Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Hasil perkawinan makhluk hidup yang berlebihan memungkinkan terjadinya variasi pada makhluk hidup  Makhluk hidup berubah dari masa ke masa karena sudah di desain sebelum kemunculannya  Tingkat kesuksesan perkembangbiakan menentukan pertumbuhan populasi makhluk hidup  Makhluk hidup akan mewariskan sifat yang diperoleh dalam proses use and disuse  Terdapat beberapa faktor pembatas di alam yang mempengaruhi populasi  Pernyataan yang tepat mengenai penjelasan Darwin tentang seleksi alam sebagai salah satu mekanisme evolusi terdapat pada angka . . . .

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

  1. Hasil perkawinan makhluk hidup yang berlebihan memungkinkan terjadinya variasi pada makhluk hidup 
  2. Makhluk hidup berubah dari masa ke masa karena sudah di desain sebelum kemunculannya 
  3. Tingkat kesuksesan perkembangbiakan menentukan pertumbuhan populasi makhluk hidup 
  4. Makhluk hidup akan mewariskan sifat yang diperoleh dalam proses use and disuse 
  5. Terdapat beberapa faktor pembatas di alam yang mempengaruhi populasi 

Pernyataan yang tepat mengenai penjelasan Darwin tentang seleksi alam sebagai salah satu mekanisme evolusi terdapat pada angka . . . . space space 

  1. 2, 3, dan 5 space 

  2. 3, 4, dan 5 space 

  3. 2, 3, dan 4 space 

  4. 1, 3, dan 5 space 

  5. 1, 2, dan 3 space 

Pembahasan Soal:

Charles Darwin adalah tokoh yang sangat terkenal dalam kaitannya dengan evolusi. Darwin banyak mengemukakan gagasan gagasannya tentang evolusi. Karena pemikirannya tersebut, Darwin dikenal sebagai Bapak Evolusi.

Charles Darwin mengembangkan gagasan bahwa tiap-tiap spesies berkembang dari nenek moyang yang sama, dan pada tahun 1838, ia menjelaskan bagaimana proses yang ia sebut sebagai seleksi alam ini dapat mengakibatkan hal ini terjadi. Gagasan Darwin mengenai cara kerja evolusi bergantung pada pengamatan-pengamatan berikut:

  • Jika seluruh individu spesies berhasil bereproduksi, populasi spesies tersebut akan meningkat secara tidak terkendali.
  • Populasi cenderung tetap dari tahun ke tahun.
  • Sumber daya alam terbatas.
  • Tiada dua individu organisme suatu spesis yang persis mirip satu sama lainnya.
  • Kebanyakan variasi dalam suatu populasi dapat diwariskan kepada keturunan selanjutnya.

Darwin menyimpulkan oleh karena organisme menghasilkan keturunan yang lebih banyak daripada yang lingkungan dapat dukung, pastilah terdapat persaingan untuk bertahan hidup, dan hanya beberapa individu yang dapat bertahan hidup pada tiap generasi. Darwin menyadari bahwa keberlangsungan hidup tidaklah didasarkan pada kebetulan belaka. Namun, keberlangsungan hidup bergantung pada sifat-sifat tiap individu, dan sifat-sifat ini dapat membantu ataupun menghalangi keberlangsungan hidup dan reproduksi individu.

Individu yang beradaptasi dengan baik memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menghasilkan keturunan yang lebih banyak. Kemampuan beradaptasi yang tidak setara ini dapat menyebabkan perubahan perlahan dalam suatu populasi. Sifat-sifat yang membantu suatu organisme bertahan hidup dan bereproduksi akan berakumulasi dari generasi yang satu ke generasi selanjutnya.

Sebaliknya, sifat-sifat yang menghalangi keberlangsungan hidup dan reproduksi akan menghilang. Darwin menggunakan istilah seleksi alam untuk menjelaskan proses ini.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved