Pertanyaan

Perhatikan kutipan laporan hasil observasi berikut! (1) Di zaman yang serba modern seperti saat ini, pembangunan terus berjalan dan makin berkembang. (2) Meskipun demikian, tahun 2019, jumlah pengemis di kota-kota besar Indonesia diperkirakan mencapai angka 77.500. (3) Tingginya angka pengemis di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor. Kata yang mengandung konfiks adalah kata ....

Perhatikan kutipan laporan hasil observasi berikut!
(1) Di zaman yang serba modern seperti saat ini, pembangunan terus berjalan dan makin berkembang. (2) Meskipun demikian, tahun 2019, jumlah pengemis di kota-kota besar Indonesia diperkirakan mencapai angka 77.500. (3) Tingginya angka pengemis di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor.

Kata yang mengandung konfiks adalah kata .... 

  1. pembangunan pada kalimat (1)undefined 

  2. berjalan pada kalimat (1)undefined 

  3. pengemis pada kalimat (2)undefined 

  4. tingginya pada kalimat (3)undefined 

  5. beberapa pada kalimat (3)undefined 

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Pembahasan

Salah satu proses pembentukan kata dalam bahasa Indonesia adalah dengan afiksasi, yakni proses penambahan afiks atau imbuhan pada kata dasar. Terdapat beberapa jenis afik, yaitu sebagai berikut. Prefiks atau awalan adalahimbuhan yang ditambahkan pada bagian awal sebuah kata dasar atau bentuk dasar, misalnya awalan mem - pada kata mem baca . Infiks atau sisipan adalahimbuhan yang disisipkan di tengah kata, misalnya sisipan - em- pada kata g em etar . Konfiks adalahimbuhan yang terjadi dari dua unsur yang terpisah, misalnya konfiks ke-...-an pada kata ke merdeka an . Sufiks atau akhiran adalahimbuhan yang ditambahkan pada bagian belakang kata dasar, misalnya akhiran -an pada kata getar an . Dalam kutipan di atas, terdapat kata yang dibentuk dengan konfiks,yaitu kata pem bangun an pada kalimat (1) , kata diper kira kan dan mencapai pada kalimat (2), serta kata di sebab kan pada kalimat (3). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Salah satu proses pembentukan kata dalam bahasa Indonesia adalah dengan afiksasi, yakni proses penambahan afiks atau imbuhan pada kata dasar. Terdapat beberapa jenis afik, yaitu sebagai berikut.

  • Prefiks atau awalan adalah imbuhan yang ditambahkan pada bagian awal sebuah kata dasar atau bentuk dasar, misalnya awalan mem- pada kata membaca.
  • Infiks atau sisipan adalah imbuhan yang disisipkan di tengah kata, misalnya sisipan -em- pada kata gemetar.
  • Konfiks adalah imbuhan yang terjadi dari dua unsur yang terpisah, misalnya konfiks ke-...-an pada kata kemerdekaan.
  • Sufiks atau akhiran adalah imbuhan yang ditambahkan pada bagian belakang kata dasar, misalnya akhiran -an pada kata getaran.

Dalam kutipan di atas, terdapat kata yang dibentuk dengan konfiks, yaitu kata pembangunan pada kalimat (1), kata diperkirakan dan mencapai pada kalimat (2), serta kata disebabkan pada kalimat (3). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

76

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan laporan hasil observasi berikut! (1) Anjing dan kucing merupakan dua hewan yang banyak di jadikan peliharaan. (2) Ditengah masyarakat Indonesia, pada 2007, terdapat 8 juta anjing d...

119

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia