Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks cerpen berikut! Ia menatap saya dengan pancaran mata riang. Syahdu meliputi butir-butir hujan yang jatuh menimpa tubuh kami yang diam-diam menggelinjang. Sembunyi-sembunyi, kami menikmati denyar-denyar di lautan perasaan paling dalam. Sementara kilat mencabik-cabik langit hingga berupa potongan-potongan gambar pantulan kami berjumlah jutaan. Ada yang hanya bagian kepala, ada yang hanya bagian kaki, dan ada yang hanya bagian tangan. Tak jarang kepingan-kepingan yang terlihat bagai pecahan kaca yang beterbangan itu saling berhantaman. Lantas jatuh menghajar kepala kami kala tak sedang ingin penuh. Ayu, Djenar Maesa. 2004. “Ikan”. jendelasastra.com. Diakses dan dikutip pada 23 Februari 2021. https://www.jendelasastra.com/dapur-sastra/dapur-jendela-sastra/lain-lain/cerpen-kompas-2004-ikan-karya-djenar-maesa-ayu Majas yang terdapat dalam kutipan teks cerpen di atas adalah ....

Perhatikan kutipan teks cerpen berikut!
 

    Ia menatap saya dengan pancaran mata riang. Syahdu meliputi butir-butir hujan yang jatuh menimpa tubuh kami yang diam-diam menggelinjang. Sembunyi-sembunyi, kami menikmati denyar-denyar di lautan perasaan paling dalam. Sementara kilat mencabik-cabik langit hingga berupa potongan-potongan gambar pantulan kami berjumlah jutaan. Ada yang hanya bagian kepala, ada yang hanya bagian kaki, dan ada yang hanya bagian tangan. Tak jarang kepingan-kepingan yang terlihat bagai pecahan kaca yang beterbangan itu saling berhantaman. Lantas jatuh menghajar kepala kami kala tak sedang ingin penuh.

Ayu, Djenar Maesa. 2004. “Ikan”. jendelasastra.com. Diakses dan dikutip pada 23 Februari 2021. https://www.jendelasastra.com/dapur-sastra/dapur-jendela-sastra/lain-lain/cerpen-kompas-2004-ikan-karya-djenar-maesa-ayu  


Majas yang terdapat dalam kutipan teks cerpen di atas adalah .... 

  1. metafora dan sinekdokeundefined 

  2. simile dan hiperbolaundefined 

  3. personifikasi dan simileundefined 

  4. sinekdoke dan metonimiaundefined 

Iklan

S. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Salah satu ciri kebahasaan teks cerita pendek adalah menggunakan majas perbandingan. Majas perbandingan adalah gaya bahasa yang menggunakan kata kiasan untuk menyatakan perbandingan sehingga meningkatkan kesan dan pengaruh terhadap pembaca. Kutipan teks di atas menggunakan majas personifikasi yang ditunjukkan pada kutipan Sementara kilat mencabik-cabik langit hingga berupa potongan-potongan gambar pantulan kami berjumlah jutaan . Majas Personifikasi adalah pengungkapan dengan menggunakan perilaku manusia yang diberikan kepada suatu benda atau sesuatu yang bukan manusia. Kata kilat pada kutipan teks di atas diibaratkan seperti manusia yang dapat mencabik-cabik sesuatu. Jadi, kutipan di atas menggunakan majas personifikasi. Selain itu, teks di atas juga terdapat penggunaan majas simile. Majas simile adalah gaya bahasa yang menyatakan perbandingan dengan menggunakan kata penghubung perbandingan, seperti layaknya, bagaikan, macam, serupa, dll. Kalimat yang menggunakan majas simile, yaitu Tak jarang kepingan-kepingan yang terlihat bagai pecahan kaca yang beterbangan itu saling berhantaman . Penggunaan kata bagai dalam kalimat tersebut termasuk ciri-ciri penggunaan majas simile. Berdasarkan penjelasan tersebut, kutipan cerpen di atas menggunakan dua jenis majas, yaitu majas personifikasi dan majas simile. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Salah satu ciri kebahasaan teks cerita pendek adalah menggunakan majas perbandingan. Majas perbandingan adalah gaya bahasa yang menggunakan kata kiasan untuk menyatakan perbandingan sehingga meningkatkan kesan dan pengaruh terhadap pembaca.

Kutipan teks di atas menggunakan majas personifikasi yang ditunjukkan pada kutipan Sementara kilat mencabik-cabik langit hingga berupa potongan-potongan gambar pantulan kami berjumlah jutaan. Majas Personifikasi adalah pengungkapan dengan menggunakan perilaku manusia yang diberikan kepada suatu benda atau sesuatu yang bukan manusia. Kata kilat pada kutipan teks di atas diibaratkan seperti manusia yang dapat mencabik-cabik sesuatu. Jadi, kutipan di atas menggunakan majas personifikasi. 

Selain itu, teks di atas juga terdapat penggunaan majas simile. Majas simile adalah gaya bahasa yang menyatakan perbandingan dengan menggunakan kata penghubung perbandingan, seperti layaknya, bagaikan, macam, serupa, dll. Kalimat yang menggunakan majas simile, yaitu Tak jarang kepingan-kepingan yang terlihat bagai pecahan kaca yang beterbangan itu saling berhantaman. Penggunaan kata bagai dalam kalimat tersebut termasuk ciri-ciri penggunaan majas simile. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, kutipan cerpen di atas menggunakan dua jenis majas, yaitu majas personifikasi dan majas simile.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Cerita Pendek

Unsur Intrinsik Teks Cerita Pendek

Unsur Ekstrinsik Teks Cerita Pendek

Kebahasaan Teks Cerita Pendek

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

207

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat berikut! Kedua anak itu layaknya air dan minyak jika bertemu. Kalimat di atas mengandung jenis majas perbandingan, yaitu ....

229

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia