Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Sebutkan nama bagian-bagian yang ditunjukkan oleh huruf A, B, dan C.

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut.

Sebutkan nama bagian-bagian yang ditunjukkan oleh huruf A, B, dan C.space space

Pembahasan Soal:

​​​​​Tubuh virus hanya terdiri atas selubung (disebut kapsid) protein dan bagian isi berupa asam nukleat.space spaceGambar pada soal menunjukkan beberapa bagian virus sebagai berikut. Asam nukleat (A), kapsomer (B), dan kapsid (C)space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Amati struktur tubuh virus di bawah ini: Nomor 1, 2, dan 3 merupakan....

Pembahasan Soal:

Virus adalah parasit mikroskopis yang menginfeksi sel-sel organisme biologis. Ciri-ciri virus yaitu ukuran tubuh kecil bahkan lebih kecil dibandingkan bakteri, struktur tubuh terdiri atas asam nukleat (DNA atau RNA) dan kapsid (selubung protein pembungkus asam nukleat). Tubuh tidak memiliki membran, ribosom, sitoplasma dan organel lainnya. Bentuk tubuh bervariasi yang ditentukan oleh bentuk kapsid. Hanya dapat berkembang biak di dalam tubuh sel hidup. Virus dapat dikristalkan dan bersifat parasit atau dapat berperan sebagai agen penyakit. Pada struktur tubuh virus di atas adalah nomor 1 menunjukkan asam nukleat (DNA atau RNA), nomor 2 menunjukkan kapsid dan nomor 3 menunjukkan ekor.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang paling tepat adalah E.space 

Roboguru

Virus dapat berkembang biak hanya di dalam tubuh makhluk hidup, yaitu pada bagian sel makhluk hidup, baik dalam sel bakteri, sel hewan, dan sel tumbuhan. Perkembangbiakan virus membentuk suatu daur. P...

Pembahasan Soal:

Virus umumnya hanya memiliki asam nukleat dan selubung protein. Asam nukleat merupakan bagian yang sangat berperan dalam pembentukan virus baru dikarenakan bagian inilah yang menginfeksi sel inang. Asam nukleat adalah materi genetik yang membawa sifat genetik yang akan diturunkan ke generasi berikutnya. Asam nukleat pada virus dapat berupa DNA (deoxyribonucleic acid) atau RNA (ribonucleic acid). Virus mendapatkan enzim dan bahan-bahan metabolisme dari sel yang diperlukan dalam memperbanyak dirinya. Pembentukan enzim dan bahan-bahan metabolisme tersebut dilakukan berdasarkan perintah dari asam nukleat virus.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Perhatikan gambar Human Immunodeficiency Virus (HIV) di bawah ini! Bagian envelope dan kapsid secara berurut ditunjukkan oleh huruf ….

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal adalah Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang merupakan penyebab penyakit AIDS. Bagian virus tersebut adalah berikut.

  • A: kapsid
  • B: materi genetik
  • C: envelope
  • D: protein permukaan

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space undefined

Roboguru

Apakah ada persamaan ciri yang dimiliki oleh virus Bakteriofag, HIV, dan TMV?

Pembahasan Soal:

Virus adalah organisme subselular yang karena ukurannya sangat kecil, hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Adapun persamaan dari ketiga virus tersebut adalah sebagai berikut;

  • Kapsid adalah selubung yang berupa protein dan terdiri dari satu unit protein yang disebut dengan kapsomer. Kapsid ini juga berfungsi sebagai pemberi bentuk bagi virus, melindungi asam nukleat yang ada di dalam dari kerusakan, serta menyediakan protein enzim agar mampu menembus membran sel inang saat melakukan infeksi. 
  • Genom virus dapat berupa DNA ataupun RNA. Genom virus dapat terdiri dari DNA untai ganda, DNA untai tunggal, RNA untai ganda, atau RNA untai tunggal. Selain itu, asam nukleat genom virus dapat berbentuk linear tunggal atau sirkuler. 
Roboguru

Perhatikan gambar di samping! Bagian yang berlabel U, V, X, dan Z adalah ....

Pembahasan Soal:

Virus memiliki berbagai macam bentuk, namun pada umumnya virus memiliki struktur sebagai berikut :

  1. Kepala Virus. Pada bagian kepala terdiri dari asam nukleat (DNA dan RNA) dan diselubungi oleh kapsid. Kapsid adalah selubung yang berupa protein dan terdiri dari satu unit protein yang disebut dengan kapsomer. Kapsid ini juga berfungsi sebagai pemberi bentuk bagi virus, melindungi asam nukleat yang ada di dalam dari kerusakan, serta menyediakan protein enzim agar virus mampu menembus membran sel inang saat melakukan infeksi.
  2. Leher Virus. Leher merupakan tempat yang menyambungkan antara bagian kepala dan bagian ekor. Fungsinya untuk menyangga kepala virus.
  3. Ekor Virus. Ekor merupakan bagian yang akan menancap ke pada tubuh inang yang nantinya akan gunakan sebagai rumah. Ekor virus berbentuk seperti tabung yang dilengkap serabut-serabut ekor dan juga papan dasar.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved