Roboguru

Perhatikan data-data berikut. Masa Pergerakan Nasional Abad Pertengahan Masa Pendudukan Jepang Renaisans Masa Reformasi Periodisasi sejarah Eropa ditunjukkan nomor....

Pertanyaan

Perhatikan data-data berikut.
  1. Masa Pergerakan Nasional
  2. Abad Pertengahan
  3. Masa Pendudukan Jepang
  4. Renaisans
  5. Masa Reformasi

Periodisasi sejarah Eropa ditunjukkan nomor....

  1. 1) dan 3)
  2. 1) dan 4)
  3. 2) dan 4)
  4. 3) dan 5)
  5. 4) dan 5)

Pembahasan Soal:

Periodisasi adalah pembabakan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan ciri-ciri tertentu. Artinya, periodisasi sejarah Eropa merujuk pada peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di Eropa. Pada soal di atas, peristiwa-peristiwa sejarah di Eropa di antaranya adalah Abad Pertengahan dan Renaisans.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam mempelajari sejarah, hal yang paling ditekankan dalam cara berpikir sinkronik adalah ....

Pembahasan Soal:

Sinkronik berasal dari bahasa Yunani, yaitu syn yang artinya “dengan” dan chronos yang artinya “waktu”. Definisi dari sinkronik dalam sejarah berarti berpikir yang meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu. Cara berpikir sinkronik dapat membantu kita mempelajari struktur suatu peristiwa sejarah dalam kurun waktu tertentu, sehingga suatu peristiwa bisa dipahami secara meluas. Tidak hanya melihat secara kronologis saja. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Tujuan dari adanya konsep periodisasi dalam ilmu sejarah adalah...

Pembahasan Soal:

Periodisasi adalah pembabakan waktu yang berurutan sesuai dengan waktu kejadian. Periodisasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah. Untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia, para ahli menyusun suatu periodisasi sejarah atau pembabakan masa sejarah. Periodisasi dibuat dengan tujuan agar dapat memahami ciri khas atau karakteristik perkembangan-perkembangan sejarah dari dulu sampai sekarang sehingga mudah dipahami.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pembabakan atau pengelompokan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan ciri-ciri tertentu yang terdapat dalam peristiwa sejarah disebut….

Pembahasan Soal:

Pembabakan atau pengelompokan peristiwa sejarah berdasarkan kronologi waktu adalah periodisasi. Periodisasi bertujuan untuk dapat mengurutkan peristiwa sejarah berdasarkan waktu secara logis sehingga mudah dipahami dan tidak terjadi anakronisme. Anakronisme adalah ketidaksesuaian kronologis dari peristiwa. Selain membagi dan mengelompokkan peristiwa sejarah, periodisasi juga dapat membantu untuk menganalisis sejarah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Berikut ini yang termasuk kelemahan sejarah sebagai seni adalah ....

Pembahasan Soal:

Melalui pendekatan seni, fakta sejarah akan menjadi lebih hidup dan bernyawa. Kita pun akan lebih menghayati kejadian sejarah, dapat lebih menghargai tokoh atau manusia yang terjun langsung dalam tragedi dan peristiwa sejarah. Kita bisa lebih menghayati momentum sejarah, misalnya, dengan membaca sastra-sejarah (biasanya dalam bentuk novel, roman). Namun disatu sisi pendekatan seni dalam penulisan sejarah, apabila cenderung berlebih-lebihan terutama dalam penulisan atau gaya bahasanya justru akan mengakibatkan berkurangnya ketepatan fakta sejarah tersebut.
Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Ciri-ciri: mengkaji peristiwa sejarah pada masa tertentu saja bersifat horizontal  berlaku konsep perbandingan  kajian sistematis  sifat kajian sederhana  Ciri sinkronik sejarah ada pada angk...

Pembahasan Soal:

Konsep berpikir sinkronik dalam sejarah adalah memperlajari peristiwa sejarah dengan berbagai aspeknya pada waktu yang terbatas sehingga dapat meneliti gejala-gejala secara meluas dalam ruang tetapi dalam kurun waktu yang terbatas. Ciri-ciri sinkronik dalam sejarah adalah mengkaji peristiwa sejarah pada masa tertentu, bersifat horizontal, kajian sistematis, statis, serta deskripsi integratif.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved