Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan gambar organ manusia di bawah ini.

Nomor 1,2 dan 3 menunjukkan ....

  1. Trakea, Bronkus, Alveolus

  2. Bronkus, Bronkiolus, Alveolus

  3. Trakea, Bronkiolus, Bronkus

  4. Bronkiolus,Trakea, Alveolus

  5. Bronkiolus, Bronkus, Alveolus

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dengan demikian jawaban yang tepat adalah A,

Pembahasan

Nomor 1 menunjukkan trakea. Trakea erupakan pipa dengan panjang kira-kira 9 centimeter. Tersusun atas enam belas sampai dua puluh cincin-cincin tulang rawan yang berbentuk. Cincin-cincin tulang rawan ini ada di bagian belakang tidak tersambung, karena sebagai tempat esofagus. Selain itu untuk mempertahankan agar trakea tetap terbuka. Cincin-cincin tulang rawan diikat bersama oleh jaringan fibrosa, selain itu juga terdapat beberapa jaringan otot.

Nomor 2 menunjukkan bronkus. Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan yang jumlahnya sepasang, yang satu menuju paru-paru kanan dan yang satu lagi menuju paru-paru kiri. Tempat percabangan itu disebut bifurkase. Bronkus memiliki struktur seperti trakea dan dilapisi oleh sel yang sama. Bronkus yang ke kiri lebih panjang dan sempit. Kedudukannya lebih mendatar daripada yang ke kanan. Hal ini penyebab mengapa paru-paru kanan lebih mudah terserang penyakit. Bronkus sebelah kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus, sedangkan sebelah kiri hanya memiliki dua bronkiolus.

Nomor 3 menunjukkan alveolus. Alveolus merupakan saluran akhir dari alat pernapasan yang berupa gelembung-gelembung udara. Memiliki dinding tipis, lembap, dan berlekatan erat dengan kapiler-kapiler darah. Alveolus terdiri atas satu lapis sel epitelium pipih dan di sini darah hampir langsung bersentuhan dengan udara. Dengan alveolus memungkinkan terjadinya perluasan daerah permukaan yang berperan penting dalam pertukaran gas oksigen dari udara bebas ke sel darah dan karbon dioksida dari sel darah ke udara. Di dalamnya terdapat kurang lebih 300 juta buah gelembung halus alveolus. Dengan adanya ini, permukaan paru-paru diperkirakan mencapai 160 meter persegi.

Jadi, dengan demikian jawaban yang tepat adalah A,

46

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jawablah pertanyaan berikut! Jelaskan dengan singkat fungsi dari paru-paru!

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia