RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan kutipan berikut!       Ilmu pengetahuan alam merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang berbagai macam objek empiris yang ada di alam semesta dan seisinya. Tidak hanya mempelajari makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, hewan, dan sebagainya,  tetapi juga mempelajari komponen alam beserta peristiwa-peristiwa yang terkait dengannya, seperti hujan, proses terjadinya siang dan malam, perubahan musin, dan lain lain yang memiliki kaitan dengan kehidupan manusia.     Ilmu pengetahuan alam berbeda dengan ilmu pengetahuan sosial. Ilmu pengetahuan sosial merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari pola, hubungan, dan kehidupan manusia. Ilmu sosial mempelajari semua hal yang langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan hubungan antara manusia yang didefinisikan sebagai makhluk sosial (yang hidup membutuhkan orang lain).   Alasan kutipan paragraf di atas termasuk dalam jenis teks eksposisi perbandingan adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut!
 

    Ilmu pengetahuan alam merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang berbagai macam objek empiris yang ada di alam semesta dan seisinya. Tidak hanya mempelajari makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, hewan, dan sebagainya,  tetapi juga mempelajari komponen alam beserta peristiwa-peristiwa yang terkait dengannya, seperti hujan, proses terjadinya siang dan malam, perubahan musin, dan lain lain yang memiliki kaitan dengan kehidupan manusia.

    Ilmu pengetahuan alam berbeda dengan ilmu pengetahuan sosial. Ilmu pengetahuan sosial merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari pola, hubungan, dan kehidupan manusia. Ilmu sosial mempelajari semua hal yang langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan hubungan antara manusia yang didefinisikan sebagai makhluk sosial (yang hidup membutuhkan orang lain).
 

Alasan kutipan paragraf di atas termasuk dalam jenis teks eksposisi perbandingan adalah ...undefined  

  1. Kutipan di atas membandingkan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial pada struktur argumentasi.undefined  

  2. Kutipan di atas membandingkan struktur pernyataan umum dan struktur argumentasi.undefined  

  3. Gagasan utama pada kutipan di atas dibandingkan dengan hal lain.undefined  

  4. Gagasan utama dan gagasan penjelas pada kutipan di atas sangat berbanding terbalik.undefined  

  5. Struktur argumen dan struktur penegasan ulang pada kutipan di atas bersifat membandingkan.undefined  

S. Mahyudin

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined   

Pembahasan

Terdapat delapan jenis teks eksposisi, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Teks eksposisi definisi, yaitu paragraf eksposisi yang memaparkan definisi suatu topik tertentu.
  2. Teks eksposisi proses, yaitu teks eksposisi yang berisi langkah-langkah atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.
  3. Teks eksposisi ilustrasi, yaitu teks eksposisi yang memaparkan informasi atau penjelasan tertentu dengan memberikan gambaran sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.
  4. Teks eksposisi laporan, yaitu paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dan sebuah berita atau penelitian tertentu.
  5. Teks eksposisi perbandingan, yaitu teks eksposisi yang gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan dengan hal yang lain.
  6. Teks eksposisi pertentangan, yaitu teks eksposisi yang berisi tentang pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.
  7. Teks eksposisi berita, yaitu teks eksposisi yang memberikan informasi dari suatu kejadian.
  8. Teks eksposisi analisis, yaitu teks eksposisi yang memisahkan suatu masalah dari sebuah gagasan utama menjadi beberapa subbagian, kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.

Alasan  kutipan paragraf di atas termasuk dalam jenis teks eksposisi perbandingan adalah gagasan utamanya dibandingkan dengan hal yang lain. Gagasan utama pada kutipan tersebut adalah ilmu pengetahuan alam. Gagasan tersebut dibandingkan dengan suatu gagasan yang lain, yaitu ilmu pengetahuan sosial.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined   

142

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut! Minat baca adalah suatu rasa lebih suka atau rasa keterikatan pada suatu hal atau aktifitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubung...

233

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia