Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut! (1) Baik buruknya teknologi itu sendiri, bergantung kepada orang yang memanfaatkannya. (2) Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan teknologi itu sesuai dengan manfaat dan tujuan teknologi itu sendiri dibuat. (3) Kita harus menghindari penyalahgunaan yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain. (4) Demikian pidato ini saya sampaikan. (5) Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Kalimat persuasif pada kutipan teks di atas terdapat pada kalimat nomor ….

Perhatikan kutipan teks berikut!


    (1) Baik buruknya teknologi itu sendiri, bergantung kepada orang yang memanfaatkannya. (2) Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan teknologi itu sesuai dengan manfaat dan tujuan teknologi itu sendiri dibuat. (3) Kita harus menghindari penyalahgunaan yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain. (4) Demikian pidato ini saya sampaikan. (5) Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Kalimat persuasif pada kutipan teks di atas terdapat pada kalimat nomor ….undefined 

  1. 1undefined 

  2. 2undefined 

  3. 3undefined 

  4. 4undefined 

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Salah satu kebahasaan dalam pidato persuasif adalah kalimat persuasif. Kalimat persuasif adalah kalimat yang berisi ajakan, bujukan, rayuan, atau imbauan dan bertujuan untuk memengaruhi pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kehendak penulis atau pembicara. Ciri-ciri kalimat persuasif, yaitu sebagai berikut. Bertujuan untuk membujuk, mengajak, dan memengaruhi seseorang Umumnya menggunakan kata ayo, mari, dan kata-kata yang bersifat mengajak lainnya seperti partikel -lah Menggunakan tanda seru (!) di akhir kalimat Sering digunakan dalam bahasa iklan, imbauan, dan slogan Kalimat persuasif ditunjukkan pada kalimat (2) karena terdapat kata marilah yang menunjukkan sebuah ajakan untuk memanfaatkan teknologi sesuai dengan tujuan dan manfaat dari teknologi tersebut. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Salah satu kebahasaan dalam pidato persuasif adalah kalimat persuasif. Kalimat persuasif adalah kalimat yang berisi ajakan, bujukan, rayuan, atau imbauan dan bertujuan untuk memengaruhi pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kehendak penulis atau pembicara. Ciri-ciri kalimat persuasif, yaitu sebagai berikut.

  • Bertujuan untuk membujuk, mengajak, dan memengaruhi seseorang
  • Umumnya menggunakan kata ayo, mari, dan kata-kata yang bersifat mengajak lainnya seperti partikel -lah
  • Menggunakan tanda seru (!) di akhir kalimat
  • Sering digunakan dalam bahasa iklan, imbauan, dan slogan

Kalimat persuasif ditunjukkan pada kalimat (2) karena terdapat kata marilah yang menunjukkan sebuah ajakan untuk memanfaatkan teknologi sesuai dengan tujuan dan manfaat dari teknologi tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

453

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu kalimat persuasif yang tepat adalah ...

179

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia