Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut!     Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Dengan pendidikan, manusia akan belajar banyak hal, termasuk belajar untuk lebih dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya.     Hal itu sesuai dengan definisi pendidikan sendiri, baik itu menurut KBBI maupun menurut ahli pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam bentuk pengajaran yang bertujuan untuk mendewasakan orang atau kelompok orang tersebut.     Sementara itu, menurut M.J Lavengeld, pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa ke arah kedewasaan. Selain itu, pendidikan juga merupakan suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya dengan mandiri dan bertanggung jawab secara sosial. Lavengeld juga mendefinisikan pendidikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan bertanggung jawab.     Dari definisi-definisi tersebut, bisa kita simpulkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi pembentukan kedewasaan manusia. Dengan pendidikan, seorang manusia bisa lebih dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Selain itu, pendidikan juga mampu membuat orang menentukan jati diri dan masa depannya sendiri. Hal ini sesuai dengan apa yang diucapkan Lavengeld bahwa pendidikan adalah usaha untuk penentuan diri. Sayhuti Al Malik, Ahmad. 2019. "Teks Eksposisi". BelajarbarengbahasaIndonesia. Diakses dan dikutip pada 16 Mei 2021. https://belajarbarengbahasaindonesia.blogspot.com/2019/08/kelas-x-m2-kb-2-teks-ekposisi.html Alasan teks di atas termasuk dalam jenis teks eksposisi definisi adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut!


    Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Dengan pendidikan, manusia akan belajar banyak hal, termasuk belajar untuk lebih dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya.

    Hal itu sesuai dengan definisi pendidikan sendiri, baik itu menurut KBBI maupun menurut ahli pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam bentuk pengajaran yang bertujuan untuk mendewasakan orang atau kelompok orang tersebut.

    Sementara itu, menurut M.J Lavengeld, pendidikan merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa ke arah kedewasaan. Selain itu, pendidikan juga merupakan suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya dengan mandiri dan bertanggung jawab secara sosial. Lavengeld juga mendefinisikan pendidikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan bertanggung jawab.space space space space

    Dari definisi-definisi tersebut, bisa kita simpulkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi pembentukan kedewasaan manusia. Dengan pendidikan, seorang manusia bisa lebih dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Selain itu, pendidikan juga mampu membuat orang menentukan jati diri dan masa depannya sendiri. Hal ini sesuai dengan apa yang diucapkan Lavengeld bahwa pendidikan adalah usaha untuk penentuan diri.space space space space

Sayhuti Al Malik, Ahmad. 2019. "Teks Eksposisi". BelajarbarengbahasaIndonesia. Diakses dan dikutip pada 16 Mei 2021. https://belajarbarengbahasaindonesia.blogspot.com/2019/08/kelas-x-m2-kb-2-teks-ekposisi.html


Alasan teks di atas termasuk dalam jenis teks eksposisi definisi adalah ....undefined 

  1. terdapat definisi pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)undefined 

  2. terdapat paparan mengenai manfaat pendidikan bagi manusiaundefined 

  3. memaparkan definisi suatu topik, yaitu mengenai pendidikanundefined 

  4. gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan dengan yang lainundefined 

  5. memberikan informasi mengenai definisi pendidikan menurut M.J Lavengeldundefined 

Pembahasan:

Teks eksposisi merupakan teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat dengan disertai argumen penulisnya. Salah satu jenis teks eksposisi adalah definisi,. Teks eksposisi definisi adalah suatu paragraf eksposisi yang memaparkan definisi suatu topik tertentu.

Teks di atas menjelaskan mengenai definisi pendidikan dan peran pendidikan bagi manusia. Terdapat dua definisi pendidikan, yaitu menurut KBBI dan  M.J Lavengeld. Berdasarkan definisi pendidikan yang telah dipaparkan, pendidikan sangat penting bagi manusia karena manusia bisa lebih dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab, menemukan jati diri, dan lain-lain. Berdasarkan penjelasan tersebut, alasan teks di atas termasuk dalam jenis teks eksposisi definisi adalah memaparkan definisi suatu topik, yaitu mengenai pendidikan.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena teks di atas tidak hanya terdapat definis pendidikan menurut KBBI, tetapi juga terdapat definisi pendidikan menurut M.J Lavengeld.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena teks di atas lebih fokus pada definisi pendidikan kemudian baru membahas manfaat atau apa yang ditimbulkan oleh pendidikan terhadap manusia.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena teks eksposisi yang gagasan utamanya disajikan dengan membanding disebut dengan jenis teks eksposisi perbandingan.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena teks di atas tidak hanya terdapat definis pendidikan menurut M.J Lavengeld, tetapi juga terdapat definisi pendidikan menurut KBBI.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 02 Desember 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut!       Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Tubuh akan segar dan bugar kembali apabila seseorang sering melakukan olahraga. Namun, ada beberapa ha...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved