Roboguru

Perhatikan kutipan cerpen berikut!     Setibanya Pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, Larasati segera memulai pembicaraan.     “Sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin saya bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan.”     “Maksud Ibu apa?"     "Saya khawatir, keinginan Bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian Bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatian terhadap Diah. Dia anak yang lemah. Pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya." Karakter tokoh Pak Usman dalam kutipan cerpen di atas memiliki sifat ….

Pertanyaan

Perhatikan kutipan cerpen berikut!


    Setibanya Pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, Larasati segera memulai pembicaraan.

    “Sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin saya bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan.”

    “Maksud Ibu apa?"

    "Saya khawatir, keinginan Bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian Bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatian terhadap Diah. Dia anak yang lemah. Pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya."


Karakter tokoh Pak Usman dalam kutipan cerpen di atas memiliki sifat ….undefined 

  1. Pendendamundefined 

  2. Keras kepala dan mudah marahundefined 

  3. Tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadiundefined 

  4. Ingin menang sendiriundefined 

Pembahasan Soal:

Unsur intrinsik pembangun cerpen yaitu :

  1. Tema adalah pokok pikiran yang mendasari jalannya cerita pendek.
  2. Alur atau plot adalah urutan peristiwa yang ada di dalam cerpen. Umumnya alur dari cerpen dimulai dengan perkenalan. konflik, klimaks lalu penyelesaian.
  3. Setting adalah latar atau tempat, waktu dan suasana yang terdapat pada cerpen.
  4. Tokoh adalah pemeran yang diceritakan di dalam cerpen baik pemeran utama maupun pendukung.
  5. Watak adalah sifat atau karakter dari pemeran yang ada di dalam cerpen. Watak dibagi menjadi tiga yaitu protagonis (baik), antagonis (jahat) dan netral.
  6. Sudut Pandang: merupakan cara pandang penulis menceritakan isi atau kejadian dalam sebuah cerpen.
  7. Amanat adalah pesan atau pelajaran yang terdapat di dalam cerpen baik tersirat maupun tersurat.


Karakter tokoh Pak Usman dalam kutipan cerpen di atas memiliki sifat tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi, tampak pada kalimat "saya perlu menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena yang ingin saya bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan", Saya khawatir, keinginan Bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian Bapak terhadap saya", terlihat jelas bahwa Pak Usman ingin membicarakan dan menghabisi Diah di depan umum atau dilingkungan sekolah.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved