Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! hanya sejumlah makanan tertentu yang dapat dimakan oleh organisme trofik diatasnya beberapa bahan makanan yang sulit dicerna dibuang dalam keadaan masih mengandung energi kimia hanya sebagian energi kimia dalam bahan makanan yang dapat disimpan dalam sel dan sebagian lainnya untuk melakukan aktivitas hidup. Pernyataan tersebut diatas merupakan ciri dari piramida ....

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. hanya sejumlah makanan tertentu yang dapat dimakan oleh organisme trofik diatasnya
  2. beberapa bahan makanan yang sulit dicerna dibuang dalam keadaan masih mengandung energi kimia
  3. hanya sebagian energi kimia dalam bahan makanan yang dapat disimpan dalam sel dan sebagian lainnya untuk melakukan aktivitas hidup.

Pernyataan tersebut diatas merupakan ciri dari piramida ....space

  1. jumlahspace

  2. biomassaspace

  3. energispace

  4. ekologispace

  5. ekosistemspace

Pembahasan Soal:

Kehilangan energi dari suatu rantai makanan dapat digambarkan dalam bentuk piramida produktivitas atau piramida energi. Pada piramida energi, makin ke puncak tingkat trofik, makin sedikit energi yang tersimpan. Hal ini terjadi karena beberapa hal, yaitu:

  • hanya sejumlah makanan tertentu yang dapat dimakan oleh organisme trofik diatasnya
  • beberapa bahan makanan yang sulit dicerna dibuang dalam keadaan masih mengandung energi kimia
  • hanya sebagian energi kimia dalam bahan makanan yang dapat disimpan dalam sel dan sebagian lainnya untuk melakukan aktivitas hidup.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Budi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa kelemahan piramida jumlah dalam menggambarkan aliran energi yang terjadi dalam suatu ekosistem? Jelaskan jawaban Anda!

Pembahasan Soal:

Dalam rantai makanan dikenal tingkat trofik yang menggambarkan hubungan orgnanisme yang berbentuk piramida. Terdapat 3 macam piramida ekologi yaitu piramida jumlah individu, piramida biomassa, dan piramida energi.

Piramida jumlah adalah menunjukkan jumlah relatif organisme dalam suatu rantai makanan dengan memperhitungkan hubungan antara predator dan mangsanya. Ini disusun berdasarkan jumlah organismenya bukan pada ukuran tubuh organismenya.

Kelemahan piramida jumlah adalah tidak memperhatikan ukuran tubuh organisme maka bentuk piramida tidak proposional. Misalnya pada ekosistem akuatik 1m2 bisa terdapat jutaan plankton sebagai produsen namun di ekosistem darat 1m2  hanya cukup ditempati oleh 1 tumbuhan.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar dibawah ini. Piramida tersebut merupakan piramida?

Pembahasan Soal:

Piramida energi adalah gambaran bagaimana energi mengalir dalam sebuah ekosistem, dari tingkat trofik satu ke yang lainnya. Matahari adalah sumber energi terbesar bagi semua makhluk hidup. Dimulai dari produsen, energi akan mengalir ke konsumen pertama, konsumen kedua dan akhirnya konsumen ketiga. 

Hal penting yang harus diperhatikan dari perpindahan energi adalah tidak semua energi diteruskan ke tingkat trofik yang lebih tinggi. Faktanya, hanya sekitar 10 persen yang diteruskan organisme selanjutnya. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.  

0

Roboguru

Perhatikan piramida ekologi berikut! Jika populasi tingkat II punah, akan mengakibatkan populasi tingkat ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan soal tersebut, diketahui bahwa populasi tingkat I adalah padi, populasi tingkat II adalah tikus, populasi tingkat III adalah ular dan populasi tingkat IV adalah elang. Jika populasi tingkat II (tikus) punah, maka populasi tingkat I (padi) akan meningkat karena tikus tidak lagi memakannya. Sedangkan populasi tingkat III (ular) akan kehilangan makanannya, begitu juga dengan populasi tingkat IV, sehingga populasi III dan IV akan menurun.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.space

0

Roboguru

Jika produsen/tumbuhan bisa menyerap energi cahaya matahari sebesar 5.000.000 kkal, dan setiap perpindahan energi yang dapat digunakan oleh taraf trofik berikutnya hanya 10%, berapa besar energi yang ...

Pembahasan Soal:

Pemindahan (transfer) energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya melalui peristiwa makan dan dimakan yang disebut rantai makanan. Secara umum, akan terjadi penurunan energi pada tiap tahap tingkatan trofik. Jumlah total energi pada setiap tingkatan trofik ke arah konsumen puncak akan semakin kecil. Konsumen hanya mampu memanfaatkan 10% energi yang diperoleh dari organisme yang berada pada tingkat trofik di bawahnya karena sebagian besar energi terbuang sebagai panas.

Apabila produsen/tumbuhan bisa menyerap energi cahaya matahari sebesar 5.000.000 kkal, maka energi yang dapat dimanfaatkan oleh burung sebagai konsumen ke II yaitu :

begin mathsize 14px style D i k e t a h u i space E n e r g i space p a d a space p r o d u s e n space equals space 5.000.000 space k k a l  E n e r g i space p a d a space k o n s u m e n space t i n g k a t space I space y a i t u space colon 10 percent sign space cross times space 5.000.000 space k k a l space equals space 500.000 space k k a l  E n e r g i space p a d a space k o n s u m e n space t i n g k a t space I I space y a i t u space colon 10 percent sign space cross times space 500.000 space k k a l space equals space 50.000 space k k a l end style  

Dengan demikian burung sebagai konsumen tingkat II dapat memanfaatkan energi sebesar 50.000 kkal.space 

0

Roboguru

Gambaran suatu perbandingan antara produsen, konsumen 1, konsumen 2, konsumen 3, dan seterusnya, semakin ke puncak biomassanya semakin kecil disebut ...

Pembahasan Soal:

Piramida Makanan adalah suatu piramida yang menggambarkan perbandingan komposisi jumlah biomassa dan energi dari produsen sampai konsumen puncak dalam suatu ekosistem. Komposisi biomassa terbesar terdapat pada produsen yang menempati dasar piramida. Demikian pula jumlah energi terbesar terdapat pada dasar piramida. Komposisi biomassa dan energi ini semakin ke atas semakin kecil karena selama proses perpindahan energi terjadi penyusutan jumlah energi pada setiap tingkat trofik. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved