Roboguru

Perhatikan tabel di bawah ini ! Berdasarkan tabel di atas, senyawa yang berikatan kovalen polar adalah....

Pertanyaan

Perhatikan tabel di bawah ini !

Berdasarkan tabel di atas, senyawa yang berikatan kovalen polar adalah....space

  1. P space

  2. Qspace

  3. R dan S space

  4. P, R, dan Sspace

  5. Q, R, dan Sspace

Pembahasan Soal:

Dari tabel di atas dapat dijelaskan bahwa senyawa/ ikatan ion dalam bentuk lelehan dan larutan dapat menghantarkan listrik karena adanya reaksi ionisasi yang menghasilkan kation dan anion. Senyawa/ Ikatan kovalen polar dalam bentuk larutan yang dapat menghantarkan listrik. Maka, pada senyawa ion dan kovalen polar disebut elektrolit. Sedangkan ikatan kovalen non polar dalam bentuk padatan, lelehan dan larutan tidak dapat menghantarkan listrik. Sehingga senyawa / ikatan non polar disebut non elektrolit.

Berdasarkan penjelasan diatas, senyawa yang berikatan kovalen polar adalah R dan S.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa NaCl padat tidak dapat menghantarkan listrik, tetapi NaCl cair dan larutan NaCl dapat menghantarkan listrik?

Pembahasan Soal:

Untuk menghasilkan listrik dari NaCl, garam perlu dilarutkan dulu ke dalam air menjadi larutan atau dipanaskan agar menjadi lelehan. Jika NaCl dalam bentuk lelehan atau larutan, lelehan dan larutan garam tersebut akan menjadi ion-ion yang bergerak bebas, ion yang bergerak bebas tersebut dapat menghantarkan arus listrik. NaCl memiliki derajat ionisasi 1, yang berarti NaCl termasuk larutan elektrolit kuat sehingga terionisasi dengan sempurna. Dalam padatannya, ion-ion dalam NaCl tidak bergerak bebas sehingga tidak dapat menghantarkan listrik/

 

Jadi,  ion NaCl yang bergerak bebas dapat menghantarkan arus listrik. 

Roboguru

Tabel data sifat fisik beberapa senyawa sebagai berikut:   Senyawa A, B, dan C berturut-turut berikatan ...

Pembahasan Soal:

Berikut disajikan tabel perbedaan senyawa dengan ikatan ionik, kovalen polar dan kovalen non polar berdasarkan daya hantar listrik dan titik didihnya:

 

Ikatan hidrogen adalah ikatan antarmolekul, antara atom H yang terikat pada unsur O, N, atau F dengan unsur O, N, atau F pada molekul lain. Senyawa yang memiliki ikatan antar atom H dengan atom O, N, dan F merupakan senyawa kovalen karena semua unsur tersebut adalah nonlogam. Adanya ikatan hidrogen membuat titik didih senyawa tersebut tinggi.

Dari tabel data fisik yang ada di soal dapat disimpulkan bahwa senyawa A berikatan ionik, senyawa B mempunyai ikatan kovalen polar, dan senyawa C berikatan kovalen non polar.


Jadi, tidak ada pilihan jawaban yang benar.

Roboguru

Di antara pasangan senyawa berikut, yang dalam keadaan padat tidak menghantarkan listrik, tetapi dalam keadaan cair dan larutan dapat menghantarkan listrik adalah ...

Pembahasan Soal:

Senyawa yang dalam keadaan padat tidak menghantarkan listrik, tetapi dalam keadaan cair dan larutan dapat menghantarkan listrik adalah KCl dan NaCl. 

Karena KCl dan NaCl adalah senyawa ion. Senyawa ion (ikatan ion) yaitu senyawa yang terbentuk dari logam dan non logam yang berikatan ion. Dalam bentuk padatan (solid), senyawa ion tidak dapat menghantarkan arus listrik karena ion – ionnya tidak dapat bergerak bebas disebabkan terperangkap dalam bentuk padatan atau kristal yang terikat kuat dan rapat. Sedangkan dalam bentuk lelehan (liquid) dapat menghantarkan listrik karena ion – ion nya dapat bergerak bebas.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Tuliskan perbedaan larutan elektrolit senyawa ion dan larutan elektrolit senyawa kovalen !

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik karena adanya ion-ion yang dapat bergerak bebas. Senyawa ion memiliki ikatan ion, dalam bentuk lelehan dan larutan,  dapat terionisasi sempurna menghasilkan ion-ion yang dapat bergerak bebas. Oleh sebab itu, larutan yang bersumber dari senyawa ionik dapat  menghantarkan arus listrik dengan baik dan termasuk ke dalam larutan elektrolit kuat.

Senyawa kovalen memiliki ikatan kovalen. Berdasarkan kepolarannya, senyawa kovalen terbagi menjadi senyawa kovalen polar dan senyawa kovalen non polar. Senyawa kovalen polar dalam bentuk larutannya dapat terionisasi sempurna atau terionisasi sebagian menjadi ion-ionnya sehingga dapat menghantarkan arus listrik. Apabila senyawanya terionisasi sempurna maka akan dihasilkan larutan elektrolit kuat, sedangkan bila senyawanya terionisasi sebagian maka akan dihasilkan larutan elektrolit lemah.

Jadi, perbedaan larutan elektrolit senyawa ion dan senyawa kovalen adalah seperti uraian di atas.

Roboguru

Suatu larutan dapat menghantarkan listrik bila larutan tersebut mengandung ....

Pembahasan Soal:

Suatu senyawa dapat menghantarkan arus listrik jika terpadat ion-ion yang dapat bergerak bebas, yang nantikan akan berikatan satu dengan yang lain. Maka jawaban yang tepat adalah D. Suatu larutan dapat menghantarkan listrik bila larutan tersebut mengandung ion-ion yang bergerak bebas.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved