Perhatikan kedua kutipan cerpen berikut! Kutipan Cerpen 1 Seperti anak-anak lain, Gito sehari hanya makan satu kali, setelah pulang sekolah. Juga seperti anak-anak lain, Gito tidak mempunyai sandal, apalagi sepatu. Guru-guru pun bertelanjang kaki. Kalau ada guru memakai sepatu atau sandal, pasti sepatu atau sandalnya sudah reyot. Pakaian Gito, demikian juga dengan pakaian temannya, serba compang-camping, penuh tambalan, demikian pula pakaian guru. Kutipan Cerpen 2 Tentu semua orang di sini mengenal Mbah Dlimo. la adalah lelaki tertua di kampung kami. Umurnya sudah seratus tahun lebih. Bila kau tanya kepastian tanggal dan tahun kelahirannya, maka orang sekampung kami akan menggeleng. Atau paling-paling menunjuk Damar Kurung yang dipajang di pinggir jalan sepanjang kampung kami. Kini Mbah Dlimo masih tetap hidup dan sehat. Persamaan kedua cerita tersebut adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan kedua kutipan cerpen berikut!


Kutipan Cerpen 1

Seperti anak-anak lain, Gito sehari hanya makan satu kali, setelah pulang sekolah. Juga seperti anak-anak lain, Gito tidak mempunyai sandal, apalagi sepatu. Guru-guru pun bertelanjang kaki. Kalau ada guru memakai sepatu atau sandal, pasti sepatu atau sandalnya sudah reyot. Pakaian Gito, demikian juga dengan pakaian temannya, serba compang-camping, penuh tambalan, demikian pula pakaian guru.


Kutipan Cerpen 2

Tentu semua orang di sini mengenal Mbah Dlimo. la adalah lelaki tertua di kampung kami. Umurnya sudah seratus tahun lebih. Bila kau tanya kepastian tanggal dan tahun kelahirannya, maka orang sekampung kami akan menggeleng. Atau paling-paling menunjuk Damar Kurung yang dipajang di pinggir jalan sepanjang kampung kami. Kini Mbah Dlimo masih tetap hidup dan sehat.


Persamaan kedua cerita tersebut adalah ....undefined 

  1. menceritakan konflik yang terjadi dalam ceritaundefined 

  2. mengandung alur cerita yang sama, yaitu sorot balikundefined 

  3. menceritakan pengenalan penokohan dalam ceritaundefined 

  4. menceritakan gambaran tema dalam sebuah ceritaundefined 

  5. menyajikan gambaran latar suasana dalam ceritaundefined 

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Persamaan kedua cerita tersebut, yaitu menceritakan pengenalan penokohan dalam cerita. Kutipan 1 menceritakan pengenalan tokoh Gito dengan menyamakaan keadaan tokoh-tokoh lain yang bernasib sama dengannya. Kutipan 2 menceritakan pengenalan tokoh Mbah Dimo melalui penggambaran penulis.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah teks cerita fabel berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9! Teks 1 Akhirnya belalang meninggalkan rumah semut yang berada di hutan guna menemukan makanannya nam...

46

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia