Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Memenuhi sebagian besar daerah sitoplasma Ada yang memiliki bintik-bintik di permukaannya Ada yang tidak memiliki ribosom di permukaannya Merupakan lipatan membran yang terbentang dari inti sampai ke membran sel Organel sel yang memiliki karakteristik berikut ini adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Memenuhi sebagian besar daerah sitoplasma
  2. Ada yang memiliki bintik-bintik di permukaannya
  3. Ada yang tidak memiliki ribosom di permukaannya
  4. Merupakan lipatan membran yang terbentang dari inti sampai ke membran sel

Organel sel yang memiliki karakteristik berikut ini adalah ....space 

  1. vakuolaspace 

  2. badan golgispace 

  3. mitokondriaspace 

  4. retikulum endoplasmaspace 

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pernyataan pada soal, maka organel yang dimaksud yaitu retikulum endoplasma.

Retikulum Endoplasma (RE) merupakan saluran berliku yang membentang dari inti sel menuju ke sitoplasma. Ada dua tipe RE, yaitu RE kasar (REK) dan halus (REH). Pada membran RE kasar, terdapat ribosom, sedangkan RE halus tidak ditempeli ribosom. RE berperan untuk membuat dan menyalurkan bahan-bahan yang di butuhkan oleh organel-organel sel. Fungsi REK adalah mendukung sintesis protein dan menyalurkan bahan genetik antara inti sel dengan sitoplasma. Sementara REH di permukaannya memiliki enzim-enzim yang berfungsi untuk sintesis lipid, glikogen, dan persenyawaan steroid, misalnya kolesterol, gliserida, dan hormon.

Fungsi organ yang terdapat pada pilihan jawaban yaitu :

  • Vakuola berarti ruangan sel. Pada tumbuhan yang sudah tua, vakuola berukuran besar dan berisi cadangan makanan. Sedangkan pada sel hewan, vakuola berukuran kecil. Pada protozoa, terdapat dua jenis vakuola, yaitu vakuola makanan yang berfungsi untuk berfungsi mencerna makanan dan vakuola kontraktil yang berfungsi mengeluarkan zat sisa dan mengatur keseimbangan air dalam sel.
  • Badan Golgi berbentuk seperti kumpulan kantong yang bertumpuk-tumpuk. Badan Golgi berperan untuk memodifikasi bahan-bahan yang dihasilkan oleh RE dan menyalurkannya ke organel-organel yang membutuhkan.
  • Mitokondria adalah organel bermembran yang berfungsi sebagai tempat resprasi seluler dan penghasil energi (energi dalam bentuk ATP).

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved