Roboguru

Perhatikan teks berikut!       (1) Sariawan merupakan suatu kelainan selaput lendir mulut, yang ditandai dengan adanya bercak luka berwarna putih pada dinding mulut, bibir atas, dan lidah. (2) Nama lainnya adalah stomatitis. (3) Sariawan dapat terjadi pada mukosa mulut di daerah bibir, pipi bagian dalam, atau lipatan gusi dengan daging pipi atau bibir. (4) Selain itu, sariawan dapat juga terjadi di langit-langit bawah lidah, permukaan lidah, bahkan amandel.     (5) Sariawan memang bukan penyakit yang serius atau mengancam jiwa. (6) Namun, kondisi ini amat mengganggu. (7) Walaupun ukurannya kecil dan letaknya tersembunyi di rongga mulut, sariawan dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat sehingga membuat orang susah makan dan berbicara. (8) Pada anak-anak, sariawan akan menyebabkan turunnya nafsu makan sehingga akhirnya menjadi penurunan berat badan.     (9) Penyebab sariawan beragam. (10) Salah satunya adalah infeksi. (11) Infeksi yang sering adalah infeksi virus, seperti herpes simplex, cacar air, dan penyakit kaki tangan mulut. (12) Rasa perih dapat muncul 24 hingga 48 jam dan bertahan 3 hingga 4 hari. (13) Kemudian, baru tumbuh lembaran fibrin putih sehingga nyeri berkurang dan sembuh dalam 7-10 hari. (14) Faktor lain yang menyebabkan sariawan adalah kesalahan menggosok gigi. (15) Apalagi jika menggosoknya tidak benar dan tidak hati-hati. Penulisan kata yang SALAH pada bacaan di atas adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!
 

    (1) Sariawan merupakan suatu kelainan selaput lendir mulut, yang ditandai dengan adanya bercak luka berwarna putih pada dinding mulut, bibir atas, dan lidah. (2) Nama lainnya adalah stomatitis. (3) Sariawan dapat terjadi pada mukosa mulut di daerah bibir, pipi bagian dalam, atau lipatan gusi dengan daging pipi atau bibir. (4) Selain itu, sariawan dapat juga terjadi di langit-langit bawah lidah, permukaan lidah, bahkan amandel.

    (5) Sariawan memang bukan penyakit yang serius atau mengancam jiwa. (6) Namun, kondisi ini amat mengganggu. (7) Walaupun ukurannya kecil dan letaknya tersembunyi di rongga mulut, sariawan dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat sehingga membuat orang susah makan dan berbicara. (8) Pada anak-anak, sariawan akan menyebabkan turunnya nafsu makan sehingga akhirnya menjadi penurunan berat badan.

    (9) Penyebab sariawan beragam. (10) Salah satunya adalah infeksi. (11) Infeksi yang sering adalah infeksi virus, seperti herpes simplex, cacar air, dan penyakit kaki tangan mulut. (12) Rasa perih dapat muncul 24 hingga 48 jam dan bertahan 3 hingga 4 hari. (13) Kemudian, baru tumbuh lembaran fibrin putih sehingga nyeri berkurang dan sembuh dalam 7-10 hari. (14) Faktor lain yang menyebabkan sariawan adalah kesalahan menggosok gigi. (15) Apalagi jika menggosoknya tidak benar dan tidak hati-hati.


Penulisan kata yang SALAH pada bacaan di atas adalah ....space 

  1. stomatitisspace

  2. mukosaspace

  3. amandelspace

  4. simplexspace

  5. fibrinspace

Pembahasan Soal:

Teks di atas memuat kesalahan penulisan. Penulisan kata yang SALAH pada bacaan di atas adalah kata simplex. Kata simplex merupakan bentuk kata asing yang belum diserap ke dalam bahasa Indonesia. Kata tersebut sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia dengan cara adaptasi. Pada proses unsur serapan adaptasi, huruf x diganti dengan huruf ks sehingga perbaikan kata simplex adalah simpleks.
 

Sementara itu, kata stomatitis, mukosa, amandel, dan fibrin sudah sesuai kaidah penulisan bahasa Indonesia.

Menurut KBBI, kata stomatitis memiliki makna ‘peradangan mulut’. Kata mukosa memiliki makna ‘lapisan jaringan yang membatasi rongga saluran cerna dan saluran napas; selaput lendir’. Kata amandel memiliki makna ‘alat tubuh menyerupai kelenjar yang terdapat di kiri kanan tekak (ada dua buah)’. Kata fibrin memiliki makna ‘protein berserat yang tidak larut, terbentuk dari fibrinogen melalui aksi trombin khususnya dalam pembekuan darah’.
 

Berdasarkan penjelasan tersebut, penulisan kata yang SALAH pada bacaan di atas adalah simplex.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 02 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku adalah ....

0

Roboguru

Penulisan bilangan dengan huruf yang tepat ditemukan dalam kalimat-kalimat berikut, KECUALI …

0

Roboguru

Ejaan pada kalimat di atas menjadi benar dan sesuai dengan pedoman EYD jika diperbaiki dengan cara ....

0

Roboguru

Kalimat manakah yang salah satu katanya ditulis secara tidak tepat?

0

Roboguru

Apakah kata serapan di bawah ini penulisannya sudah benar? berilah tanda centang (✓) jika kata tersebut sudah tepat penulisannya! __sentral

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved