Roboguru

Perhatikan gambar sel di bawah ini!    Proses yang terjadi pada nomor 1 adalah . . . .

Pertanyaan

Perhatikan gambar sel di bawah ini! 

 

Proses yang terjadi pada nomor 1 adalah . . . .space space 

Pembahasan Soal:

Nomor 1 menunjukan organel mitokondria. Di mitokondria terjadi metabolisme yaitu katabolisme glukosa untuk membentuk ATP. Proses katabolisme glukosa yang terjadi di mitokondria dimulai dari Dekarboksilasi Oksidatif, Siklus Krebs, dan Transfer Elektron.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ridho

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan mitokondria?

Pembahasan Soal:

Mitokondria adalah organel bermembran rangkap yang berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi sel yang menghasilkan energi berupa ATP. Mitokondria tersusun dari membran luar, membran dalam yang berlekuk-lekuk disebut krista, dan matriks mitokondria.space space 

0

Roboguru

Amati gambar sel tumbuhan berikut ini. Yang berperan sebagai tempat fotosintesis dan respirasi sel adalah . . .

Pembahasan Soal:

Nukleus (inti sel) berfungsi mengatur segala aktivitas yang terjadi dalam sel.  

Pada tumbuhan, vakuola berukuran sangat besar dan umumnya termodifikasi sehingga berisi alkaloid, pigmen anthosianin, tempat penimbunan sisa metabolisme, ataupun tempat penyimpanan zat makanan.  

Mitokondria berfungsi sebagai tempat respirasi aerob.  

Plastida terbagi atas tiga macam, yaitu :  

 

  1. Leukoplas, merupakan plastida yang tidak berwarna yang dapat membentuk dan menyimpan butir-butir zat tepung.  
  2. Kromoplas, merupakan plastida yang memiliki pigmen-pigmen melanin (hitam), likopin (merah), xantophil (kuning), karoten (jingga), fikosianin (biru), atau fikoeritrin (coklat), dan memberikan warna pada mahkota bunga atau warna pada alga.  
  3. Kloroplas, merupakan plastida berwarna hijau, berfungsi dalam fotosintes.  


Sehingga, organel yang berperan sebagai tempat fotosintesis dan respirasi sel secara berturut-turut adalah kloroplas dan mitokondria.

0

Roboguru

Selain nukleus, organel yang memiliki DNA adalah ….

Pembahasan Soal:

Selain nukleus organel yang memiliki DNA adalah mitokondria dan kloroplas. Ciri-ciri khusus dari mitokondria dan kloroplas adalah memiliki membran ganda, ada DNA, dan memiliki ribosom sendiri. Ribosom pada mitokondria dan kloroplas berfungsi untuk sintesis protein yang digunakan untuk memperbanyak mitokondria dan kloroplas dengan cara pembelahan seperti yang dilakukan bakteri. Dengan demikian jawabannya adalah D.

0

Roboguru

Apa itu mitokondria?

Pembahasan Soal:

Mitokondria merupakan organel yang berfungsi menghasilkan energi  ATP. Mitokondria mempunyai dua lapis membran, yaitu membrane luar dan membran dalam. Membran dalam mengadakan penjuluran kea rah dalam (Krista) sehingga permukaan membrane dalam menjadi luas.

Beberapa fungsi mitokondria yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup tubuh manusia meliputi:

  • Memproduksi energi

Mitokondria mengubah energi kimia yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi menjadi bentuk energi lain, yang mudah digunakan oleh sel tubuh. Proses ini disebut fosforilasi oksidatif. Fosforilasi oksidatif akan menghasilkan adenosine trifosfat (ATP), yaitu satuan molekuler yang memberi energi untuk proses metabolisme. ATP dihasilkan oleh mitokondria dalam sebuah siklus bernama siklus Krebs. Siklus Krebs menghasilkan zat kimiawi yang disebut NADH. Zat ini kemudian digunakan oleh enzim-enzim yang berada dalam membran sel untuk memproduksi ATP. Di dalam molekul ATP tersebut, terdapat simpanan energi dalam bentuk ikatan kimia. Energi ini digunakan dengan cara memutus ikatan kimia ini.

  • Mengatur kematian sel

Salah satu proses penting dalam keberlangsungan hidup tubuh manusia adalah kematian sel atau apoptosis. Sel-sel tubuh yang sudah menua atau rusak harus dihancurkan dan dibuang dari tubuh.Di situlah, fungsi mitokondria berperan penting. Organel ini akan menentukan dan mengatur sel-sel tubuh yang harus dihancurkan.Mitokondria mengatur kematian sel dengan menghasilkan sitokrom C. Zat ini akan mengaktifkan caspase, yaitu enzim yang bertanggung jawab untuk menghancurkan sel dalam proses apoptosis.Proses apoptosis sangat penting untuk menjaga keseimbangan jumlah sel-sel normal dalam jaringan tubuh, sehingga tubuh kita dapat berfungsi dengan normal.

  • Menyimpan kalsium

Kalsium merupakan salah satu unsur penting dalam proses-proses selular di tubuh kita. Pelepasan kalsium ke dalam sel akan memicu sel saraf atau sel endokrin untuk menghasilkan neurotransmitter. Kalsium juga berperan penting dalam proses pembentukan darah, proses pembuahan, pembentukan sel tulang, dan fungsi-fungsi otot. Begitu penting peran kalsium bagi tubuh sehingga sel-sel tubuh mengatur penggunaannya secara ketat. Dalam hal ini, fungsi mitokondria adalah menyerap ion-ion kalsium dan menyimpannya sampai dibutuhkan dalam proses selular.

0

Roboguru

Perhatiakn gambar di samping!   Proses yang berlangsung di bagain sel yang ditunjuk huruf X adalah ..

Pembahasan Soal:

Gambar sel tersebut adalah sel hewan karna tidak memiliki dinding sel. Bagian organel yang ditunjukkan oleh huruf X adalah mitokondria, dimana fungsi mitokondria adalah respirasi sel atau pembentukan energi. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar sel hewan dibawah ini !

 

 

 

 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved