Roboguru

Perhatikan tabel dan pernyataan-pernyataan berikut! Tabel berikut menunjukkan hasil sebuah eksperimen untuk membandingkan kualitas air yang diambil dari dua tempat, yaitu P dan Q. Sampel Air Daerah P Daerah Q Waktu yang dibutuhkan larutan metilen biru untuk berubah menjadi tidak berwarna (menit) 65 35 P: Sampel air yang diperoleh dari daerah P lebih tercemar. Q: Sampel air yang diperoleh dari daerah P memiliki nilai BOD yang rendah. R: Sampel air yang diperoleh dari daerah P mengandung mikroorganisme lebih sedikit. S: Semakin lambat proses penghilangan warna larutan metilen biru, semakin tinggi nilai BOD dari sampel air. Pernyataan yang menjelaskan hasil eksperimen ditunjukkan oleh ...

Pertanyaan

Perhatikan tabel dan pernyataan-pernyataan berikut!

Tabel berikut menunjukkan hasil sebuah eksperimen untuk membandingkan kualitas air yang diambil dari dua tempat, yaitu P dan Q.

Sampel Air Daerah P Daerah Q
Waktu yang dibutuhkan larutan metilen biru untuk berubah menjadi tidak berwarna (menit) 65 35

P: Sampel air yang diperoleh dari daerah P lebih tercemar.

Q: Sampel air yang diperoleh dari daerah P memiliki nilai BOD yang rendah.

R: Sampel air yang diperoleh dari daerah P mengandung mikroorganisme lebih sedikit.

S: Semakin lambat proses penghilangan warna larutan metilen biru, semakin tinggi nilai BOD dari sampel air.

Pernyataan yang menjelaskan hasil eksperimen ditunjukkan oleh ... space 

  1. Q and Rspace

  2. P and Qspace 

  3. P and Sspace 

  4. P and Rspace

  5. Q and Sspace 

Pembahasan Soal:

Perubahan warna air dipengaruhi oleh jumlah kadar O2 yang terdapat dari masing-masing jenis air. Hal ini dikarenakan, adanya aktivitas mikroba yang berada di perairan tersebut. O2 yang terlarut dalam air akan diserap oleh mikroorganisme untuk mendegradasi bahan buangan organik. Jadi, makin tinggi aktivitas mikroba menguraikan bahan organik, maka semakin cepat kandungan O2 dalam air habis. Metilen biru adalah indikator terhadap kandungan O2 yang terlarut dalam air dengan cara memberikan indikator warna biru pada air jika masih terdapat O2. Jadi, dengan adanya metilen biru kita bisa mengamati kandungan oksigen yang terlarut dalam air. Sehingga apabila warna biru dari metilen biru pada air makin jelas berarti kandungan O2 makin banyak. Namun apabila warna birunya memudar, maka kandungan O2 semakin berkurang. 

Pada daerah P memerlukan waktu 65 menit, sedangkan pada daerah Q memerlukan waktu 35 menit untuk air berubah menjadi tidak berwarna. Hal ini mengindikasikan bahwa, daerah P memiliki kualitas air yang lebih baik daripada daerah Q. Jumlah O2 yeng terlarut dalam air pada daerah P lebih banyak dibandingkan pada daerah Q. Sehingga air yang diperoleh dari daerah P memiliki nilai BOD yang rendah dan mengandung mikroba yang lebih sedikit.  Pernyataan yang tepat menjelaskan hasil eksperimen ditunjukkan oleh Q dan R.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Yumna

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perairan yang berada di suatu daerah diduga telah tercemar. Oleh karena itu, diperlukan uji kualitas air untuk membuktikan dugaan tersebut. Hasil uji kualitas air yang dapat menunjukkan bahwa telah te...

Pembahasan Soal:

Suatu perairan dikatakan tercemar adalah masuknya bahan-bahan pencemar atau polutan yang masuk ke dalamnya. Bahan pencemar seperti Hg, Pb, As, dan Cr dapat dibuktikan melalui uji kualitas air. Semakin banyak kadar DO justeru semakin bagus kualitas airnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Suatu lingkungan dikatakan sudah tercemar bila ….

Pembahasan Soal:

Pencemaran lingkungan adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi ataupun komponen yang lain ke dalam lingkungan dan bisa menyebabkan berubahnya tatanan yang sudah ada sebelumnya. Pencemaran lingkungan akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas udara sampai satu batas tingkatan tertentu yang mengakibatkan lingkungan tersebut menjadi kurang dan tidak dapat berfungsi kembali sesuai dengan tatanannya.

National Geographic juga menyebutkan pencemaran lingkungan sebagai masuknya suatu zat atau bahan berbahaya ke dalam sebuah lingkungan. Bahan yang berbahaya tersebut disebut juga sebagai polutan. Polutan tersebut bisa merusak kualitas lingkungan di sekitarnya mencakup dari air, udara hingga tanah. Jika pencemaran lingkungan terjadi maka dapat dipastikan seluruh makhluk hidup yang ada akan bisa terganggu kesehatannya.

Suatu lingkungan dikatakan tercemar bila jumlah atau kadar polutan melebihi ambang batas, sehingga menyebabkan menurunnya kualitas atau daya dukung lingkungan dan terganggungnya kehidupan makhluk hidup. Padahal perubahan lingkungan dapat mempengaruhi kehidupan manusia dan memicu bencana alam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pencemaran air sungai dan danau sangatlah merugikan karena dapat memusnahkan sumber daya alam biotik yang ada di dalamnya. Salah satu sumber pencemaran air berasal dari limbah rumah tangga, seperti pl...

Pembahasan Soal:

Daur ulang adalah proses penggunaan kembali material menjadi produk yang berbeda. Daur ulang limbah rumah tangga berguna untuk mengurangi jumlah limbah rumah tangga yang dapat mencemari lingkungan. Material seperti plastik, karet dan kaleng merupakan material yang sulit terurai di alam. Untuk itu, perlunya mendaur ulang limbah tersebut dan tidak mengubur, membakar atau membuangnya ke laut.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Manusia yang mengonsumsi ikan yang tercemar merkuri dari kegiatan penambangan emas akan mengalami penyakit . . . .

Pembahasan Soal:

Limbah Industri ini cendrung mengandung logam berat, diantaranya, merkuri. Logam berat ini terakumulasi dalam tubuh ikan, jadilah ikan yang tercemar merkuri. Ikan ini akan dikonsumsi manusia dan menimbulkan penyakit yang disebut Minamata. Penyakit ini pernah terjadi di Jepang, yang disebabkan warga mengkonsumsi ikan mengandung limbah merkuri di Teluk Minamata.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Jelaskan jenis pencemaran yang terjadi pada gambar tersebut.

Pembahasan Soal:

Pencemaran merupakan masuknya bahan pencemar (polutan) ke dalam lingkungan sehingga menyebabkan keseimbangan lingkungan terganggu. Pencemaran lingkungan terdiri dari pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, dan pencemaran suara. Pada gambar terlihat perairan yang berwarna coklat. Jenis pencemaran yang terjadi pada gambar merupakan pencemaran air. Pencemaran air merupakan masuknya polutan ke dalam lingkungan perairan. Polutan dapat berupa limbah industri, rumah tangga, dan pertanian. Contoh polutan yang dapat mencemari air yaitu deterjen dan pestisida. Dampak dari pencemaran air adalah :

  1. Timbulnya endapan, koloid, dan bahan terlarut. Endapan, koloid, dan bahan terlarut berasal dari bahan buangan industri, obat-obatan, dan pupuk pertanian. Bahan-bahan tersebut dapat menghalangi cahaya masuk ke perairan sehingga fotosintesis tumbuhan air terganggu.
  2. Perubahan tingkat keasaman (pH). Derajat pH optimal untuk kehidupan organisme antara 6,5-7,5. Jika perairan tercemar, maka pH akan berubah menjadi di bawah 6,5 atau di atas 7,5.
  3. Perubahan warna, bau, dan rasa. Syarat air yang dapat digunakan manusia adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Dengan adanya limbah di perairan, maka perairan akan menjadi berwarna, berbau, dan berasa.
  4. Eutrofikasi, yaitu penumpukan nutrien di lingkungan perairan akibat adanya limbah pertanian dan peternakan sehingga menyebabkan melimpahnya tumbuhan air.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved