Roboguru

Perhatikan tabel berikut ini! Berdasarkan tabel tersebut, isi dari perjanjian Perjanjian Renville berada pada kolom ...

Pertanyaan

Perhatikan tabel berikut ini!

Berdasarkan tabel tersebut, isi dari perjanjian Perjanjian Renville berada pada kolom ...

  1. 1 dan 2

  2. 2 dan 4

  3. 3 dan 5

  4. 3 dan 6

Pembahasan Soal:

Berikut adalah pokok-pokok isi perjanjian Renville, yaitu:

  1. Belanda akan tetap berdaulat hingga terbentuknya RIS atau Republik Indonesia Serikat.
  2. RIS atau Republik Indonesia Serikat memiliki kedudukan sejajar dengan Uni Indonesia Belanda.
  3. Belanda dapat menyerahkan kekuasaanya ke pemerintah federal sementara, sebelum RIS terbentuk.
  4. Negara Republik Indonesia akan menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat.
  5. Enam bulan sampai satu tahun, akan diadakan pemilihan umum (pemilu) dalam pembentukan Konstituante RIS.
  6. Setiap tentara Indonesia yang berada di daerah pendudukan Belanda harus berpindah ke daerah Republik Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini termasuk peristiwa perlawanan rakyat secara fisik terhadap Belanda yang berusaha menjajah Indonesia kembali, kecuali....

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, seluruh negara jajahan Jepang di Asia Tenggara diambil alih oleh pasukan Sekutu yaitu AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). Tugas AFNEI adalah menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang, membebaskan tentara Sekutu yang ditahan Jepang, melucuti serta mengumpulkan orang-orang Jepang untuk dipulangkan ke negerinya. Kedatangan tentara Sekutu ternyata juga disertai dengan kedatangan NICA (Netherland Indies Civil Administration) yang bertujuan ingin kembali menegakkan kekuasaan Belanda di Indonesia. Tentara AFNEI bersama NICA sampai ke Indonesia pertama kali pada tanggal 16 September 1945 di Tanjung Priok. Kemudian, Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kemerdekaan. Secara umum ada dua bentuk strategi perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda, yaitu:

  1. Perjuangan bersenjata, perjuangan ini dilakukan secara fisik dengan kekuatan bersenjata . Contohnya adalah Pertempuran Medan Area, Pertempuran Ambaraawa, Pertempuran Surabaya, Peristiwa Merah Putih di Manado, Pertempuran di Bandung, Pertempuran Margarana, dan Perlawanan Rakyat di Makasar.
  2. Perjuangan melalui diplomasi, perjuangan ini dilakukan dengan perundingan untuk menyelesaikan masalah. Upaya dengan melakukan perundingan dianggap lebih efektif karena tidak memakan banyak korban jiwa. Contohnya adalah Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville, Perjanjian Roem-Royen dan Konferensi Meja Bundar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Mengapa hasil perjanjian Renville dianggap merugikan Republik Indonesia?

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 21 Juli 1947 tentara Belanda melancarkan Agresi militer besar-besaran. Beberapa daerah dan kota diserbu dan diduduki. Hanya intervensi PBB yang menghentikan, kembali kemeja perindungan. Kedua belah pihak yang bersengketa kembali berunding. Perdana Menteri Amir Sjarifudin yang menggantikan Sjahrir, memimpin delegasi Republik berunding di kapal Renville milik Tentara Amerika yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Periuk Pada tanggal 17 Januari 1948. Hasil perundingan Renville dianggap sangat merugikan Republik Indonesia. Adapun hasilnya yaitu Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatera sebagai wilayah RI; disetujui garis demarkasi antara wilayah RI dan daerah pendudukan Belanda; serta TNI harus ditarik mundur dari daerah kantongnya di wilayah pendudukan Belanda di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Dengan demikian, hasil perjanjian Renville dianggap merugikan karena semakin mempersempit wilayah Republik Indonesia dan tentara RI harus berada di luar garis Van Mook .

Roboguru

Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah ......

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyatakan menyerah kepada pihak Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945, Indonesia berada dalam situasi kekosongan kekuasaan atau Vacum of Power. Jepang kemudian menyatakan bahwa pemerintahan diberikan kepada pihak sekutu bukan kepada pihak Indoneisa sehingga saat itu Indonesia harus menunggu sekutu datang untuk bisa menjalankan pemerintahan. 

pada tanggal 29 September 1945 sekutu mendarat di Tanjung Priok dan dilanjutkan pada akhir Oktober 1945 dengan memasuki 3 pelabuhan utama di pulau Jawa meliputi jakarta, Semarang, dan Surabaya. Kedatangan sekutu ternyata tidak sendirian mereka datang bersama dangan NICA. 

NICA datang ke Indonesia secara terang-terangan bertujuan untuk menegakakan kembali kekuasaan Belanda, adapun usaha tersebut dilakukan dengan membuat negara boneka yang dibentuk melalui Van Mook antara tahun 1946-1949. Adapun negara boneka buatan Belanda yaitu Negara Indonesia Timur (NIT), Negara Sumatera Timur, Negara Pasundan, Negara Madura, Negara Sumatera Selatan, dan Negara Jawa Timur. 

Belanda melakukan segala cara untuk kembali menguasai semua kawasan Indonesia dengan bantuan tentara sekutu. Akhirnya mereka membuat sebuah negara boneka dengan tujuan utama memecah belah persatuan bangsa Indonesia sehingga mudah untuk dikuasai lagi oleh Belanda 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.  space 

Roboguru

Salah satu kesepakatan dalam perjanjian linggajati adalah Belanda mengakui secara de fakto wilayah Republik Indonesia yaitu Sumatera, Jawa dan madura. Walaupun wilayah Indonesia semakin sempit bangsa ...

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa dampak yang ditimbulkan akibat kesepakatan dalam perundingan Linggarjati tersebut. Dampak positif perjanjian Linggarjati bagi Indonesia adalah pemerintah Indonesia mendapat pengakuan secara de facto dari pihak Belanda. Namun ada juga dampak negatifnya yaitu wilayah Indonesia menjadi semakin sempit karena yang diakui hanya wilayah Jawa, Madura dan Sumatera saja. Sebelumnya juga terjadi pro-kontra terkait perundingan ini. Beberapa partai nasional mengkritik pemerintah karena mau menandatangani perundingan ini dan menuding bahwa pemerintahan Indonesia lemah untuk mempertahankan kedaulatan negara Indonesia. Namun pemerintah memberi alasan kenapa mau menyetujui isi perjanjian Linggarjati tersebut yaitu memilih cara damai untuk menyelesaikan konflik untuk menghindari jatuhnya korban dan menarik simpati dunia internasional. Perdamaian dengan gencatan sejata juga dapat memberi peluang bagi pasukan militer Indonesia untuk melakukan berbagai hal diantaranya dalah konsolidasi.

Dengan demikian, Perjanjian Linggarjati disebut sebagai perjuangan diplomasi pertama yang dilakukan Indonesia saat Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda. Perjanjian Linggarjati memiliki dampak positif dan negatif.

Berikut ini dampak positif :

  1. Indonesia mendapat pengakuan dari Belanda atas wilayah De facto. Belanda mengakui kedaulatan Indonesia atas wilayah De facto yang telah ditentukan. Ini merupakan hal yang positif, karena Indonesia telah diakui kedaulatannya oleh Belanda.
  2. Indonesia mulai mendapatkan pengakuan dari negara lain. Bangsa - bangsa lain ikut memperhatikan permasalahan yang dihadapi Indonesia dan diakui keberadaannya oleh negara-negara lain di dunia.

Berikut ini dampak negatif :

  1. Belanda dapat kembali membangun kekuatan di Indonesia. Perjanjian Linggarjati menyatakan bahwa Bangsa Indonesia resmi tergabung dalam RIS dengan kepala uni Belanda. Karena kepala uni di tangan Belanda, Belanda dapat sewaktu-waktu membangun kembali kekuatannya.
  2. Banyak pertentangan di antara rakyat Indonesia. Banyak rakyat Itu menentang perjanjian itu dan berlanjut mengadakan perlawanan, seperti di Bali yang mengadakan perang Puputan Margarana (Perang habis-habisan) untuk menentang isi perjanjian ini. Partai seperti PNI, Partai Masyumi, Partai Rakyat Indonesia, dan Partai Rakyat Jelata ikut menentangnya.
  3. Ditariknya dukungan terhadap Sutan Syahrir. Sutan Syahrir dianggap memberikan konsesi bagi Belanda sehingga sebagian besar anggota partai Sosialis menarik dukungannya terhadap Sutan Syahrir.
Roboguru

Perhatikan nama-nama berikut ini ! Moh.Hatta. Presiden Sukawati. Wali Negara Tengku Mansyur.   Berdasarkan nama-nama di atas, tokoh yang terlibat pada Konferensi Segitiga adalah ....

Pembahasan Soal:

Rakyat Indonesia pada umumnya menginginkan bentuk negara kembali pada bentuk negara kesatuan. Akibat kuatnya desakan rakyat, dilaksanakan Konferensi Segitiga pada 8 April 1950 antara Perdana Menteri Hatta (RIS), Presiden Sukawati (NIT) dan Wali Negara Tengku Mansyur (NST).

Konferensi Segitiga menghasilkan kesepakatan.

  1. Kesediaan bersama untuk membentuk negara kesatuan yang berdasarkan pada proklamasi 17 Agustus 1945.
  2. Penyempurnaan konstitusi RIS dengan memasukan bagian-bagian penting dan UUD RI tahun 1945.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C. space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved