Roboguru

Perhatikan lebih dulu teks di bawah ini ! “Kundungga memiliki putra yang mulia Sang Aswawarman pendiri Wamsa yang wajahnya seperti Ansuman (matahari). Sang Aswawarman memiliki putra yaitu Sang Mulawarman yang sering melakukan upacara di tempat suci Waprakesywara. Dalam upacara tersebut sering memberikan hadiah, diantaranya menghadiahkan 20.000 ekor lembu kepada kaum Brahmana.” Berdasarkan teks di atas, Raja pertama dari kerajaan tersebut ...

Pertanyaan

Perhatikan lebih dulu teks di bawah ini !

“Kundungga memiliki putra yang mulia Sang Aswawarman pendiri Wamsa yang wajahnya seperti Ansuman (matahari). Sang Aswawarman memiliki putra yaitu Sang Mulawarman yang sering melakukan upacara di tempat suci Waprakesywara. Dalam upacara tersebut sering memberikan hadiah, diantaranya menghadiahkan 20.000 ekor lembu kepada kaum Brahmana.”

Berdasarkan teks di atas, Raja pertama dari kerajaan tersebut ...

  1. Aswawarman

  2. Mulawarman

  3. Kundungga

  4. Ansuman

  5. Waprakeswara

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Nusantara yang berdiri sekitar abad ke-4 M. Sumber sejarah yang memuat informasi mengenai kerajaan Kutai adalah prasasti yang berbentuk Yupa yang merupakan tugu peringatan upacara kurban. Prasasti ini berhuruf Pallawa dan berbahasa sansakerta dan ditemukan sekitar tahun 400 M. Dari 7 Yupa yang ditemukan, salah satu Yupa memuat mengenai raja yang memerintah bernama Mulawarman yang merupakan anak dari Aswawarman dan merupakan cucu dari Kundungga. Nama Kundungga terlihat belum terpengaruh oleh kebudayaan India, sehingga dapat dikatakan bahwa Kundungga merupakan penguasa lokal saat pengaruh Hindu-Buddha mulai masuk ke Nusantara dan wilayahnya berubah menjadi kerajaan. Berbeda dengan anaknya yang bernama Aswawarman dan cucunya Mulawarman. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Kundungga merupakan raja pertama dari Kerajaan Kutai.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved