Roboguru

Perhatikan persamaan reaksi: . Zat memiliki partikel-partikel penyusun yang dapat berupa molekul, ion, dan atom. Untuk setiap zat tersebut, tuliskan jenis partikel penyusunnya.

Perhatikan persamaan reaksi: 


begin mathsize 14px style Sr H subscript 2 open parentheses italic s close parentheses and H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses yields Sr open parentheses O H close parentheses subscript 2 left parenthesis italic s right parenthesis plus 2 H subscript 2 open parentheses italic g close parentheses end style.


Zat memiliki partikel-partikel penyusun yang dapat berupa molekul, ion, dan atom. Untuk setiap zat tersebut, tuliskan jenis partikel penyusunnya.undefined 

Jawaban:

    Pengertian dari molekul, ion, dan atom adalah sebagai berikut:

  • Molekul merupakan spesi netral yang tersusun dari dua atau lebih atom yang saling berikatan melalui ikatan kimia.
  • Ion merupakan suatu atom atau molekul yang memiliki muatan listrik total tidak netral.
  • Atom merupakan bagian terkecil pada partikel yang tidak dapat dibagi lagi.

    Semua zat pada reaksi di atas pasti tersusun dari atom, karena atom adalah partikel terkecil yang dimiliki oleh setiap materi. 

    begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style dan undefined merupakan molekul, karena tersusun dari dua atau yang saling berikatan kimia (lebih tepatnya berikatan kovalen) dimana begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style adalah molekul senyawa karena tersusun dari dua unsur yang berbeda, sedangkan undefined adalah molekul unsur karena tersusun dari unsur yang sama.

    undefined dan undefined merupakan senyawa ion, tidak dikategorikan sebagai molekul karena terbentuk dari interaksi tarik-menarik antara ion positif dan negatif (ikatan ion). Ciri khas dari senyawa ion adalah terdapat unsur logam di dalamnya. Pada kedua senyawa tersebut, Sr termasuk dalam golongan unsur logam.


Jadi, semua zat tersusun oleh atom, partikel penyusun begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style dan undefined adalah molekul dan partikel penyusun undefined dan undefined adalah ion.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved