Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Nama tumbuhan paku tersebut adalah....

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Nama tumbuhan paku tersebut adalah.... undefined

  1. Asplenium nidus

  2. Psilotum

  3. Calamites

  4. Isoetes

  5. Funaria

Pembahasan Soal:

Tumbuhan tersebut menunjukkan ciri-ciri dari tumbuhan Psilotum. Psilotum tergolong tumbuhan paku kelas Psilotopsida dan ordo Psilotales. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri tubuh sporofit terdiri dari rimpang, cabang tegak, ramping, bercabang dikotomi, tidak ada akar (hanya terdiri dari rhizoid), daun tidak ada, berkas pembuluhnya masih protostele (biasanya floem tidak ditemukan), sporangia disebut synangium, gametofit terletak di bawah tanah, mirip rimpang sporofit, dan spermatozoid berflagel. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Intan

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Nama tumbuhan paku tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Paku merupakan tumbuhan kormophyta atau tumbuhan yang sudah dapat dibedakan antara batang, daun, dan akar. Tumbuhan paku sudah memiliki pembuluh angkut. Berdasarkan ciri tubuhnya, tumbuhan paku dapat diklasifikasikan menjadi 4 kelas yaitu :

  1. Paku purba (Psilopsida), yaitu tumbuhan paku dengan ciri-ciri tidak berdaun atau berdaun kecil berbentuk sisik, batang beruas, homospora, sporangium di ketiak daun, memiliki ranting dikotom, dan akar rhizoid. Contoh Psilopsida yaitu Psilotum sp. yang digunakan sebagai tanaman hias.
  2. Paku ekor kuda (Equisetopsida), yaitu tumbuhan paku dengan batang berwarna hijau, bercabang, dan beruas, mikrofil seperti selaput halus, tunggal, dan tersusun melingkar, serta sporangium tersusun dalam strobilus. Contoh Equisetopsida yaiu Equisetum debile sebagai bahan obat.
  3. Paku kawat (Lycopsida), yaitu tumbuhan paku yang memiliki mikrofil, tidak bertangkai, heterospora, dan sporangium tersusun dalam strobilus di ujung batang atau cabang. Contoh Lycopsida yaitu Selaginella sp. sebagai bahan obat.
  4. Paku sejati (Pteropsida), yaitu tumbuhan paku yang memiliki 2 jenis daun, daun muda menggulung, sporangium tersusun dalam bentuk sorus. Contoh Pteropsida yaitu Adiantum cuneatum (suplir).

Berdasarkan klasifikasi dan ciri-ciri atas, maka gambar tumbuhan paku pada soal dapat diklasifikasikan ke dalam Psilotopsida. Contoh Psilotopsida yaitu Psilotum sp.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Psilotum merupakan contoh paku purba.  SEBAB  Psilotum berkembang biak dengan spora.

Pembahasan Soal:

Nama lain Psilophyta adalah paku purba. Disebut demikian karena sebagian besar anggotanya sudah punah. Psilophyta disebut juga paku telanjang dengan alasan struktur tubuhnya paling sederhana karena tidak memiliki daun. Kalaupun ada, daun-daun tersebut berukuran kecil (mikrofil) dan belum terdiferensiasi. Beberapa anggotanya juga belum memiliki akar sejati. Meskipun begitu, batang paku purba sudah memiliki berkas pengangkut. Paku purba merupakan paku homospora. Contoh paku purba adalah Psilotum nudum.space 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Tumbuhan paku yang tergolong dalam kelas psilophytinae mempunyai ciri-ciri yaitu ....

Pembahasan Soal:

Sebagian jenis paku purba (Psilophytinae) telah banyak yang punah. Sekarang ini hanya tinggal sedikit jenis paku purba yang masih ada. Anggota paku purba merupakan paku telanjang (tidak daun), Dikatakan paku telanjang karena tidak berdaun atau daunnya kecil, ada pula yang tidak berakar sejati. Kebanyakan hidup di zaman purba dalam bentuk fosil.

Ciri-Ciri Tumbuhan Paku Purba (Psilophytinae)

  1. Merupakan tumbuhan paku yang paling sederhana.
  2. Memiliki batang yang beruas dan berbuku nyata.
  3. Pada batang tumbuh daun-daun kecil berbentuk sisik.
  4. Sporangium terletak di ketiak daun disebut sinangium.
  5. Contoh paku purba: Psilotum sp, Rhynia major, Taeniocrada deeheniana, Zosterophyllum australianum, Asteroxylon mackei, Asteroxylon elberfeldense

0

Roboguru

Jelaskan arti tumbuhan Vaskular primitif!

Pembahasan Soal:

Tumbuhan vaskuler primitive bisa dikatakan tumbuhan yang memiliki jaringan pengangkut / jaringan vaskuler tapi yang paling sederhana. Jaringan pengangkut terdiri dari dua macam yaitu xilem dan floem. Xilem merupakan jaringan yang mengangkut air dan unsur hara dari akar menuju ke daun, sedangkan floem merupakan jaringan yang mengangkut dan mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Contoh tumbuhan vaskuler primitiv adalah tumbuhan paku. Tumbuhan paku yang paling primitive adalah golongan tumbuhan paku telanjang yaitu paku psilotum. Paku psilotum merupakan salah satu spesies dari kelas psilopsida. Paku psilotum tidak memiliki akar dan daun tetapi memiliki jaringan vaskuler. Hal ini sebenarnya dapat dikatakan peralihan dari lumut yang tidak punya vaskuler ke tumbuhan paku yang punya jaringan vaskuler.

Dengan demikian, tumbuhan vaskuler primitive merupakan tumbuhan yang memiliki jaringan pengangkut / jaringan vaskuler namun yang paling sederhana.

0

Roboguru

Nama tumbuhan paku tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

 

Nama tanaman tersebut adalah Psilotum. Psilotum merupakan tumbuhan paku yang masuk ke dalam kelompok Psilotopsida (paku purba). Ciri khas paku ini adalah tidak memiliki struktur daun yang memiliki tulang daun. Daun berupa sisik yang tersebar pada batang. Sporangium berupa tiga ruangan sporangium yang menyatu (sinangium).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved