Perhatikan pernyataan berikut! Pemilik modal akan mendapatkan bunga modal pada akhir tahun. Pemerintah membeli barang-barang untuk keperluan kantor-kantor kementerian. Ibu Ani setiap hari belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bapak Budi menginvestasikan modal dalam suatu perusahaan. Tanah Pak Agung digunakan untuk usaha orang lain sehingga ia mendapatkan uang sewa setiap bulannya. Berdasarkan pernyataan tersebut, komponen pendapatan nasional jika dilihat berdasarkan pendekatan pengeluaran ditunjukkan oleh nomor ....

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Pemilik modal akan mendapatkan bunga modal pada akhir tahun.
  2. Pemerintah membeli barang-barang untuk keperluan kantor-kantor kementerian.
  3. Ibu Ani setiap hari belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  4. Bapak Budi menginvestasikan modal dalam suatu perusahaan.
  5. Tanah Pak Agung digunakan untuk usaha orang lain sehingga ia mendapatkan uang sewa setiap bulannya.

Berdasarkan pernyataan tersebut, komponen pendapatan nasional jika dilihat berdasarkan pendekatan pengeluaran ditunjukkan oleh nomor .... undefined 

  1. 1, 2, dan 3 undefined 

  2. 1, 3, dan 4 undefined 

  3. 2, 3, dan 4 undefined 

  4. 2, 4, dan 5 undefined 

  5. 3, 4, dan 5 undefined 

D. Lestari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 komponen pendapatan nasional menurut pendekatan pengeluaran adalah poin 2, 3, dan 4 yaitu pengeluaran pemerintah (G), konsumsi masyarakat (C), dan investasi (I). Jadi, jawaban yang tepat adalah poin C.  undefined 

Pembahasan

Jika diidentifikasi satu per satu, maka pernyataan dalam soal dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Pemilik modal akan mendapatkan bunga modal pada akhir tahun begin mathsize 14px style rightwards arrow end style Pendapatan bunga (i)
  2. Pemerintah membeli barang-barang untuk keperluan kantor-kantor kementerian begin mathsize 14px style rightwards arrow end style Pengeluaran pemerintah (G)
  3. Ibu Ani setiap hari belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari begin mathsize 14px style rightwards arrow end style Pengeluaran konsumsi masyarakat (C )
  4. Bapak Budi menginvestasikan modal dalam suatu perusahaan begin mathsize 14px style rightwards arrow end style Investasi (I)
  5. Tanah Pak Agung digunakan untuk usaha orang lain sehingga Ia mendapatkan uang sewa setiap bulannya begin mathsize 14px style rightwards arrow end style Pendapatan sewa tanah (r)

Menurut pendekatan pengeluaran, pendapatan nasional dapat dihitung dengan rumus Y = C + I + G + (X – M). Oleh karena itu, komponen pendapatan nasional menurut pendekatan pengeluaran adalah poin 2, 3, dan 4 yaitu pengeluaran pemerintah (G), konsumsi masyarakat (C), dan investasi (I). Jadi, jawaban yang tepat adalah poin C.  undefined 

198

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Salah satu komponen ekonomi yang berpengaruh terhadap metode penghitungan pendapatan nasional dengan metode pengeluaran adalah ….

160

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia