam masyarakat
  • Keadaan psikologis individu
  • Pengembangan sikap mental yang keliru

Faktor eksternal disebabkan oleh adanya pengaruh dari luar individu itu sendiri, seperti

  • Tingkat pendapatan yang dimiliki seseorang
  • Pengaruh media masa
  • Terjadinya perubahan sosial, politik dan ekonomi seperti terjadinya perang atau meningkatnya pengangguran
  • Pemerintah yang lemah dan korup

Berdasarkan penjelasan tersebut, pernyataan 1, 2 dan 5 termasuk faktor internal sedangkan pernyatan 3 dan 4 termasuk faktor eksternal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Tri

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebuah perilaku yang telah melanggar hukum dan merugikan masyarakat atau menimbulkan korban disebut ….

Pembahasan Soal:

Kriminalitas adalah salah satu bentuk penyimpangan yang kategori perilakunya telah melanggar hukum dan merugikan masyarakat atau menimbulkan korban. Kriminalitas dapat memicu reaksi sosial dari masyarakat, baik reaksi formal maupun reaksi nonformal. Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Perhatikan dengan cermat pernyataan berikut ! Tingkat pendapatan yang dimiliki seseorang Faktor umur manusia yang selalu mengalami perubahan Pengaruh media massa Kedudukan individu dalam masyara...

Pembahasan Soal:

Soal menyampaikan beberapa pernyataan, dari pernyataan tersebut poin nya adalah faktor internal yang meyebabkan munculnya tindakan kriminalitas.

Faktor yang menyebabkan terjadinya tindakan kriminalitias terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Faktor internal seutuhnya faktor tersebut muncul dari individu itu sendiri tanpa adanya pengaruh dari luar, seperti faktor umur manusia yang selalu mengalami perubahan, kedudukan individu dalam masyarakat, keadaan psikologis individu, dan pengembangan sikap mental yang keliru.
  2. Faktor eksternal disebabkan oleh adanya pengaruh dari luar individu itu sendiri, seperti tingkat pendapatan yang dimiliki seseorang, pengaruh media masa, terjadinya perubahan sosial, politik dan ekonomi seperti terjadinya perang atau meningkatnya pengangguran, dan pemerintah yang lemah dan korup.

Berdasarkan penjelasan tersebut, pernyataan 2, 4 dan 5 termasuk faktor internal sedangkan pernyatan 1 dan 3 termasuk faktor eksternal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Setiap perilaku nonkonformis yang tidak disetujui dari masyarakat atau kelompok sosial, baik itu melanggar norma atau tidak disebut ....

Pembahasan Soal:

Kriminalitas merupakan perbuatan nonkonformitas atau perilaku menyimpang yang melanggar aturan-aturan dan mengganggu atau memberi goncangan ketertiban masyarakat, sehingga pelakunya akan dijatuhi hukum pidana. Kriminalitas menimbulkan keresahan dalam kehidupan masyarakat karena dampaknya yang dapat mengakibatkan kerugian.space space  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space  

0

Roboguru

Berikut yang termasuk ke dalam masalah kriminalitas ialah...

Pembahasan Soal:

Kriminalitas merupakan salah satu jenis permasalahan sosial yang dialami masyarakat. Kriminalitas merupakan perilaku yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan melanggar peraturan hukum yang berlaku di masyarakat. Kriminalitas identik dengan tindakan kejahatan. Contoh tindak kriminalitas yang sering terjadi di sekitar lingkungankita di antaranya pencurian, pembunuhan, dan tindakan lainnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah c. seorang nenek yang mencuri kakao dihukum tiga bulan penjara, karena lapar.

0

Roboguru

Apa dampak dari tingginya angka kriminalitas di Indonesia? Berikan Solusi!

Pembahasan Soal:

Kriminalitas adalah tindakan terlarang yang banyak disebabkan karena faktor ekonomi, sehingga senantiasa berkaitan dengan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tuntutan kebutuhan individu yang tidak memiliki pekerjaan harus tetap terpenuhi, apalagi memiliki tanggung jawab memberikan nafkah kepada keluarga, banyak orang mengatakan karena terpaksa. space space 

Dampak tingginya angka kriminalitas di Indonesia yaitu:

  1. Keresahan masyarakat. Masyarakat yang awalnya merasa aman dan damai menjadi memiliki beban tersendiri. Masyarakat merasa takut apabila sewaktu-waktu tindakan kriminal terjadi di lingkungannya. Hal yang dikhawatirkan tentu saja keselamatan diri dan kemungkinan kerugian yang harus ditanggung.
  2. Minimnya rasa tenggang rasa. Rasa curiga antara individu satu dengan yang lain membuat seseorang akan merasa tidak peduli dengan orang yang ada disekitarnya. Ketika hal ini terjadi terus menerus maka tidak akan ada lagi sebuah potret kegiatan masyarakat yang aman dan damai.
  3. Trauma. Seseorang akan merasa trauma ketika terdapat tindakan kejahatan yang dilakukan dengan cara terlihat, biasanya mereka menggunakan senjata tajam. space space 

Solusi untuk mengatasi tingginya angka kriminalitas bisa dilakukan dengan cara:

  1. Tindakan tegas dari aparat hukum
  2. Menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya
  3. Menggerakkan roda perekonomian terutama ekonomi kerakyatan space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved