Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini! Tahapan yang benar dalam pembelahan mitosis pada gambar yang tepat adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah ini!

Tahapan yang benar dalam pembelahan mitosis pada gambar yang tepat adalah ....space 

  1. 3-4-1-2space 

  2. 2-3-4-1space 

  3. 2-3-1-4space 

  4. 1-2-4-3space 

Pembahasan Soal:

Mitosis merupakan peristiwa pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak dengan jumlah kromosom yang sama seperti sel induknya. Tahapan mitosis terdiri dari profase, metafase, anafase, dan telofase. Pada tahap profase sentrosom mengalami replikasi, sehingga menghasilkan dua sentrosom. Sentrosom bergerak ke kutub-kutub inti sel yang letaknya berlawanan. Di saat yang bersamaan, mikrotubulus mulai terlihat di antara dua sentrosom. Ciri tersebut dapat dilihat pada gambar nomor 2. Pada tahap metafase nukleus dan membran inti sudah tidak terlihat. Posisi kromosom yang terletak pada bagian tengah inti sel membuat jumlah kromosom dapat dihitung dengan tepat dan bentuk kromosom juga terlihat jelas. Ciri tersebut dapat dilihat pada gambar nomor 3. Pada tahap anafase terjadi pemisahan kromatid dari bagian sentromer yang kemudian membentuk kromosom baru. Masing-masing kromosom ditarik oleh benang-benang spindel menuju kutub yang berlawanan. Pada tahap akhir anafase, kromosom hampir sampai ke kutubnya masing-masing dan sitokinesis mulai terjadi. Ciri tersebut dapat dilihat pada gambar nomor 4. Pada tahap telofase kromosom telah sampai di kutubnya masing-masing. Benang-benang spindel mulai menghilang dan membran inti sel juga mulai terbentuk di antara dua kelompok kromosom yang terpisah. Kromosom semakin lama akan menipis dan berubah menjadi benang-benang kromatin kembali. Ciri tersebut dapat dilihat pada gambar nomor 1.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Yolan

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar tahapan-tahapan pembelahan mitosis berikut!   Urutan tahapan-tahapan pembelahan mitosis yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Pembelahan mitosis terdiri atas empat tahap, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Pada tahap profase  kromosom dapat diamati dengan jelas terdiri atas dua kromatid identik yang masih terikat pada sentromernya serta nukleolus dan membran inti menghilang (gambar 3)Pada metafase kromatid-kromatid bersaudara bergerak ke bidang ekuator (bagian tengah inti sel) dan membentuk lempeng metafase (gambar 2). Pada tahap anafase setiap kromatid memisahkan diri dari sentromer dan setiap kromosom membentuk  sentromer. Setiap kromosom ditarik oleh serabut kinetokor sehingga terpisah dan bergrak menuju kutub-kutub yang berlawan (gambar 4). Pada tahap telofase membran inti mulai terbentuk dan sitokinesis telah lengkap (gambar 1).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

Roboguru

Perhatikan gambar pembelahan sel secara mitosis berikut. Isilah nama fase pembelahan, ciri-ciri yang terjadi, dan jumlah kromosom pada soal no. 6 ....

Pembahasan Soal:

Fase yang terjadi pada nomor 6 adalah metafase. Pada fase ini, nukleus dan membran inti sel sudah tidak terlihat. Masing-masing kinetokor pada sentromer dihubungkan ke satu sentrosom oleh benang-benang spindel. Kemudian, pasangan kromatid bergerak ke bagian tengah inti sel (bidang ekuator) dan membentuk lempeng metafase. Posisi kromosom yang terletak pada bagian tengah inti sel ini membuat jumlah kromosom dapat dihitung dengan tepat dan bentuk kromosom juga dapat diamati dengan jelas. Jumlah kromosom pada fase ini adalah 4n. 

Roboguru

Perhatikan skema pembelahan sel berikut.  Tahapan pembelahan sel pada gambar adalah ...

Pembahasan Soal:

Sel memiliki kemampuan dalam membelah atau memperbanyak diri. Pembelahan sel dapat terjadi pada organisme uniseluler ataupun multiseluler.  Tujuan pembelahan sel adalah untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel yang rusak atau perkembangbiakan. Cara pembelahan sel dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu pembelahan secara langsung (amitosis) dan pembelahan secara tidak langsung (mitosis dan meiosis).

Pembelahan sel yang terjadi pada gambar adalah pembelahan sel secara amitosis karena tanpa melalui fase-fase pembelahan. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Bagian yang ditunjuk oleh huruf X adalah . . .

Pembahasan Soal:

Bagian X pada gambar merupakan benang-benang spindel. Benang-benang spindel merupakan kumpulan mikrotubula yang bertanggung jawab menarik kromosom ke bidang ekuator. Pada gambar, masing-masing kinetokor pada sentromer dihubungkan ke satu sentrosom oleh benang-benang spindel. Selanjutnya pasangan kromatid bergerak ke bagian tengah bidang ekuator.

Oleh sebab itu, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Sebuah eksperimen dilakukan untuk melihat proses pembelahan sel ragi. Sel ragi aktif dipindahkan ke dalam sebuah medium baru dengan konsentrasi awal 106 sel/mL. Setelah 40 jam, jumlah sel meningkat me...

Pembahasan Soal:

Sintesis histon ataupun protein-protein lainnya terjadi pada tahap S. Dimana, pada tahap ini sel mensintesis DNA untuk persiapan fase M. Fase S ini berlangsung selama 5 jam, karena grafik relatif tinggi pada jam ke 5-10. Sehingga Laju sintesis histon relatif tinggi pada jam 5-10 setelah pemaparan kepada thymidine radioaktif.

Dengam demikian, pernyataan di atas SALAH.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved