Roboguru

Perhatikan informasi berikut. Negara RIS bentukan Belanda pada tahun 1950 tidak dapat bertahan lama karena muncul tuntutan-tuntutan untuk kembali ke dalam bencuk NKRI sebagai perwujudan dari cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Gerakan menuju pembentukan NKRI mendapat dukungan yang kuat dari seluruh rakyat. Negara-negara bagian satu per  satu menggabungkan diri dengan Negara Bagian Republik Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa konsep politik yang diusulkan Belanda memang tidak sesuai dengan kondisi politik di Indonesia. Oleh karena itu, konsep RIS tidak pernah lagi digunakan hingga saat ini. Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa sejarah dapat digunakan sebagai. . .

Pertanyaan

Perhatikan informasi berikut.

Negara RIS bentukan Belanda pada tahun 1950 tidak dapat bertahan lama karena muncul tuntutan-tuntutan untuk kembali ke dalam bencuk NKRI sebagai perwujudan dari cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Gerakan menuju pembentukan NKRI mendapat dukungan yang kuat dari seluruh rakyat. Negara-negara bagian satu per  satu menggabungkan diri dengan Negara Bagian Republik Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa konsep politik yang diusulkan Belanda memang tidak sesuai dengan kondisi politik di Indonesia. Oleh karena itu, konsep RIS tidak pernah lagi digunakan hingga saat ini.

Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa sejarah dapat digunakan sebagai. . .

  1. A. solusi untuk memecahkan masalah politik saat ini
     

  2. B. tolak ukur kemajuan perpolitikan suatu bangsa melalui perjalanan sejarahnya
     

  3. C. pembelajaran untuk mencapai kondisi policik yang stabil dan sesuai dengan dasar negara
     

  4. D. senjata untuk menolak konsep politik asing yang tidak sesuai dengan falsafah hidup Indonesia
     

  5. E. sarana menemukan konsep-konsep politik yang dapat digunakan dan sesuai dengan masa mendatang

Pembahasan Soal:

Jawaban: C

Berdasarkan teks di soal tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah merupakan dapat digunakan sebagai pembelajaran untuk memperbaiki masa yang akan datang.  Pelajaran ini dapat diambil dari peristiwa runtuh RIS bentukan Belanda akibat adanya tuntutan rakyat untuk kembali mewujudkan cita-cita Proklamasi kembali ke NKRI. Hal ini menunjukkan bahwa konsep RIS yang diusulkan Belanda tidak sesuai dengan kondisi politik yang ada di Indonesia. Artinya bangsa Indonesia dapat mempelajari kesalahan yang dilakukan Belanda dan mencapai kondisi politik yang stabil.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved