Roboguru

Perhatikan masalah sosial berikut!   Tindak perampokan toko mas.   Diakuinya nasi lemang sebagai masakan khas Malaysia.   Kasus korupsi yang dilakukan pejabat.   BNN melakukan penyuluhan di sekolah- sekolah.   Masalah sosial yang muncul akibat pengaruh faktor sosial adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan masalah sosial berikut!  space space

  1. Tindak perampokan toko mas.  undefined
  2. Diakuinya nasi lemang sebagai masakan khas Malaysia.  undefined
  3. Kasus korupsi yang dilakukan pejabat.  undefined
  4. BNN melakukan penyuluhan di sekolah- sekolah.  undefined

Masalah sosial yang muncul akibat pengaruh faktor sosial adalah ....

  1. 1 dan 2  

  2. 1 dan 3  

  3.  2 dan 3  

  4. 2 dan 4

  5. 3 dan 4  

Pembahasan Soal:

Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang terlahir dari sebuah keadaan masyarakat yang tidak ideal. Kehidupan masyarakat selalu mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam proses tersebut terkadang muncul kondisi yang tidak diharapkan atau tidak seharusnya terjadi.   

Faktor sosial berkaitan dengan masalah sosial yang dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Ketidaksesuaian pada pola masyarakat maupun terkait dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. space space

Diakuinya nasi lemang sebagai masakan khas Malaysia merupakan salah satu contoh bahwa kebudayaan yang semakin berkembang pada masyarakat dapat memicu permasalahan sosial. Makanan khas merupakan ciri suatu daerah, akibat adanya kepentingan sosial yang menyangkut proses perubahan ini. Bisa saja diakui kepemilikannya, oleh karenanya sebagai masyarakat kita harus peka terhadap apa yang sedang terjadi. 

Korupsi, merupakan masalah sosial yang timbul karena beberapa faktor salah satunya kepentingan individu/kelompok untuk memperoleh tujuannya. Dimana pola berubah dan tidak mengindahkan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, juga kepentingan masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved