Roboguru

Perhatikan matriks di bawah ini !   Berdasarkan matriks diatas yang merupakan kebijakan moneter untuk mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan matriks di bawah ini !


 


Berdasarkan matriks diatas yang merupakan kebijakan moneter untuk mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat adalah .... space space 

  1. A1, B1, dan C1 space space 

  2. A1, B1, dan C2 space space 

  3. A2, B2, dan C3 space space 

  4. A2, B3, dan C2 space space 

  5. A3, B3, dan C3 space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Untuk mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat dapat dilakukan dengan menggunakan kebijakan moneter, seperti:

  1. Bila bank sentral menjual SBI, maka akan mengurangi jumlah uang beredar untuk mengatasi inflasi. Ketika SBI dibeli oleh masyarakat, maka uang akan diterima bank sentral, akibatnya dapat mengurangi jumlah uang beredar.

  2. Bila bank sentral menaikkan suku bunga akan berakibat mengurangi jumlah uang yang beredar untuk mengatasi inflasi. Jadi, ketika suku bunga dinaikkan maka masyarakat akan lebih tertarik untuk menabung di bank, karena akan mendapatkan bunga yang lebih besar. Karena masyarakat berbondong-bondong menabung, maka uang yang bererdar akan berkurang, karena uangnya disimpan di bank.

  3. Bila bank sentral menaikkan cadangan kas maka akan mengurangi jumlah uang beredar untuk mengatasi inflasi. Akibatnya bank umum harus menahan uang lebih banyak sebagai cadangan, jumlah uang yang beredar dapat dikurangi.

  4. Kredit Ketat adalah kebijakan bank sentral untuk mengurangi jumlah uang yang beredar untuk mengatasi inflasi, maksudnya adalah syarat pemberian yang ketat akan mengurangi jumlah masyarakat atau pengusaha yang bisa memperoleh kredit, karena kesulitan dalam memperoleh kredit dengan syarat-syarat yang dipersulit. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban A.  space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved