Roboguru

Perhatikan data spesies berikut! K) Chlorella sp. L.) Candida utilia M). Spirulina sp. N). Sargassum sp. O). Rhizobium sp. Contoh sumber pangan produk bioteknologi konvensional kelompok protein sel tunggal ditunjukkan oleh ...

Pertanyaan

Perhatikan data spesies berikut!

K) Chlorella sp.

L.) Candida utilia

M). Spirulina sp.

N). Sargassum sp.

O). Rhizobium sp.

Contoh sumber pangan produk bioteknologi konvensional kelompok protein sel tunggal ditunjukkan oleh ...space

Pembahasan Soal:

Protein sel tunggal (PST) merupakan bahan makanan berkadar protein tinggi yang berasal dari mikroorganisme, seperti ganggang (alga) bersel satu, jamur, dan bakteri. Contoh mikroorganisme yang sering dimanfaatkan sebagai PST adalah Candida utilis, Chlorella, Spirulina maxima, Saccharomyces cerevisiae.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Roa

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam produksi antibiotik untuk melawan infeksi Staphylococeus adalah....

Pembahasan Soal:

Antibiotik adalah segolongan molekul, baik alami maupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia pada organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri. Penggunaan antibiotik khususnya berkaitan dengan pengobatan penyakit infeksi, meskipun dalam bioteknologi dan rekayasa genetika juga digunakan sebagai alat seleksi terhadap mutan atau transforman. Antibiotik bekerja seperti pestisida dengan menekan atau memutus satu mata rantai metabolisme, hanya saja targetnya adalah molekul bakteri. Antibiotik berbeda dengan desinfektan dalam hal cara kerjanya, yaitu desinfektan membunuh kuman dengan menciptakan lingkungan yang tidak wajar bagi kuman untuk hidup. 

Penemuan antibiotik terjadi secara tidak sengaja ketika Alexander Fleming, pada 1928, lupa membersihkan sediaan bakteri pada cawan petri dan meninggalkannya di rak cuci sepanjang akhir pekan. Pada hari Senin, ketika cawan petri tersebut akan dibersihkan, ia melihat sebagian kapang telah tumbuh di media dan bagian di sekitar kapang bersih dari bakteri yang sebelumnya memenuhi media. Karena tertarik dengan kenyataan ini, ia melakukan penelitian lebih lanjut terhadap kapang tersebut, yang ternyata adalah Penicillium sp.

Mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam produksi antibiotik untuk melawan infeksi Staphylococeus adalah Penicillium notatum dengan nama antibiotik penicilin. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Perhatikan data spesies barikut! Contoh sumber pangan produk bioteknologi konvensional kelompok protein sel tunggal ditunjukkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Beberapa mikroorganisme dapat menjadi sumber bahan pangan yang potensial bagi ternak dan manusia, di antaranya sebagai protein sel tunggal (PST). Mikroorganisme dipilih sebagai sumber bahan pangan protein karena mikroorganisme tumbuh sangat cepat, siklus hidupnya pendek, tidak membutuhkan lahan yang luas, mempunyai kadar protein tinggi (40-80 % dari massa sel), menghasilkan protein bermutu tinggi, dan dapat tumbuh di berbagai media.

Kelompok mikroorganisme yang banyak digunakan sebagai protein sel tunggal adalah Saccharomyces cerevisiae, Candida utilis, Chlorella, dan Arthrospira (Spirulina).

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Yang dapat kita golongkan sebagai protein sel tunggal adalah ....

Pembahasan Soal:

Yang dapat kita golongkan sebagai protein sel tunggal adalah protein sel ganggang dan ragi. Protein Sel Tunggal merupakan salah satu penerapan bioteknologi di bidang pangan berupa mikroorganisme uniseluler yang mengandung protein tinggi sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein bagi manusia maupun hewan. Contoh ganggang yang dapat dijadikan PST bagi manusia yaitu Spirulina sp dan Chlorella sp.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 
 

0

Roboguru

Proses yang terjadi di dalam bejana fermentasi sehingga terbentuk zat antibiotik penisilin adalah ...

Pembahasan Soal:

Antibiotik penisilin berasal dari jamur Penicilium sp. yang dibuat dalam bejana fermentasi. Fermentasi merupakan proses perubahan senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan menggunakan mikroorganisme. Proses yang terjadi dalam bejana fermentasi adalah jamur penicillium tumbuh subur dalam bejana fermentasi karena suplai makanan dan media yang cukup. Apabila suplai makanan dan media tidak mendukung maka jamur Penicillium tidak dapat berkembang dengan baik dan zat antibiotik penisilin tidak akan terbentuk.

Dengan demikian proses yang terjadi di dalam bejana fermentasi sehingga terbentuk zat antibiotik penisilin adalah Jamur Penicillium tumbuh subur dalam bejana fermentasi sehingga dapat menghasilkan penisilin, dan jawaban yang benar adalah C

0

Roboguru

Pernyataan berikut merupakan kekurangan-kekurangan dari protein sel tunggal (PST), kecuali ....

Pembahasan Soal:

Jawaban         : E. kandungan proteinnya tinggi

Pembahasan  : Pilihan jawaban kurang tepat. Protein sel tunggal (PST) memiliki kelebihan yaitu:

  1. Dapat digunakan untuk makanan ternak
  2. Kandungan asam nukleatnya tinggi
  3. Selulosa mudah dicerna
  4. Kandungan proteinnya tinggi.

Dengan demikian jawaban yang paling mendekati adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved