Roboguru

Perhatikan kutipan novel berikut!      Pagi ini ...

Perhatikan kutipan novel berikut! 


    Pagi ini Sungai Cibawor kelihatan letih. Tiga hari yang lalu hujan deras di hulu membuat sungai ini banjir besar. Untung sudah jadi watak sungai pegunungan, banjir yang terjadi berlangsung cepat. Air yang semula jernih mulai mengeruh di pagi hari, meninggi dan segera menggelora setengah jam kemudian. Cibawor seperti sedang digelontor dari hulu dengan bah besar yang pekat berlumpur serta membawa segala macam sampah, dari sandal karet, bekas botol plastik, batang pisang, sampai batang mahoni. 
    Banjir kali ini memang besar. Setelah air surut hanya beberapa jam kemudian, banyak sampah tersangkut di ranting pepohonan. Pada tebing yang curam tampak rerumputan dan pakis-pakisan tercerabut oleh derasnya air. Dinding cadas yang tergerus. Pada bantaran yang landai, banjir telah menutup hamparan Iahan pertanian dengan lumpur, batu, dan pasir. Ada pohon cangkring roboh karena tanah miring, tempatnya berpijak longsor. Akarnya mencuat ke atas seperti tangan-tangan yang ingin menggapai sesuatu untuk bertahan. 

Dikutip dari: Ahmad Tohari, Orang-Orahg Proyek, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama. 2007 


Gaya bahasa yang digunakan dalam kutipan novel tersebut adalah .... space

  1. personifikasi dan hiperbola space

  2. perumpamaan dan ironi space 

  3. paralelisme dan perumpamaan space 

  4. paradoks dan personifikasi  space 

  5. personifikasi dan perumpamaan 

Jawaban:

Pembahasan 

Gaya bahasa adalah alat atau sarana yan digunakan pengarang untuk mencapai keindahan dalam karya sastra termasuk novel. Beberapa macam gaya bahasa :
Ironi adalah gaya bahasa yang berupa sindiran halus, berupa pemyataan yang maknanya bertentangan dengan makna sebenarnya. Contoh: Anda datang ketika rapat sudah akan berakhir. Jadi silakan tutup pintunya dari luar.
Hiperbola adalah gaya bahasa yang mengandung pemyataan berlebihan dari kenyataan. Contoh: Kemarahanku sudah di ujung tanduk dan bisa meledak sekiarang juga.
Personifikasi adalah gaya bahasa kiasan yang menggambarkan benda-benda mati atau barang-barang yang tidak bemyawa seolah-olah memiliki sifat kemanusiaan. Contoh: Angin malam membelai kulitnya seolah-olah berkata hari sudah larut.
Perumpamaan  atau smilie yaitu membandingkan dua hal yang berlainan tetapi dianggap sama. Perbandingan tersebut ditandai dengan penggunaan kata kata pembanding, misalnya: seperti, sebagal, ibarat, umpama, bak, dan laksana. Contoh: Hari-hari ku tanmapu bagai buku tanpa halaman.
Paradoks adalah gaya bahasa yang kata-katanya mengandung pertentangan dengan fakta yang ada. Contoh: Saya tidak akan babagia jika·mendapat warisan satu miliar. 
Paralelisme adalah salah satu gaya bahasa yang berusaha mengulang kara atau yang menduduki fungsi gramatikal sama untuk mencapai suatu kesejajaran. Contoh: Hidup adalah perjuangan, hidup adalah persaingan, hidup adalah kesia-siaan.

Gaya bahasa yang digunakan pada kutipan novel adalah
Bukti : pada paragraf pertama menggambarkan "Pagi ini Sungai Cibawor kelihatan letih". Seolah-olah memiliki sifat manusia yaitu letih. dan pada paragraf terakhir " Akarnya mencuat ke atas seperti tangan-tangan yang ingin menggapai sesuatu untuk bertahan". yaitu menggunakan kata pembanding.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved