Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Perubahan faktor demografi, yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk (2) Penemuan-penemuan baru, baik ide-ide baru atau alat-alat baru (3) Pertentangan kelompok aliran agama tertentu (4) Perang dan pengaruh kebudayaan masyarakat (5) Perubahan lingkungan alam karena bencana alam Yang merupakan faktor internal penyebab perubahan masyarakat adalah ….

Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Perubahan faktor demografi, yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk

(2) Penemuan-penemuan baru, baik ide-ide baru atau alat-alat baru

(3) Pertentangan kelompok aliran agama tertentu

(4) Perang dan pengaruh kebudayaan masyarakat

(5) Perubahan lingkungan alam karena bencana alam

Yang merupakan faktor internal penyebab perubahan masyarakat adalah ….

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (3), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

P. Nabilah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Perubahan sosial masyarakat didukung oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam kelompok masyarakat tersebut. Misalnya perubahan demografi berupa bertambahnya atau berkurangnya jumlah penduduk. Perubahan demografi bisa memengaruhi banyak hal. Misalnya, perubahan Kota Cimahi dari kota yang sepi menjadi sangat padat dan ramai karena bertambahnya jumlah penduduk sebagai akibat dari urbanisasi. Faktor internal lainnya adalah penemuan baru yang menjadi inovasi masyarakat. Contohnya seperti sekarang ini, kita menjadi sangat bergantung pada teknologi telepon genggam dan internet. Hal ini membuat perubahan, seperti mulai munculnya inovasi belanja online melalui aplikasi yang memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya tanpa perlu pergi langsung ke toko. Faktor internal lainnya adalah pertentangan atau konflik lintas masyarakat. Kondisi ini bisa memengaruhi interaksi antarkelompok di masyarakat.

Perubahan sosial masyarakat didukung oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam kelompok masyarakat tersebut. Misalnya perubahan demografi berupa bertambahnya atau berkurangnya jumlah penduduk. Perubahan demografi bisa memengaruhi banyak hal. Misalnya, perubahan Kota Cimahi dari kota yang sepi menjadi sangat padat dan ramai karena bertambahnya jumlah penduduk sebagai akibat dari urbanisasi. Faktor internal lainnya adalah penemuan baru yang menjadi inovasi masyarakat. Contohnya seperti sekarang ini, kita menjadi sangat bergantung pada teknologi telepon genggam dan internet. Hal ini membuat perubahan, seperti mulai munculnya inovasi belanja online melalui aplikasi yang memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya tanpa perlu pergi langsung ke toko. Faktor internal lainnya adalah pertentangan atau konflik lintas masyarakat. Kondisi ini bisa memengaruhi interaksi antarkelompok di masyarakat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

153

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Perubahan faktor demografi, yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk (2) Penemuan-penemuan baru, baik ide-ide baru atau alat-alat baru (3) Pertentangan kel...

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia