Roboguru

Perhatikan hasil-hasil perkebunan berikut. sereh wangi jarak kepyar tembakau kelapa sawit kakao Hasil perkebunan dengan tanaman musim ditunjukkan pada nomor ....

Pertanyaan

Perhatikan hasil-hasil perkebunan berikut.

  1. sereh wangi
  2. jarak kepyar
  3. tembakau
  4. kelapa sawit
  5. kakao

Hasil perkebunan dengan tanaman musim ditunjukkan pada nomor ....  

  1. 1, 2, dan 3  

  2. 1, 4, dan 5  

  3. 2, 3 dan 4  

  4. 2, 3, dan 5  

  5. 3, 4, dan 5  

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman morfologi dan jenis tanah yang menghasilkan berbagai hasil perkebunan. Menurut jenis tanamannya, perkebunan dapat dibedakan menjadi perkebunan dengan tanaman musiman dan perkebunan tanaman tahunan. Perkebunan tanaman tahunan adalah perkebunan dengan tanaman budi daya yang pada umumnya berumur lebih dari satu tahun dan pengambilan hasilnya dilakukan lebih dari satu kali. Contoh perkebunan tanaman tahunan adalah, perkebunan kelapa sawit, karet, teh, kakao dan cengkih. Sedangkan perkebunan tanaman musiman merupakan perkebunan dengan tanaman budi daya dengan umur yang pendek. Contohnya adalah perkebunan tembakau, tebu, sereh wangi, jarak kepyar, dan nilam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 11 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS), komoditas perkebunan yang memiliki produktivitas tertinggi di Indonesia tahun 2018 adalah ….

Pembahasan Soal:

Satuan yang digunakan dalam tabel ini adalah ribu ton. Sehingga berdasarkan tabel tersebut jumlah komoditas terbesar terlihat pada kelapa sawit dengan jumlah 40.567,2 ribu ton atau < 40 juta ton. 
 
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan hasil tanaman perkebunan berikut. kemiri vanili cengkih kelapa sawit jambu mete Kelompok tanaman tersebut di atas, merupakan hasil tanam perkebunan dengan masa tanam ....

Pembahasan Soal:

Menurut jenis tanamannya, perkebunan dapat dibedakan menjadi perkebunan dengan tanaman musiman dan perkebunan tanaman tahunan. Perkebunan tanaman tahunan adalah perkebunan dengan tanaman budi daya yang pada umumnya berumur lebih dari satu tahun dan pengambilan hasilnya dilakukan lebih dari satu kali. Contoh perkebunan tanaman tahunan adalah, perkebunan kelapa sawit, kemiri, teh, vanili, jambu mete dan cengkih. Sedangkan perkebunan tanaman musiman merupakan perkebunan dengan tanaman budi daya dengan umur yang pendek. Contohnya adalah perkebunan tembakau, tebu, sereh wangi, jarak kepyar, dan nilam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

0

Roboguru

Rempah-rempah yang banyak dihasilkan di wilayah Kepulauan Maluku adalah ....

Pembahasan Soal:

Wilayah Maluku adalah salah satu penghasil rempah-rempah di Indonesia. Jenis rempah-rempah yang banyak dihasilkan oleh provinsi ini adalah pala dan cengkeh.

Jadi, jawaban yang benar adalah D

0

Roboguru

Hasil perkebunan kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk ....

Pembahasan Soal:

Kelapa sawit memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia. Ia dapat digunakan dalam berbagai bidang ekonomi melalui proses pengolahan tertentu. Manfaat kelapa sawit antara lain: sebagai minyak goreng, sebagai campuran bahan bakar biodiesel, sebagai pelumas, bahan pembuatan mentega, pelembab kulit, dan berbagai manfaat praktis lainnya.

Maka, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Komoditas singkong yang melimpah di berbagai  daerah di Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Sayangnya, masyarakat masih menganggap singkong merupakan makanan pokok masyarakat kelas men...

Pembahasan Soal:

Salah satu cara meningkatkan popularitas singkong sebagai bahan pangan adalah mengolah singkong menjadi lebih modern sehingga mudah diterima oleh semua kalangan.

Jadi,jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved